Berita Tekno

Aplikasi Keamanan Online Terbaru Microsoft Defender Sudah Bisa Diunduh, Ini Syaratnya

Microsoft-Defender-Windows-Android-iOS-MacOS

Gadgetren – Untuk melindungi pengguna dari ancaman digital seperti pembobolan password dan pencurian data, Microsoft baru-baru ini merilis aplikasi keamanan bernama Microsoft Defender yang tersedia untuk perangkat Windows, iOS, Android, dan macOS.

Sayangnya, aplikasi keamanan ini tidak bisa diunduh secara bebas. Aplikasi keamanan daring ini hanya bisa didapatkan jika pengguna sudah berlangganan Microsoft 365 Family atau Personal.

Apabila pengguna belum berlangganan Microsoft 365 Family atau Personal maka tidak bisa mengunduh aplikasi Microsoft Defender. Mengenai ketersediaannya, Microsoft Defender bagi pengguna yang sudah berlangganan Microsoft 365 Family atau Personal sudah bisa melakukan pengunduhan.

Dengan Microsoft Defender pengguna bisa menjaga kerahasiaan data dan juga keamanan perangkat termasuk antivirus dan anti-phising. Lebih jauh, Microsoft Defender merupakan aplikasi keamanan online yang menghadirkan beberapa perlindungan ke dalam satu dasbor.

Selain itu aplikasi keamanan online ini menawarkan tips dan rekomendasi untuk memperkuat perlindungan pada perangkat pengguna. Pada fitur Dasbor, pengguna akan bisa memantau status keamanan online dalam satu tampilan terpusat seperti bisa melihat perangkat milik sendiri dan juga anggota keluarga lainnya.

Melalui Dasbor juga, pengguna bisa menambahkan perangkat baru yang ingin dipantau keamanannya dan menghapusnya. Selain itu di dalam Dasbor tersedia perlindungan antivirus seperti Norton atau McAfee yang bisa digunakan untuk melakukan skrining virus hingga serangan yang mencurigakan  lainnya.

Ditambah lagi di dalam Dasbor terdapat perlindungan malware lintas platform pada perangkat yang paling sering digunakan. Kemudian pada saat ancaman masuk, pengguna akan secara otomatis menerima peringatan dan sekaligus diberikan solusi serta caranya untuk menjaga data dan perangkat agar tetap aman.

Meskipun baru memiliki beberapa fitur utama perlindungan, ke depannya pihak Microsoft mengatakan bahwa akan lebih banyak menghadirkan perlindungan di dalam satu dasbor termasuk fitur-fitur seperti perlindungan pencurian identitas dan koneksi daring yang aman.

Microsoft-Defender-iOS

Aplikasi keamanan daring ini menurut Microsoft adalah solusi keamanan dari pihaknya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di rumah dan di tempat kerja dengan menyatukan teknologi yang ada dengan cara baru.

Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya transformasi digital masyarakat termasuk pengguna Microsoft yang belakangan ini banyak melakukan kegiatan belajar maupun bekerja secara daring jarak jauh.

Terkait teknologinya sendiri, Microsoft Defender dibangun di atas Microsoft Defender for Endpoint yang memanfaatkan keamanan di mana diklaim bisa dipercaya karena tergabung dalam ekosistem Microsoft.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar