ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Membersihkan Sampah di HP Xiaomi dengan Cepat

Cara Membersihkan Sampah di HP Xiaomi Header

Gadgetren – File sampah merupakan sesuatu yang mengganggu dalam sebuah smartphone. Bahkan terkadang kapasitas internal smartphone tiba-tiba sudah membengkak padahal file (foto, video, musik, maupun dokumen) yang disimpan tidak terlalu banyak.

Untuk itulah, hampir semua smartphone dari berbagai merek telah dibekali dengan aplikasi Cleaner atau Pembersih bawaan yang dapat membersihkan data-data sampah apabila kapasitas internalnya terasa sudah sangat menumpuk dan hampir habis terpakai.

Salah satunya merupakan Xiaomi yang sudah menerapkan aplikasi Cleaner atau Pembersih bawaan pada smartphone atau HP buatannya. Dengan hadirnya aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk membersihkan file sampah yang tidak dibutuhkan dengan cepat dan mudah.

Bagi kamu yang ingin membersihkan sampah di HP Xiaomi, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Membersihkan Sampah di HP Xiaomi

  1. Pertama, buka aplikasi Pembersih atau Cleaner di homescreen HP Xiaomi
  2. Setelah aplikasi Pembersih dibuka, maka secara otomatis proses pemindaian file sampah atau tidak dibutukan akan dilaksanakan
  3. Setelah proses pemindaian selesai, maka aplikasi Pembersih akan memperlihatkan ukuran file sampah yang menumpuk di HP Xiaomi
  4. Selain itu, terdapat juga rincian file sampah beserta ukurannya sehingga kamu dapat memilih file yang harus dihapus atau tidak
  5. Setelah file sampah yang dipilih sudah sesuai, maka langsung pilih tombol Bersihkan [ukuran file sampah] di bagian bawah
  6. Proses pembersihan atau penghapusan sampah di HP Xiaomi akan berjalan
  7. Apabila proses telah selesai, maka aplikasi Pembersih akan memperlihatkan keterangan bahwa HP Xiaomi tidak ada sampah yang disertai dengan informasi seputar kapasitas total penyimpanan internal dan sisanya yang belum terpakai
    Langkah Membersihkan Sampah di HP Xiaomi

Bisa dibilang Xiaomi menyediakan aplikasi Pembersih atau Cleaner bawaan agar penggunanya tidak perlu repot lagi untuk menginstal aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store. Menariknya, aplikasi ini sendiri mudah digunakan oleh orang awam yang baru menggunakan HP Xiaomi sekalipun.

Namun apabila kamu masih merasa tidak puas dengan kinerja dari aplikasi Pembersih atau Cleaner bawaan HP Xiaomi, mungkin dapat coba mencari dan menghapus file-file yang menurut kamu sudah tidak diperlukan lagi seperti data video di aplikasi WhatsApp untuk mengurangi beban kapasitas penyimpanan internal HP Xioami milikmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengunduh beberapa aplikasi Pembersih atau Cleaner dari pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Terkadang metode antar aplikasi akan sedikit berbeda sehingga hasilnya pun berbeda.

Namun pada intinya aplikasi-aplikasi Pembersih ini menyediakan rincian file beserta ukuran datanya agar bisa dipilih oleh pengguna agar tidak salah ketika dihapus selamanya. Sementara itu, apabila kamu mempunyai cara membersihkan sampah di HP Xiaomi yang lebih efektif lagi maka dapat memberikan masukkan pada kolom komentar di bawah ini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar