Aplikasi Tips dan Trik

Cara Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja yang Sudah Dibeli

Cara Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja yang Sudah Dibeli Header

Gadgetren – Kartu Prakerja merupakan sebuah program bantuan pelatihan dari Pemerintah Indonesia untuk membantu pesertanya dalam meningkatkan skill atau kemampuannya bersaing dalam mendapatkan pekerjaan.

Kamu yang berhasil lolos memenuhi syarat penerima Kartu Prakerja akan menerima bantuan dana pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang selanjutnya dapat digunakan untuk membeli modul pelatihan dari berbagai digital platform yang menjadi mitra dari program Prakerja.

Namun setelah berhasil mengikuti program Kartu Prakerja, sebagian peserta masih bingung mengenai cara mengikuti pelatihan Prakerja yang sudah dibeli. Lalu bagaimana caranya?

Cara Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja yang Sudah Dibeli

  1. Setelah berhasil menjadi peserta, maka buka email yang terdaftar di program Prakerja
  2. Cari email berisikan kode voucher serta tata cara untuk menggunakan voucher pelatihan Kartu Prakerja yang telah dibeli
  3. Selanjutnya, akses situs mitra penyelenggara pelatihan Kartu Prakerja dengan link yang ada di email
  4. Buat akun di situs mitra pelatihan Kartu Prakerja yang sesuai
  5. Setelah berhasil terdaftar, maka login akun di situs mitra pelatihan tadi
  6. Masukkan voucher pelatihan Kartu Prakerja sesuai tata cara situs mitra pelatihan tersebut
  7. Pada saat voucher berhasil diaktifkan, maka kamu dapat membeli dan mengikuti pelatihan yang telah dipilih

Kamu hanya perlu mempelajari materi-materi pelatihan Kartu Prakerja yang telah dipilih tadi. Jangan lupa, pastikan kamu menyesuaikan jadwal pelatihannya agar bisa menyelesaikan program Kartu Prakerja.

Apabila kamu berhasil menyelesaikan materi pelatihan dengan baik, maka akan mendapatkan sertifikat selesai mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja. Selain untuk menambah daftar penghargaan kamu, sertifikat ini juga dapat digunakan untuk mencairkan insentif sebesar Rp2.400.000 dari program Kartu Prakerja yang akan ditransfer sesuai dengan waktu yang diatur oleh pelaksana.

Secara rinci, pelaksana program Kartu Prakerja menyebutkan bahwa pesertanya berhak mendapatkan insentif biaya Rp2.400.000 tersebut dengan jadwal Rp600.000 per bulan selama 4 bulan.

Syarat untuk mengikuti program ini, kamu harus merupakan Warga Negara Indonesia dengan usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang menempuh pendidikan formal. Selain itu, kamu bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.

Syarat lainnya, kamu juga merupakan orang yang termasuk sedang mencari pekerjaan, pekerja yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), pekerja yang sedang dirumahkan, pekerja bukan penerima upah, atau pelaku usaha mikro dan keci.

Nantinya maksimal dua NIK (Nomor Induk Keluarga) dalam satu Kartu Keluarga yang bisa menjadi peserta Kartu Prakerja tersebut. Bagi kamu yang memenuhi syarat dan tertarik untuk mengikuti program ini, maka dapat melakukan pendaftaran melalui situs resmi Kartu Prakerja.

Tinggalkan Komentar