Tips dan Trik Handphone

Cara Screenshot di Samsung Galaxy M12 Buat Abadikan Layar

Cara Screenshot Samsung Galaxy M12 - Header

Gadgetren – Serupa dengan berbagai macam handphone Samsung yang lainnya, Galaxy M12 juga dilengkapi dengan fitur tangkapan layar atau screenshot yang sangat mudah untuk digunakan.

Melalui antarmuka sistem One UI yang dibawanya, fitur bawaan handphone Galaxy M12 ini dapat diakses dengan menggunakan beberapa cara berbeda. Kita pun bisa memilih sendiri mana yang dianggap lebih gampang atau praktis.

Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa mengabadikan layar dari berbagai macam hal supaya nanti dapat dibagikan kembali atau sekedar disimpan. Termasuk di antaranya meliputi tampilan sebuah artikel, antarmuka aplikasi, hingga sistem.

Bagi kamu yang belum tahu, setidaknya ada dua cara yang bisa dipakai untuk menggunakan fitur screenshot di Galaxy M12. Di dalamnya terdiri dari menggunakan tombol fisik maupun menu asisten bawaan Samsung.

Kedua cara screenshot di handphone Galaxy M12 ini sama-sama mudah untuk dilakukan. Kamu yang belum bisa menggunakan dapat menyimak langkah-langkahnya secara lebih rinci.

Cara Screenshot di Samsung Galaxy M12

Menggunakan Tombol Fisik

  1. Cari tampilan artikel, aplikasi, atau sistem yang mau diabadikan
  2. Tempatkan jari pada tombol Volume Down dan Power
  3. Tekan kedua tombol secara bersamaan
  4. Layar akan berkedip jika berhasil
  5. Akan muncul pratinjau hasil screenshot
  6. Biarkan menghilang sendiri atau ketuk ruang kosong jika ingin kembali

Screenshot menggunakan tombol fisik merupakan metode yang paling praktis di Galaxy M12. Kita soalnya tidak perlu melakukan pengaturan apa pun sehingga bisa langsung mengambil tangkapan layar untuk halaman yang diinginkan.

Hanya saja penting untuk diingat bahwa tombol fisik mempunyai masa pakai. Jika sering dipakai secara terus-menerus maka pada akhirnya akan lebih cepat aus. Sebagai antisipasi, kita bisa memanfaatkan menu asisten untuk melakukan screenshot.

Menggunakan Menu Assisten

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Buka menu Accessibility
  3. Pilih Interaction and Dexterity
  4. Ketuk tombol untuk mengaktifkan Assistant menu
  5. Jika sudah aktif, akan muncul tombol Assistant menu melayang
  6. Cari dan buka halaman yang mau diabadikan
  7. Ketuk tombol Assistant menu melayang
  8. Pilih Screenshot
  9. Tunggu sampai pratinjau hasil screenshot muncul

Berbeda dengan screenshot menggunakan tombol fisik, kita perlu melakukan sedikit pengaturan jika mau memakai menu asisten.

Tidak ketinggalan, fitur screenshot di Galaxy M12 juga dilengkapi dengan opsi scroll capture seperti handphone-handphone Samsung umumnya. Kita pun bisa memanfaatkan dukungan ini baik saat menggunakan metode tombol fisik maupun menu asisten.

Screenshot Panjang

  1. Cari halaman yang mempunyai tampilan panjang
  2. Lakukan screenshot dengan tombol fisik atau menu asisten
  3. Tunggu pratinjau hasil screenshot muncul
  4. Ketuk menu Scroll Capture (ikon anak panah ganda ke bawah) di samping hasil screenshot
  5. Ulangi mengetuk menu tersebut sampai seluruh halaman yang diinginkan terabadikan

Seluruh hasil screenshot biasanya akan tersimpan ke memori penyimpanan di handphone. Jadi kita bisa membukanya dengan menggunakan My Files, Gallery, atau aplikasi yang mendukung berkas gambar lainnya.

Tinggalkan Komentar