Aplikasi Berita

Apple, Google, dan Microsoft Bekerja Sama Siapkan Sign-in Tanpa Password yang Lebih Aman

Keamanan Data di Handphone

Gadgetren – Perusahaan teknologi raksasa Apple, Microsoft, dan Google dikabarkan tengah berkolaborasi menghadirkan sistem sign in atau otentikasi masuk ke dalam akun tanpa kata sandi.

Rencana ini sendiri untuk merayakan Hari Sandi Sedunia seperti yang diinformasikan melalui keterangan tertulis di situs blog Google. Ketiga perusahaan teknologi tersebut akan mewujudkan otentikasi tanpa kata sandi paling lama tahun 2023.

Lebih jauh, implementasi otentikasi tanpa kata sandi ini mengacu pada standar FIDO Sign-in. Secara sederhana proses masuk tanpa kata sandi dengan FIDO Sign-in akan memungkinkan pengguna hanya cukup membuka kunci handphone mereka sebagai perangkat otentikasi utama untuk masuk ke dalam aplikasi, situs web, dan layanan digital lainnya tanpa harus memerlukan kata sandi lagi untuk masuk ke dalam akun.

Otentikasi tanpa kata sandi akan tersedia pada semua platform perangkat utama yang telah digunakan oleh banyak orang seperti sistem operasi seluler Android dan iOS, browser Chrome, Edge, dan Safari hingga perangkat desktop seperti Windows dan macOS.

Cara kerja FIDO Sign-in adalah menggunakan handphone yang akan menyimpan kredensial FIDO yakni berupa kunci sandi di mana digunakan untuk membuka kunci akun online pengguna. Kunci sandi pada FIDO diklaim Sampath Srinivas selaku PM Director Secure Authentication Google dan President FIDO Alliance akan membuat otentikasi tanpa kata sandi jauh lebih aman.

Hal ini didasarkan pada kriptografi kunci publik dan hanya ditampilkan ke akun online pengguna pada saat mereka membuka kunci handphone. Misalnya pengguna bisa masuk ke browser Google Chrome yang berjalan di Microsoft Window menggunakan kunci sandi di perangkat Apple atau Android.

Srinivas kepada The Verge juga mengonfirmasi soal keamanan otentikasi tanpa kata sandi dengan dukungan FIDO baru ini akan memungkinkan situs web dengan keamanan tahan phishing. Di sisi lain, jika pengguna kehilangan handphone maka kunci sandi FIDO akan bisa dihubungkan dengan aman ke handphone baru pengguna melalui cadangan yang tersimpan di cloud.

 FIDO-Alliance-Passwordless-2

Keuntungan yang akan bisa dirasakan oleh pengguna dari otentikasi tanpa kata sandi dengan mengandalkan handphone ialah mereka tidak akan lagi mengingat detail log in atau otentikasi akun di seluruh situs, aplikasi, dan lainnya.

Ditambah lagi otentikasi tanpa kata sandi juga akan menekan tindakan peretasan data pribadi pengguna sehingga akan mempersulit peretas melihat detail log in karena proses masuk memerlukan akses ke handphone milik pengguna.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar