Tips dan Trik

Lacak Ponsel Xiaomi yang Hilang Dengan Cara Berikut!

cara melacak hp xiaomi yang hilang Banner

Gadgetren – Ponsel hilang merupakan hal yang cukup wajar terjadi, mengingat ukurannya yang relatif kecil sehingga mudah terselip atau dicuri orang.

Namun, di era yang serba modern ini, teknologi yang berkembang mendukung manufaktur untuk mengantisipasi terjadinya ponsel hilang. Ada banyak teknologi yang mendukung antisipasi kehilangan ponsel, dari mulai sistem GPS (Global Positioning System) yang dapat melacak dimana lokasi ponsel, hingga kemudahan untuk menghapus data dan juga mengunci ponsel melalui jaringan internet.

Secara umum, pengguna Android dapat mengamankan ponsel pintarnya dengan mengaktifkan fitur Find My Devices yang secara default tertanam di perangkatnya. Setiap menambahkan akun Google ke dalam perangkat Android, sebenarnya fitur Find My Device tersebut aktif secara otomatis.

Namun, pengguna masih harus memberikan izin agar fitur tersebut dapat mengakses lokasi serta informasi dari perangkat. Untuk mengaturnya, pengguna dapat masuk ke dalam menu pengaturan Google (Google Settings). Opsi pengaturan Google ini terdapat di dalam menu Settings pada versi Android terbaru.

Dan untuk melacak ponsel Android yang hilang, pengguna hanya perlu mengakses laman web Find My Device atau dengan menggunakan aplikasinya yang tersedia di Google Play Store.

Meskipun secara umum semua Android dapat dilacak dengan fitur di atas, beberapa manufaktur pun menyediakan layanan lacak lokasi ponsel hilangnya secara khusus, seperti Samsung dan juga Oppo.

Xiaomi, yang notabene memiliki keunggulan di dalam menyediakan utilitas lebih dengan ROM MIUI miliknya, juga menawarkan fitur lacak ponsel hilang di dalamnya. Perusahaan asal Tiongkok ini memiliki sebuah layanan cloud dengan sebutan Mi Cloud. Salah satu fitur dari layan cloud tersebut adalah Find Device.

Baca Juga: Ini caranya menghapus semua data Xiaomi kamu sebelum dijual

Cara Mengaktifkan Find Device di Ponsel Xiaomi

Sebelum menggunakan fitur Find Device untuk menemukan lokasi ponsel Xiaomi yang hilang, MiFans harus memberikan izin akses lokasi ponsel Xiaomi dengan menghidupkan opsi Find Device. MiFans dapat menemukan pengaturan tersebut dengan masuk ke Settings, kemudian pilih Mi Account, lalu pilih Mi Cloud, dan yang terakhir menghidupkan tombol slider Find Device.

Cara Melacak Ponsel Xiaomi yang Hilang

Setelah pengaturan Find Device dalam perangkat diaktifkan, MiFans dapat melacak ponsel Xiaomi dengan login ke laman Mi Cloud melalui browser komputer. Setelah masuk, MiFans dapat memilih opsi Find Device.

Jika ponsel Xiaomi yang Anda miliki lebih dari satu, pilih ponsel Xiaomi yang ingin dicari. Selanjutnya klik tombol Locate device. Setelah lokasi ditemukan, MiFans dapat ke lokasi tersebut, kemudian menghidupkan pilihan Noise Mode untuk membuat perangkat bersuara meskipun sedang dalam keadaan getar.

Baca Juga: Jangan lupa kalibrasi baterai agar smartphone Xiaomi kamu kembali normal

Fitur Find Device Xiaomi dapat digunakan dalam beberapa kondisi saja, termasuk saat perangkat yang dicari memiliki koneksi internet dan fitur lokasinya hidup.

Tinggalkan Komentar