Berita

Tak Sekadar Pakai Nama Baru, Microsoft 365 Bawa Family Safety dan Teams untuk Umum

Microsoft Family Safety dan Microsoft Teams Header

Gadgetren – Tak sekadar mengubah nama Microsoft Office 365 menjadi Microsoft 365, Microsoft pun menyertakan beberapa tambahan yang meliputi Microsoft Family Safety dan Microsoft Teams untuk publik.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh XDA Developer, Family Safety merupakan sebuah aplikasi yang mengizinkan sebuah keluarga untuk mengamankan anggotanya dengan fitur seperti berbagi lokasi dan pengelola waktu pemakaian perangkat.

Seperti aplikasi keluarga pada umumnya, aplikasi ini pun memiliki serangkaian fitur yang bisa digunakan oleh orang tua untuk mengawasi kegiatan anak-anak, khususnya mengenai pemakaian ponsel, tablet, komputer hingga konsol.

Orang tua dalam hal ini akan memperoleh akses ke informasi mengenai waktu pemakaian perangkat berbasis Windows, Android, dan Xbox serta diizinkan membuat pengaturan untuk membatasi waktu pemakaian dan konten berbasis umur.

Family Safety juga memiliki fitur berbagi lokasi yang bisa digunakan untuk memantau anggota keluarga seperti apakah mereka masih di sekolah, masih bekerja, atau sudah pulang.

Aplikasi ini memiliki dukungan notifikasi yang akan memberitahu pengguna saat anggota keluarganya sampai atau meninggalkan suatu lokasi. Aplikasi  juga dilengkapi dengan laporan mengemudi untuk memastikan perjalanan anggota keluarga tetap aman.

Sementara itu, Microsoft Teams sebenarnya bukan sebuah hal baru. Microsoft sudah meluncurkan platform kolaborasi tersebut sejak lama, tetapi sebelumnya hanya tersedia secara khusus untuk pengguna bisnis.

Melalui versi terbaru ini, Microsoft telah mengubah hal tersebut. Platform kolaborasi yang memiliki fitur-fitur seperti percakapan grup dan pengelola dokumen bersama tersebut kini tersedia untuk pengguna secara umum.

XDA Developer mengungkapkan bahwa Microsoft akan memosisikan platform kolaboratif ini sebagai alat untuk merencanakan sesuatu secara bersama-sama, jadi akan sedikit berbeda dari layanan Skype yang difokuskan untuk komunikasi.

Namun tak bisa disanggah bahwa tak hanya fitur-fitur baru yang hadir lewat nama baru Microsoft 365 karena perusahaan teknologi ini juga membuat daftar biaya langganan baru untuk layanan tersebut.

Mulai tanggal 21 April 2020 mendatang, harga langganan Microsoft 365 Personal (untuk satu orang) akan menjadi USD 6,99 per bulan dan Microsoft 365 Home (untuk enam orang) menjadi USD 9,99 per bulan.

Tinggalkan Komentar