Mading

Apa Itu Google Play Protect yang Bisa Lindungi Perangkat Android?

Apa Itu Google Play Protect - Header

Gadgetren – Dalam rangka melindungi para pengguna dari berbagai macam serangan siber melalui aplikasi, Google mengembangkan dukungan bernama Google Play Protect untuk sistem operasi Android miliknya.

Dukungan ini sekarang dapat ditemukan pada berbagai macam perangkat Android secara mendasar apa pun merek yang digunakan. Jadi kita tidak perlu memasangnya secara manual jika mau memanfaatkan perlindungan data yang ditawarkan.

Adapun buat kamu yang masih penasaran dengan fungsinya secara lebih rinci, berikut penjelasan mengenai apa itu Play Protect termasuk di antaranya cara untuk memanfaatkan dukungan ini di handphone-handphone Android.

Apa Itu Google Play Protect?

Play Protect adalah anti-malware tertanam yang ditawarkan oleh Google untuk memberikan perlindungan data dan perangkat kepada para pengguna dalam ekosistem Android pada tingkat aplikasi.

Sama seperti anti-malware pada umumnya, sistem Play Protect secara khusus berfungsi untuk mencegah pemasangan aplikasi-aplikasi berbahaya yang mengancam data maupun perangkat Android itu sendiri.

Sistem anti-malware ini disokong dengan teknologi mesin pembelajaran Google yang mampu beradaptasi dan senantiasa berkembang sepanjang waktu. Jadi secara teori bakalan bisa menyesuaikan diri dengan berbagai jenis serangan malware terbaru.

Supaya bisa melindungi handphone dan data secara lebih baik, Google juga memanfaatkan kemampuan proteksi perangkat yang disintegrasikan dengan sistem keamanan berbasis cloud. Dengan begitu, Play Protect akan terus memperoleh pembaruan untuk meningkatkan fungsinya.

Berdasarkan klaim Google, sistem proteksi ini akan melakukan pengujian terlebih dulu sebelum aplikasi yang dikirimkan ke Google Play Store diterbitkan. Proses pemindaian otomatis pun akan dilakukan setiap hari untuk meningkatkan perlindungan.

Yang cukup menarik, pemindaian otomatis dari Play Protect bisa kita atur sesuai kebutuhan. Kita dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Cara Mengatur Pemindai Otomatis Google Play Protect

  1. Buka aplikasi Play Store
  2. Ketuk foto profil Google
  3. Pilih menu Play Protect
  4. Ketuk tombol Play Protect Settings (ikon roda gigi) di pojok kanan atas
  5. Matikan atau hidupkan opsi Scan app with Play Protect dan Improve harmful app detection
    Apa Itu Google Play Protect - Setelan

Selain dapat dipakai untuk memindai malware secara otomatis, Play Protect juga mendukung fitur khusus untuk menghapus izin akses dari aplikasi yang jarang dipakai. Kita bisa melakukannya dengan membuka menu Permissions for unused apps di halaman Play Protect Settings.

Tinggalkan Komentar