Inilah Fitur Security di OPPO Reno8 5G yang Membuat Pengguna Lebih Aman dan Nyaman

OPPO-Reno8-5G-Security

OPPO telah menghadirkan beragam fitur Security pada ColorOS 12.1 yang ada di OPPO Reno8 5G untuk menjaga privasi, keamanan, dan kenyamanan dari pengguna.

Tidak hanya fitur Anti Peeping for Notification yang dapat menyembunyikan isi pesan notifikasi dari orang lain, Reno8 5G juga hadir dengan fitur keamanan lainnya seperti Recent Task Protection dan Require Password to Turn Off.

Tentunya beragam fitur yang hadir ini memiliki beragam fungsi masing-masing yang dapat menjaga keamanan penggunanya. Untuk lebih mengetahui penjelasan lebih mendalam dan cara mengaktifkan fitur ini, maka kamu dapat melihat penjelasannya sebagai berikut.

Anti Peeping for Notifications

Pada saat berkumpul dengan teman atau keluarga, terkadang secara tiba-tiba muncul notifikasi pesan penting di handphone. Sayangnya tidak jarang orang yang berada di sebelahmu penasaran dengan pesan yang muncul sehingga mengintipnya secara diam-diam.

Bagi kamu yang mengetahuinya mungkin bisa saja merasa kesal atau tidak suka karena notifikasi tersebut bersifat privasi dan penting sehingga sebenarnya tidak boleh dilihat oleh orang lain.

Nah tentunya masalah ini dapat diatasi pada OPPO Reno8 5G berkat hadirnya fitur Anti Peeping for Notifications yang dapat menyembunyikan isi pesan dari notifikasi yang muncul ketika terdeteksi ada orang yang tidak dikenal ikut melihatnya.

OPPO-Reno8-5G Anti Peeping for Notifications

Pada saat Anti Peeping for Notification aktif, kamu juga diminta untuk menggunakan fitur Face Unlock atau pemindai wajah yang biasanya digunakan untuk membuka kunci layar. Berkat Face Unlock yang hanya bisa mendaftarkan satu wajah saja (pemilik handphone), tentunya OPPO Reno8 5G akan memindai wajahmu terlebih dulu ketika notifikasi pesan muncul di handphone.

Apabila wajah yang dipindai oleh fitur Face Unlock sesuai, maka isi pesan dari notifikasi akan langsung diperlihatkan. Namun jika ada orang lain yang ikut melihat dari samping, maka kamera depan kembali memindai dan mendeteksi bahwa itu bukan wajah yang terdaftar sehingga isi pesan akan disembunyikan dari notifikasi.

Bagi kamu yang ingin mengaktifkan fitur Anti Peeping for Notification, maka dapat langsung mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

  1. Buka aplikasi Settings di OPPO Reno8 5G
  2. Pilih menu Notifications & status bar
  3. Tekan tombol toggle Smart notification hiding hingga aktif atau menyala
  4. Apabila fitur Face Unlock mati, maka kamu diminta untuk mengaktifkannya terlebih dulu
    OPPO-Reno8-5G-SmartNotificationHiding

Setelah fitur aktif, maka setiap isi pesan dari notifikasi akan disembunyikan jika terdapat banyak orang yang ikut melihat. Namun isi pesan dari notifikasi akan terlihat ketika mendeteksi bahwa kamu sedang sendirian.

Recent Task Protection

OPPO-Reno8-5G-RecentAppsProtection

Recent Task Protection merupakan salah satu fitur keamanan dan privasi yang hadir pada OPPO Reno8 5G. Hadirnya fitur ini dapat membantu kamu dalam mencegah informasi sensitif dilihat oleh orang lain ketika berpindah dari aplikasi ke aplikasi lainnya ketika berada dalam halaman Recent Apps.

Untuk mengaktifkan fitur Recent Task Protection, maka kamu dapat menggunakan cara berikut ini:

  1. Buka beberapa aplikasi di OPPO Reno8 5G
  2. Selanjutnya, tekan tombol Recent Apps berikon tiga garis di bagian bawah
  3. Pada halaman Recent Apps, pilih menu Options berikon tiga titik tepat di sebelah kanan atas aplikasi yang dipilih
  4. Pada menu pop-up yang muncul, pilih opsi Hide content
  5. Selanjutnya, informasi dari aplikasi akan disembunyikan ketika sedang berpindah di Recent Apps
    OPPO-Reno8-5G-RecentAppsProtectionStep

Require Password to Turn Off

OPPO-Reno8-5G-RequirePassword

Pada ColorOS 12.1 telah terdapat fitur yang bernama Require Password to Turn Off. Fitur yang satu ini memungkinkan OPPO Reno8 5G membutuhkan password, PIN, atau Pattern untuk dimasukkan terlebih dahulu ketika akan dimatikan.

Sementara apabila kamu sudah mengaktifkan fitur pemindai sidik jari, maka kamu akan diminta untuk menempelkan sidik jari pada sensor fingerprint setiap kali ingin menonaktifkan handphone.

OPPO sendiri mengklaim bahwa fitur yang satu ini berguna untuk mencegah pencuri atau orang jahat dalam melakukan reset OPPO Reno8 5G. Untuk mengaktifkan Require Password to Turn Off, kamu dapat mengikuti tutorialnya sebagai berikut ini:

  1. Akses aplikasi Settings di OPPO Reno8 5G
  2. Pilih menu Password & security
  3. Tekan opsi System security dan pilih Require password to power off
  4. Klik tombol toggle di sebelah Require password to power off hingga menyala atau berwarna
    OPPO-Reno8-5G-RequirePasswordStep

Dengan harga Rp7.999.000, OPPO Reno8 5G sudah memiliki beragam fitur Security yang dapat menjaga privasi dan keamanan dari penggunanya. Bagi kamu yang tertarik untuk dengan perangkat ini, maka sudah dapat membelinya di Indonesia.

Tinggalkan Komentar