Review Aksesoris

Review ASUS TUF Gaming M4 Wireless – Ringan dan Ga Perlu Ribet Sama Kabel

Review ASUS TUF Gaming M4 Wireless Header

Gadgetren – Untuk menggaet pengguna yang anti kabel karena terasa lebih minimalis dan rapi, ASUS pun menghadirkan versi nirkabel dari seri TUF Gaming M4.

Dinamakan TUF Gaming M4 Wireless, mouse nirkabel yang satu ini tetap membawa desain yang mengutamakan keringanan. Namun tentunya fitur-fitur gaming tetap dapat ditemukan di dalamnya seperti dua mode nirkabel yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Lalu seperti apa pengalaman penggunaan yang ditawarkan oleh TUF Gaming M4 Wireless secara keseluruhan? Ini ulasan dari tim Gadgetren setelah memakainya beberapa minggu.

ASUS TUF Gaming M4 Wireless
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.7/10

Kesimpulan

ASUS TUF Gaming M4 Wireless patut untuk dilirik oleh siapapun yang lebih memilih mouse nirkabel karena fitur maupun kenyamanan yang diberikan sangat bersaing

Pros

  • Bobot ringan
  • Ada dua mode wireless
  • DPI tinggi
  • Nyaman digenggam
  • Kustomisasi bervariasi

Cons

  • Desain biasa saja
  • Kaki mouse bisa lebih tebal lagi

TUF Gaming M4 Wireless membawa desain yang terbilang cukup kalem untuk sebuah gaming. Seluruh bodinya dibalut oleh warna hitam bertekstur matte dengan logo TUF di bagian punggungnya. Sekilas tidak ada yang mencerminkan bahwa ini merupakan mouse gaming selain namanya.

Dengan begitu TUF Gaming M4 Wireless bakal cocok untuk menemani segala jenis tema setup walau memang desainnya bisa dikatakan tidak ada yang spesial. Namun untungnya mouse ini mempunyai desain yang ambidextrous atau bisa digunakan untuk tangan kanan maupun kiri.

ASUS TUF Gaming M4 Wireless (6)

Walaupun begitu memang tombol tambahan ada di sisi kiri yang mana bakal lebih terasa pas untuk pengguna yang dominan tangan kanan. Mouse ini memiliki dimensi 126 x 63,5 x39,6 mm yang mana sedikit terlalu besar untuk tangan saya, namun masih nyaman digunakan tanpa membuat telapak tangan melayang.

Salah satu yang menjadi sorotan utama dari TUF Gaming M4 Wireless merupakan bobotnya yang cukup ringan. ASUS mengklaim mouse ini hanya sekitar 62 gram jika kosong atau 86 gram jika menggunakan baterai AAA.

ASUS TUF Gaming M4 Wireless (9)

Perlu diakui memang mouse ini terasa sangat ringan sekali, apalagi untuk ukuran sebuah mouse nirkabel yang mana terdapat baterai di dalamnya yang semakin menambah beban. Ketika saya timbang sendiri, mouse ini memiliki bobot sekitar 64 gram saat kosong dan 87 gram saat diisi baterai AA yang mana kurang lebih sesuai dengan klaim ASUS.

TUF Gaming M4 Wireless dapat ditenagai satu buah baterai AAA maupun AA dengan adaptor tambahan yang mana seluruhnya sudah termasuk dalam paket penjualan sehingga tidak perlu membeli lagi secara terpisah. Saya sendiri menggunakan baterai AA selama pemakaian.

ASUS TUF Gaming M4 Wireless (5)

Walaupun tidak seringan TUF Gaming M4 Air yang sudah diulas sebelumnya, namun TUF Gaming M4 Wireless tetap menjadi salah satu mouse nirkabel paling ringan yang pernah saya coba. Bagian belakangnya memang terasa sedikit lebih berat saat ditambah baterai, tapi keseluruhan distribusi beratnya masih seimbang dan tidak mengganggu.

Materialnya sendiri terbuat dari bahan premium PBT untuk bagian punggungnya yang mana terasa cukup nyaman dan tidak licin saat digenggam. Menariknya, ASUS juga memberikan Antibacterial Guard pada bagian permukaan untuk menjaga mouse tetap bersih setelah digunakan dalam waktu lama.

ASUS TUF Gaming M4 Wireless (4)

ASUS pun mengklaim material PBT yang digunakan juga dapat mencegah kerusakan seperti jadi mengkilap seperti kebanyakan mouse berbahan plastik. Hanya saja memang bodi dari TUF Gaming M4 Wireless sedikit terasa kurang premium yang mana mungkin efek samping dari harus punya bobot ringan.

Setiap tombol dari TUF Gaming M4 Wireless terasa empuk ditekan dan memberikan suara klik yang memuaskan. Keenam tombol yang ada mempunyai konsistensi serupa sehingga tidak ada satu tombol pun yang terasa berbeda ketika ditekan.

Sementara itu pada bagian mouse wheel memiliki tekstur yang mengingatkan saya pada roda kendaraan untuk memberikan cengkeraman yang lebih baik pada jari agar tidak mudah selip ketika sedang harus melakukan aksi secara cepat.

ASUS TUF Gaming M4 Wireless (3)

Bersamaan dengan itu, ASUS memberikan kaki mouse 100% PTFE di bagian bawah termasuk di sekeliling sensor. Alhasil TUF Gaming M4 Wireless pun dapat meluncur di atas mousepad dengan baik yang mana membuat kursor dapat bergerak halus dan akurat.

Namun kakinya menurut saya kurang tebal yang mana membuatnya sedikit kurang mulus dan terasa seperti bagian bawah bodinya ikut terseret. Bukan masalah besar, ini hanya lebih ke preferensi saya karena mouse sebenarnya tetap dapat berakselerasi dengan baik.

TUF Gaming M4 Wireless menjagokan sensor optik kelas gaming dengan dukungan hingga 12.000 dpi untuk pelacakan piksel yang akurat. Terdapat empat tingkat sensitivitas dpi yang bisa diganti sesuai kebutuhan menggunakan tombol khusus yang ada di bawah mouse wheel.

ASUS TUF Gaming M4 Wireless (2)

Ini tentunya akan berpengaruh ke seberapa kecil gerakan mouse dapat terdeteksi yang mana bisa menjadi salah satu keuntungan ketika bermain game first person. Tersedianya tombol khusus untuk mengubah dpi pun akan sangat membantu dalam menyesuaikan sensitivitas dengan kebutuhan secara cepat.

Satu hal yang tidak kalah menariknya, TUF Gaming M4 Wireless dilengkapi dengan dua mode wireless meliputi Bluetooth LE dan RF 2.4 GHz lewat dongle yang dapat dinyalakan dengan menggeser opsi mode di bagian bawah mouse.

Kedua mode sama saja nyaman digunakan dengan kualitas konektivitas yang baik. Dengan ada dua mode yang bisa dipilih, TUF Gaming M4 Wireless tentu akan jadi lebih fleksibel untuk digunakan seperti terhubung ke perangkat secara cepat lewat Bluetooth maupun mendapatkan performa terbaik lewat RF 2.4 GHz.

Saya sendiri memilih mode RF 2.4 GHz dalam keseharian karena mode Bluetooth mudah sekali mengalami gangguan sinyal sepengalaman saya menggunakan mouse nirkabel. Walaupun begitu saya tidak mengalami sama sekali penurunan koneksi maupun respon ketika menggunakan TUF Gaming M4 Wireless pada kedua mode.

ASUS TUF Gaming M4 Wireless Armoury Crate

Di samping itu semua, mouse ini tentunya juga didukung oleh Armoury Crate seperti produk TUF Gaming lainnya. Melalui aplikasi ini, TUF Gaming M4 Wireless dapat diatur sesuai kebutuhan termasuk untuk soal update firmware.

Seluruh enam tombol yang ada dapat dialih fungsikan melalui Armoury Crate tanpa terkecuali. Begitu juga dengan tingkat dpi yang bisa diatur mulai dari 100 hingga 12.000 dpi maupun tingkat polling rate yang diinginkan.

Ditambah lagi Armoury Crate juga memungkinkan pengaturan untuk lebih menghemat baterai seperti berapa lama mouse tidak aktif untuk masuk ke mode tidur hingga pemberitahuan ketika persentase baterai sudah mencapai titik tertentu.

ASUS TUF Gaming M4 Wireless (8)

Secara keseluruhan TUF Gaming M4 Wireless merupakan mouse nirkabel yang punya performa cukup baik untuk digunakan bermain game maupun sekadar digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Bobotnya yang ringan serta hadirnya dua mode nirkabel menjadi keunggulan utama dari mouse gaming yang satu ini. Memang dimensinya sedikit besar untuk ukuran tangan saya dan kaki mouse bisa sedikit lebih tebal lagi. Namun itu semua saya rasa akan jatuh ke preferensi masih-masing pengguna.

Pastinya TUF Gaming M4 Wireless patut untuk dilirik oleh siapapun yang lebih memilih mouse nirkabel karena fitur maupun kenyamanan yang diberikan sangat bersaing. Belum lagi kustomisasi lewat Armoury Crate juga terbilang cukup bervariasi.

Tinggalkan Komentar