Tips dan Trik Aplikasi

Kenapa Foto dan Video yang Diunggah di Instagram Bisa Terbalik?

Kenapa Foto di Instagram Terbalik - Header

Gadgetren – Foto atau video unggahan terbalik telah menjadi salah satu masalah yang senantiasa terjadi di Instagram. Bahkan sampai dengan sekarang masih sering menyapa para pengguna layanan tersebut.

Padahal jika melihat pembahasan di berbagai forum daring, masalah ini dapat mempengaruhi unggahan foto biasa, video Reels, maupun Story. Walaupun umumnya ada di perangkat-perangkat Android, tetapi tidak menutup kemungkinan juga akan muncul di seluruh platform.

Masalah yang biasanya muncul secara tiba-tiba ini makanya dapat membuat sebagian di antara kita menjadi sedikit kebingungan. Bahkan sering kali memaksa kita mencari tahu penyebab atau alasan yang mendasarinya agar tidak terjadi lagi sehingga Instagram bisa senantiasa digunakan tanpa kendala.

Dengan mengetahui penyebabnya, kita memang bisa lebih mudah untuk mengatasi masalah ini. Setidaknya untuk mencari gambaran mengenai tindakan apa yang perlu kita ambil supaya layanan Instagram bisa digunakan seperti sedia kala.

Saya pribadi sayangnya belum bisa menemukan penjelasan resmi dari pihak Instagram mengenai apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari masalah ini. Meskipun begitu, kita masih bisa menyimpulkan sendiri jawabannya berdasarkan keluh kesah yang bertebaran.

Kenapa Foto Atau Video di Instagram Jadi Terbalik?

Bug atau error dapat menjadi alasan paling kuat kenapa foto atau video di Instagram bisa terbalik saat diunggah. Seperti yang kita tahu, sesempurna apa pun proses pengembangan sebuah sistem, aplikasi, maupun layanan yang dibuat tetap tidak bisa lepas dari kesalahan.

Kesalahan yang bisa menyebabkan foto atau video Instagram menjadi terbalik secara khusus dapat terjadi di sisi aplikasi maupun server. Hanya saja setiap kasus yang muncul kemungkinan akan berbeda-beda jadi tidak bisa dipukul rata apa yang menjadi penyebab utamanya.

Yang sangat disayangkan, tidak banyak yang bisa kita lakukan jika masalah seperti ini terjadi karena diakibatkan oleh kesalahan di sisi aplikasi maupun server yang mana di luar kendali pengguna. Jadi akan sedikit sulit memperoleh solusi atau hal yang dilakukan supaya Instagram bisa dipakai secara normal kembali.

Namun tak perlu khawatir, Instagram merupakan platform yang besar sehingga saya percaya mereka akan segera menyadari masalah seperti ini dan mengatasinya secepat mungkin jika itu terjadi. Kita juga dapat mencoba beberapa solusi umum yang mereka sarankan kalau tidak sabar selain menghubungi Instagram lewat media sosial untuk menyampaikan keluh kesah.

Beberapa Solusi yang Bisa Dicoba

Muat Ulang Aplikasi

  1. Masuk Settings
  2. Buka bagian Apps (pengelola aplikasi)
  3. Cari Instagram
  4. Masuk ke info aplikasi Instagram dengan mengetuknya
  5. Klik tombol Force Stop
  6. Buka kembali aplikasi Instagram
  7. Coba untuk mengunggah foto atau video

Untuk memberikan dampak yang lebih baik, kamu juga bisa coba memuat ulang handphone sebelum membuka kembali aplikasi Instagram dan menggunakannya. Keduanya baik itu aplikasi dan sistem dengan begitu dapat berjalan secara lebih segar.

Hapus Cache Atau Data

  1. Masuk ke halaman Apps di Settings
  2. Buka halaman info aplikasi Instagram
  3. Pilih Storage
  4. Klik tombol Clear Cache untuk menghapus cache
  5. Atau klik tombol Clear Data untuk menghapus seluruh data

Penumpukan data memang dapat menjadi masalah cukup merepotkan yang mana terkadang menyebabkan masalah secara tiba-tiba tanpa disadari sehingga kita kadang kala perlu membersihkannya. Oleh karena itu kita secara khusus dapat memulai dengan memilih opsi Clear Cache terlebih dulu sebagai solusinya baru Clear Data jika belum berhasil.

Yang perlu diketahui, Clear Data akan menghapus seluruh data aplikasi Instagram yang tersimpan di handphone sehingga kamu perlu melakukan login kembali dan lainnya.

Pasang Ulang Aplikasi

  1. Buka Google Play Store
  2. Cari aplikasi Instagram
  3. Klik tombol Uninstall
  4. Tunggu proses pencopotan instalasi aplikasi selesai
  5. Klik tombol Install

Copot pasang Instagram dari handphone juga dapat menjadi solusi yang bisa ditempuh. Selain akan menyegarkan data, metode ini nantinya akan membuat aplikasi melakukan penyetelan ulang sesuai apa yang dibutuhkan serta dipastikan sudah menggunakan versi terbaru yang tersedia.

Gunakan Versi Instagram Lain

Menunggu pembaruan Instagram dapat menjadi langkah selanjutnya. Hal ini karena biasanya setiap versi aplikasi baru akan membawa tambalan-tambalan kode untuk menyelesaikan masalah yang terjadi sebelumnya. Walaupun begitu, kamu mungkin bisa coba menurunkan versi ke yang lebih lawas untuk menghindari permasalahan bug yang muncul pada versi tertentu.

Tinggalkan Komentar