Tips dan Trik Handphone

Kenapa Aplikasi yang Sedang Diverifikasi Oleh Play Protect Tidak Bisa Download?

Kenapa Diverifikasi Oleh Play Protect Tidak Bisa Download - Header

Gadgetren – Sistem Google Play Protect menjadi garda depan untuk melindungi para pengguna handphone Android dari serangan malware yang sering kali dibalut sebagai sebuah aplikasi.

Meskipun begitu, sistem proteksi bawaan untuk Android yang dikembangkan oleh Google ini kadang kala juga bisa mengalami beberapa kendala saat digunakan. Alih-alih membantu justru bisa menjadi masalah baru ketika hal ini terjadi.

Salah satu di antaranya termasuk beberapa aplikasi yang sedang diversifikasi oleh Play Protect kemudian malah tidak bisa kamu download atau dipasang ke perangkat. Masalah ini tentu akan cukup merepotkan bagi sebagian orang.

Selain harus mencari tahu penyebabnya, kita soalnya juga masih perlu menemukan cara untuk mengatasi masalah ini. Kita hanya bisa memasang aplikasi tersebut ke dalam perangkat jika sudah menemukan solusi yang sesuai.

Adapun buat kamu yang penasaran kenapa aplikasi yang diversifikasi oleh Play Protect jadi tidak bisa kamu download, berikut penjelasan khusus mengenai hal itu sekaligus beberapa solusi yang dapat dicoba untuk mengatasinya.

Kenapa Aplikasi Bisa Kamu Download?

Berfungsi selayaknya anti-malware, sistem Play Protect akan melakukan pemindaian setiap hari untuk memastikan bahwa perangkat dalam keadaan aman atau tidak ada aplikasi berbahaya yang terpasang di dalam handphone.

Di samping itu, sistem proteksi buatan Google ini pun bahkan akan berusaha melindungi para pengguna sebelum mereka memasang aplikasi. Setiap produk baru akan dikirim ke perangkat dari Play Store setelah menjalani pengujian keamanan dan verifikasi yang sangat ketat.

Aplikasi-aplikasi yang sedang diverifikasi oleh Play Protect makanya belum tersedia untuk kamu download dari Play Store. Hal ini dikarenakan belum terbukti apakah berbahaya terhadap perangkat dan data milik pengguna atau tidak untuk menjamin keamanan.

Anggapan berbahaya ini biasanya akan didasarkan pada berbagai macam aspek. Termasuk mulai dari kesesuaian antara jenis izin akses yang diminta oleh aplikasi dengan fungsinya, pelanggaran terhadap ketentuan Google, hingga baris-baris kode penyusunan program di dalamnya.

Cara Mengatasi Masalah Verifikasi Play Protect

  • Masuk ke aplikasi Play Store
  • Klik foto profil Google
  • Buka menu Play Protect
  • Ketuk tombol Play Protect Settings (ikon roda gigi) di pojok kanan atas
  • Matikan opsi Scan app with Play Protect dan Improve harmful app detection
    Kenapa Diverifikasi Oleh Play Protect Tidak Bisa Download - Solusi

Untuk mengatasi masalah ini, kita sebenarnya hanya perlu menunggu proses verifikasi sampai selesai. Kita tak perlu takut tidak bisa download apabila aplikasi sudah terbukti aman atau berasal dari pengembang yang terpercaya.

Jika memang tidak sabar, kita di sisi lain juga bisa mencoba mematikan setelan pemindai keamanan aplikasi otomatis yang menjadi fitur unggulan Play Protect.

Namun perlu diingat bahwa perangkat akan menjadi rawan terhadap serangan malware ketika fitur ini dimatikan dadi sebisa mungkin jangan terlalu lama menjadi nonaktif apabila terpaksa melakukannya.

Tinggalkan Komentar