Tips dan Trik

Cara Screenshot Panjang di HP Samsung Untuk Lebih Dari 1 Layar

Cara Screenshot Panjang Samsung Header

Gadgetren – Sebagai vendor smartphone nomor satu di dunia dan di Indoensia, Samsung bermain di berbagai kelas baik atas, menengah, maupun bawah.

Bisa dibilang smartphone Samsung memiliki fitur dan desain yang menarik. Namun harganya bisa dibilang lebih mahal dibandingkan smartphone lain di kisaran harga yang sama. Misalnya saja vendor Samsung dengan harga Rp 1,5 juta mempunyai RAM 1,5 GB. Sedangkan vendor lainya sudah mempunyai RAM 2 GB atau RAM 3 GB pada harga yang sama.

Tentu saja smartphone Samsung menjadi mahal karena biaya iklan yang besar, namanya sudah besar, dan build quality yang bagus. Namun bagi sebagian orang di Indonesia, harga ini tidaklah wajar sehingga banyak yang mengeluh.

Selanjutnya, smartphone buatan Samsung sendiri memiliki fitur menarik, seperti Scroll Screenshot atau screenshot panjang yang nantinya hasil panjang. Fitur ini sangat memudahkan untuk penggunannya yang ingin mengabadikan informasi dalam web atau dokumen yang panjang ke dalam satu gambar saja.

Bagi smartphone terbaru Samsung maupun flagship, fitur Scroll Screenshot atau screenshot panjang sudah tersedia. Untuk itu, Gadgeter dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini :

Cara Screenshot Panjang di Samsung Semua Model

  1. Pertama, pastikan smartphone Samsung dalam kondisi menyala
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat membuka menu atau aplikasi Settings
  3. Pada halaman Settings, Gadgeter dapat memilih menu Advanced Features
  4. Kemudian, Gadgeter dapat mengaktifkan Smart Capture
  5. Sekarang, Gadgeter dapat menentukan area web atau dokumen yang akan di-screenshot
  6. Selanjutnya, tekan tombol power dan home secara bersamaan dalam beberapa detik
  7. Nantinya layar berkedip dan suara shutter terdengar yang menandakan bahwa smartphone telah mengambil screenshot dan nantinya hasil screenshot terlihat dengan menampilkan beberapa menu seperti Capture More, Share, dan Crop
  8. Apabila Gadgeter sedang mengakses dokumen atau web dengan halaman yang panjang maka dapat memilih menu Capture More
  9. Setelah Capture More dipilih maka smartphone akan melakukan scroll halaman web atau dokumen ke bawah secara otomatis hingga mendapatkan semua informasi yang diinginkan
  10. Jika tidak menu Capture More maka namanya telah menjadi Scroll Capture (hal ini terantung versi sistem operasi Android pada smartphone Samsung).
  11. Hasil Scroll Screenshot atau screenshot panjang ini dapat dilihat di aplikasi galeri

Itulah tutorial mudah untuk melakukan scroll screenshot atau screenshot panjang pada smartphone Samsung. Bisa dibilang pihak Samsung telah menyediakan fitur ini sejak smartphone-smartphone buatannya dijual di pasaran.

Leave a Comment