Berita

Cara Melacak HP Xiaomi Buat Kamu yang Tidak Sengaja Menghilangkannya

Cara Melacak HP Xiaomi Hilang Dengan Mi Cloud Header

Gadgetren – Suatu hal yang wajar saat kita teledor hingga lupa di mana letak smartphone. Untungnya, perangkat Xiaomi memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengantisipasi hal ini.

Dengan menggunakan sistem operasi bernama MIUI miliknya, Xiaomi membekali bermacam smartphone buatannya dengan perlengkapan tambahan. Salah satunya, mereka membekalinya dengan layanan berbasis awan bernama Mi Cloud.

Mi Cloud merupakan sebuah layanan yang memungkin para pengguna Xiaomi untuk menyimpan data seperti kontak, pesan, foto dan catatan pada server miliknya. Namun selain fungsi utama tersebut, layanan ini juga memiliki fitur untuk memindai lokasi perangkat yang menggunakan sistem MIUI.

Artinya, pengguna bisa menggunakannya untuk melacak perangkat Xiaomi yang tidak sengaja hilang. Nah bagaimana cara untuk melacak ponsel Xiaomi yang hilang dengan menggunakan fitur ini? Mari kita bahas secara lebih mendalam pada artikel kali ini!

Debelum melangkah lebih jauh, ada hal yang perlu diperhatikan supaya cara ini berhasil digunakan. Dalam hal ini, hal yang paling penting adalah kamu harus menghidupkan fitur Find Device terlebih dulu.

Bagi kamu yang belum tahu cara menghidupkannya, kamu bisa membuka Settings kemudian pilih Mi Account lalu Mi Cloud. Ketuk pada bagian Find Device, lalu klik Turn on Find Device. Masukkan password jika diminta dan klik tombol OK.

Penting untuk diperhatikan juga, langkah-langkah mengaktifkan Find Device ini berlaku untuk versi MIUI yang lumayan baru. Oleh sebab itu, kamu perlu menyesuaikannya sedikit jika kamu menggunakan versi yang berbeda. Namun biasanya memiliki langkah yang kurang lebih sama.

Setelah fitur ini aktif, kamu baru bisa menggunakan fitur Find Device untuk melacak ponsel Xiaomi yang hilang. Untuk menggunakannya, kamu bisa membuka halaman https://i.mi.com/ dan login menggunakan akun yang sama dengan akun di perangkat.

Jika sudah berhasil masuk ke layanan Mi Cloud, selanjutnya cari dan pilih opsi Find Device. Jika kamu menggunakan akun tersebut di beberapa perangkat, kamu perlu memilih perangkat mana yang akan dicari melalui menu Device di bagian pojok kanan atas.

Jika perangkatmu masih hidup dan terkoneksi dengan internet, kamu bisa menekan tombol Locate. Saat lokasi sudah ditemukan, kamu bisa menekan tombol Noise untuk membuat perangkat bersuara sehingga kamu bisa lebih mudah untuk mencarinya pada area tersebut.

Selain menggunakan kedua fitur ini, kamu juga bisa menggunakan fitur Lost Mode untuk mengunci perangkat dengan pesan kehilangan dan nomor yang bisa dihubungi. Kamu juga bisa menggunakan fitur Wipe untuk menghapus semua data jika perangkat benar-benar tidak ditemukan.

Untuk mencari perangkat Xiaomi, kamu pun juga bisa menggunakan fitur Find My Device milik Google. Fitur ini merupakan fitur umum yang biasa digunakan untuk melacak perangkat Android pada umumnya.

Tinggalkan Komentar