ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Anak Muda Kini Dikabarkan Lebih Sering Menontok Konten TikTok Dibanding Youtube

Cari Tahu Penghasilan TikTok Anda - Header

Gadgetren – Berdasarkan data dari laporan Qustodio kepada Tech Crunch terdapat analisa menarik bahwa anak muda sekarang ini lebih sering menonton TikTok dibandingkan YouTube.

Qustodio sendiri merupakan perusahaan pembuat perangkat lunak kontrol untuk orang tua. Laporan yang dibuat oleh mereka ini berasal dari koresponden keluarga yang berjumlah sekitar 400.000 di mana anak-anaknya memiliki akun TikTok dengan layanan pemantau orang tua.

Dalam laporan Qustodio ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan tren terkait kebiasaan menonton video dari waktu ke waktu. Sebelumnya diketahui TikTok mulai menjadi aplikasi populer dilihat oleh banyak orang di dunia ketika pandemi mulai merebak hingga di tahun 2021 mencapai puncak ketenarannya.

Dibandingkan dengan periode sebelum pandemi, TikTok sendiri masih dilirik oleh beberapa pengguna saja. Sebagai contoh konten di dalamnya pun masih seragam yaitu hanya jenis tarian. Kini TikTok mulai menampilkan keragaman konten yang bervariatif hingga penambahan durasi, fitur baru, dan lainnya.

TikTok pun menyasar pasar yang lebih luas dengan memberikan durasi lebih panjang dari 3 menit ke 10 menit agar pengguna yang suka membuat konten dengan durasi panjang bisa masuk ke platform-nya sehingga tetap tidak kehilangan penggemar.

Selain itu, laporan Qustodio juga mengungkap tren digital lainnya bahwa anak muda kini juga banyak menggunakan aplikasi seperti Roblox yang digunakan oleh anak-anak sebesar 56 persen dan Snapchat sebesar 82 persen.

Terlepas dari laporan Qustodio, YouTube masih menjadi wadah buat banyak orang membuat konten video lebih panjang atau sekedar menonton apapun di sana. Berkat dampak pandemi juga banyak pembuat konten baru yang lahir.

Dari laporan Qustodio juga menjelaskan secara global di YouTube anak-anak menghabiskan 56 menit per hari pada tahun 2021 yang mana berhasil membalap aplikasi video on-demand Disney+ yang hanya 47 menit, Netflix dengan waktu 45 menit, Amazon Prime dengan waktu 40 menit, Hulu dengan waktu 38 menit, dan Twitch dengan waktu 20 menit.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar