Review Aksesoris

Review ASUS TUF Gaming M4 Air – Mouse Sangat Ringan dengan DPI Tinggi

Review ASUS TUF Gaming M4 Air Header

Gadgetren – Agar selalu mendapatkan performa maksimal dengan bidikan akurat saat bermain game kompetitif, ASUS telah menghadirkan TUF Gaming M4 Air yang sangat ringan.

Tidak hanya ringan, ASUS benar-benar memperhatikan desain dan material yang digunakan sehingga memberikan kenyamanan sebaik mungkin sambil menawarkan kemampuan yang tetap gaming.

Seperti apa sih TUF Gaming M4 Air secara nyatanya? Kamu yang sedang mencari mouse gaming ringan pastinya wajib untuk melirik mouse yang satu ini.

Review ASUS TUF Gaming M4 Air
  • Desain - 9/10
    9/10
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Software - 8/10
    8/10
8.8/10

Kesimpulan

ASUS TUF Gaming M4 Air tidak hanya ringan dengan bobot kurang dari 50 gram tetapi memiliki DPI tinggi untuk memberikan gerakan yang akurat dan mulus.

Pros

  • Sangat ringan
  • Konstruksi terasa kokoh dan IPX6
  • Kabel braided yang fleksibel
  • Ukuran relatif nyaman di tangan
  • Tombol terasa taktil ditekan

Cons

  • Armoury Crate tidak otomatis popup
  • Desain keseluruhan monoton

Dari sekali lihat, langsung dapat dikatakan bahwa TUF Gaming M4 Air membawa desain yang tidak lazim layaknya mouse pada umumnya. Jika biasanya mouse memiliki bodi dengan permukaan yang solid, berbeda dengan TUF Gaming M4 Air yang memiliki lubang-lubang di bagian atasnya.

Desain yang dinamakan Air Shell tersebut memungkinkan mouse gaming yang satu ini tidak hanya ringan saja melainkan juga tetap mempertahankan integritas strukturnya agar tetap kokoh saat digunakan bermain game.

ASUS TUF Gaming M4 Air (1)

Lubang-lubang berbentuk segitiga tersebut pun memungkinkan TUF Gaming M4 Air memiliki bobot yang diklaim ASUS hanya 47 gram saja (49,8 gram ketika ditimbang sendiri). Memang terdapat lubang di permukaannya, TUF Gaming M4 Air terasa cukup tangguh saat digunakan dalam keseharian namun memang materialnya tidak terasa sebaik mouse gaming premium.

Mouse pun cukup nyaman saat digenggam berkat ukurannya yang condong sedikit besar terasa pas dengan bentuk telapak sehingga tangan tidak melayang. Selain itu desainnya juga masih terbilang ambidextrous (bisa tangan kiri dan kanan) walaupun ada dua tombol tambahan di sisi kirinya.

ASUS TUF Gaming M4 Air (6)

Yang cukup menarik, mouse ini telah dilengkapi oleh ASUS Antibacterial Guard yang mana diklaim dapat mengurangi pertumbuhan bakteri agar kebersihan dari permukaan mouse dan tombol tetap terjaga saat digunakan setiap hari.

Mengingat mouse merupakan salah satu perangkat yang aktif digunakan dan memang kerap kotor setelah sekian lama, tentu dengan adanya perlindungan tersebut akan membebaskan kita dari rasa khawatir dan tidak perlu terlalu sering membersihkan mouse.

Untuk semakin meningkatkan kenyamanan, ASUS pun kemudian memberikan kabel TUF Gaming Paracord yang sudah braided tapi tetap ringan dan fleksibel. Dengan begitu mouse dapat bergerak lebih leluasa karena tidak akan terlalu terganggu oleh kabel.

ASUS TUF Gaming M4 Air (9)

Dibandingkan kabel braided biasa, TUF Gaming Paracord memang lebih lentur dan bahkan saya merasa seperti tidak ada kabel sama sekali. Sebagai pengguna yang biasa memakai mouse wireless dalam keseharian, TUF Gaming M4 Air memberikan pengalaman yang tidak jauh berbeda untuk soal kepraktisan dan kenyamanan.

Satu hal menarik lainnya, papan sirkuit dari TUF Gaming M4 Air sudah memiliki sertifikasi IPX6 yang berarti tahan terhadap air. Ini tentunya sangat penting mengingat desain berlubang yang dimilikinya sehingga tidak perlu khawatir jika tidak sengaja menumpahkan air atau lainnya yang bisa merusak komponen.

Dari segi desain, TUF Gaming M4 Air bisa dikatakan berhasil memberikan mouse yang sangat ringan tanpa melupakan kenyamanan. Oleh karena itu mouse gaming yang satu ini selain untuk bermain game juga akan cocok digunakan dalam keseharian.

ASUS TUF Gaming M4 Air (10)

Apalagi mouse ini sudah dibekali sensor optik dengan 16.000 DPI yang mana bakal mampu melacak secara akurat setiap piksel. Dengan begitu pergerakan kursor maupun bidikan akan lebih presisi berkat adanya sensor kelas gaming tersebut.

Bersamaan dengan itu, ASUS membekali mouse gaming ini dengan kaki mouse berbahan 100% PTFE murni termasuk di sekitar area sensor yang memberikan pergeresan secara halus berkat sifatnya yang rendah gesekan. Pastinya menggunakan mousepad sangat disarankan untuk mendapatkan performa maksimal agar mouse dapat meluncur semakin halus.

TUF Gaming M4 Air pun mendukung hingga empat tingkat DPI yang bisa disesuaikan melalui tombol khusus. Akses cepat untuk mengubah sensitivitas sesuai keinginan tentunya akan sangat membantu dalam mengatasi berbagai skenario berbeda.

ASUS TUF Gaming M4 Air (4)

TUF Gaming M4 Air secara total memiliki enam tombol yang masing-masing dapat dikonfigurasikan sesuai kebutuhan. Enam tombol tersebut terbagi menjadi dua tombol utama, dua tombol samping, satu tombol DPI, dan satu tombol tengah pada roda.

Setiap tombol tersebut benar-benar terasa sangat taktil dengan suara yang renyah sehingga memberikan keyakinan bahwa tombol memang sudah ditekan. Sementara untuk rodanya memiliki sensasi yang tersegmentasi untuk satu kali gulir serta permukaan karet untuk mencegah selip.

Selain itu, TUF Gaming M4 Air juga menyediakan pula memori internal yang dapat menyimpan sebanyak tiga profil sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi tidak perlu khawatir jika ingin membawa mouse ini untuk turnamen atau digunakan bekerja karena tinggal berganti ke profil yang sudah diatur sebelumnya.

ASUS TUF Gaming M4 Air Armoury

Dengan begitu TUF Gaming M4 Air dapat dipersonalisasi sebagaimana skenario penggunaan. Pengaturan dapat dilakukan melalui aplikasi Armoury Crate yang dapat diunduh langsung dari situs ASUS. Hanya saja sayang tidak langsung muncul popup untuk mengunduhnya ketika menghubungkan mouse sehingga perlu mengunjungi halamannya secara manual.

Melalui Armoury Crate, tersedia berbagai jenis konfigurasi untuk TUF Gaming M4 Air mulai dari fungsi setiap tombol, tingkat DPI, kalibrasi, hingga jarak lift off. Seluruhnya dapat diatur sesuai keinginan untuk kemudian disimpan sebagai salah satu profil.

ASUS TUF Gaming M4 Air (7)

Setelah menggunakan TUF Gaming M4 Air secara langsung, saya bisa mengatakan kalau mouse gaming yang satu ini memang sangat nyaman saat digunakan. Bobotnya yang sangat ringan serta kabel TUF Gaming Paracord menjadi bagian paling favorit saya dari mouse ini karena memberikan pengalaman yang berbeda dari mouse pada umumnya.

Oleh karena itu, TUF Gaming M4 Air rasanya berhasil mencapai apa yang disasar oleh ASUS, mouse ringan dengan fitur yang masih tetap gaming. Fitur yang ditawarkannya pun sudah cukup memadai untuk sebuah mouse gaming.

Saat ini TUF Gaming M4 Air sendiri belum rilis resmi di Indonesia, namun kabarnya pihak ASUS bakal menghadirkannya sebentar lagi. Berapa kira-kira harganya yah? Tunggu saja waktu peluncurannya dan bakal kita langsung update soal harganya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar