ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Membersihkan File Sampah di Handphone OPPO dengan Aman dan Cepat

Cara Membersihkan Sampah di Handphone Header

Gadgetren – ColorOS yang hadir di handphone OPPO punya beragam tool dan aplikasi yang dapat membantu penggunanya untuk memperlancar aktivitas harian.

Bahkan ColorOS pun sudah dilengkapi dengan aplikasi Phone Manager yang multifungsi dimana salah satunya dapat digunakan untuk membersihkan sampah-sampah data yang sudah menumpuk.

Untuk membersihkan sampah data tersebut bisa menggunakan Phone Manager yang mana dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang mudah.

Cara Membersihkan Sampah di Handphone OPPO

Melalui Phone Manager

  1. Buka aplikasi Phone Manager di handphone OPPO
  2. Pada halaman utama, pilih menu Clean up storage
  3. Aplikasi akan mencari dan memperlihatkan ukuran file sampah yang bisa di hapus
  4. Selanjutnya, tekan tombol Clean dan secara otomatis file sampah akan dibersihkan
    OPPO - Bersihkan Sampah - Phone Manager

Tidak hanya itu saja, sebenarnya beberapa aplikasi akan diperlihatkan pada bagian App Cleanup. Apabila kamu memilih salah satu aplikasi tersebut, maka kamu juga dapat melihat file sampah apa saja yang dapat dihapus.

Menariknya pada aplikasi Phone Manager pun disediakan juga fitur Virus Scan yang dapat digunakan untuk mendeteksi aplikasi maupun file yang diduga terinfeksi virus. Apabila terdeteksi munculnya virus, maka kamu akan diminta untuk menghapusnya.

Melalui CCleaner

  1. Unduh aplikasi CCleaner dari Google Play Store
  2. Jalankan aplikasi
  3. Pada halaman awal, beri izin akses ke CCleaner
  4. Tekan tombol Start Here
  5. Setelah semua file sampah selesai dipindai, tekan tombol See Results
  6. Pada halaman Quick Clean, kamu akan diperlihatkan file sampah yang telah dideteksi
  7. Tekan tombol Finishing Cleaning untuk membersihkannya

OPPO - Bersihkan Sampah - CCleaner

Bisa dibilang CCleaner merupakan salah satu aplikasi yang populer dalam urusan menangani pembersihan sampah data. Tidak hanya di handphone, aplikasi ini juga sudah hadir di komputer maupun laptop.

Tampilan antarmuka CCleaner dibuat sederhana agar memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Namun sebelum kamu mengunduh aplikasi pembersih sampah pihak ketiga, ada baiknya kamu melihat rating dan komentar di Google Play Store terlebih dahulu untuk memastikan aman atau tidak.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar