ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Cara Mengatasi Google Drive Penuh Supaya Kembali Lega Untuk Menyimpan

Cara Mengatasi Google Drive Penuh Header

Gadgetren – Google Drive merupakan salah satu penyimpanan cloud yang memiliki banyak pengguna karena setiap orang yang membuat akun Google akan mendapatkan kapasitas gratis.

Kamu akan mendapatkan kapasitas total gabungan antara Gmail dan Google Drive mencapai 15 GB secara gratis. Namun karena kapasitas gabungan, maka bisa saja cepat habis tanpa disadari.

Mungkin kamu sering menyimpan email atau file berukuran besar yang menyebabkan Google Drive kehabisan kapasitas. Padahal kamu sendiri perlu menggunakannya sebagai sarana pencadangan atau backup.

Untuk mengatasi permasalahan kapasitas Google Drive yang penuh, ada beberapa metode yang bisa kamu coba.

Cara Mengatasi Google Drive Penuh

Hapus Data Tidak Penting di Google Drive

Pada saat kamu mau menyimpan data di Google Drive, biasanya akan menerima notifikasi di situs maupun handphone yang memperingatkan bahwa kapasitas telah penuh sehingga sebentar lagi tidak bisa menyimpan data tambahan.

Kamu dapat memilih data tidak penting yang ikut tersimpan di Google Drive untuk dihapus secara permanen. Biasanya terkadang kita secara tidak sadar memindahkan banyak data dari laptop atau handphone akibat adanya fitur pencadangan otomatis.

Hapus Email di Gmail

Konsekuensi dari kapasitas gabungan membuat email yang masuk ke akun Gmail turut memenuhi kapasitas Google Drive. Untuk itulah kamu perlu memilih email penting dan menghapus yang dirasa sudah tidak diperlukan lagi agar membuat kapasitas Google Drive menjadi lebih lega.

Berlangganan Akun Google Drive

Kamu pun dapat berlangganan akun Google Drive yang bisa dibayar setiap bulanan atau tahunan untuk memperbesar kapasitas menjadi 100 GB hingga 30 TB sehingga tidak perlu khawatir ketika harus menyimpan banyak data.

Harga Langganan Akun Google Drive

Kapasitas Harga
100 GBRp26.900 / bulan
Rp269.000 / tahun
200 GBRp43.000 / bulan
Rp430.000 / tahun
1 TBRp135.000 / bulan
Rp1.350.000 / tahun
 2 TBRp270.000 / bulan
Rp2.700.000 / tahun
10 TBRp  1.350.000 / bulan
20 TBRp 2.700.000 / bulan
30 TBRp 3.900.000 / bulan

Biasanya pada saat kamu berlangganan akun Google Drive secara tahunan, maka harganya lebih murah dibandingkan bulanan. Jika memang berencana untuk menggunakan layanan penyimpanan awan yang satu ini dalam waktu lama, maka berlangganan tahunan bisa jadi pilihan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar