Berita Laptop / PC

Prosesor AMD Ryzen 6000 Series Resmi Sambangi Indonesia, Ini Fitur-Fitur Barunya

AMD-Ryzen-6000-Series-1.

Gadgetren – Setelah diumumkan dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) pada bulan Mei 2022 kemarin, akhirnya prosesor AMD Ryzen 6000 Series resmi dibawa ke Indonesia.

Dalam acara peluncurannya yang digelar secara luring itu di Pullman Hotel Central Park Jakarta, Peter Chambers selaku Managing Director Sales AMD APJ menyampaikan bahwa penjualan AMD di seluruh dunia  secara umum memperoleh performa yang baik dengan peningkatan permintaan dari sebelumnya.

Mengenai prosesor Ryzen 6000 Series sendiri, Peter juga menjelaskan peningkatan dari generasi sebelumnya yakni Ryzen 5000 Series. Di antaranya dari aspek performa yang lebih kencang, daya tahan baterai yang lebih awet, dan dukungan grafis untuk mengoptimalkan game-game berat kelas AAA.

Lebih detail, prosesor Ryzen 6000 Series dibuat melalui proses fabrikasi 6nm yang dibekali oleh arsitektur core Zen 3+ dengan kecepatan hingga 5Ghz. Prosesor teranyar dari AMD ini merupakan dapur pacu yang yang berbasis grafis AMD Radeon RDNA 2 untuk mendukung performa grafis gaming dengan resolusi 1080p.

Teknologi grafis dari prosesornya tersebut diklaim oleh Peter menghadirkan peningkatan dua kali lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Untuk varian prosesornya, kurang lebih ada sepuluh varian prosesor Ryzen 6000 Series yang akan hadir di Indonesia.

Varian tertinggi ialah Ryzen 9 6980HX yang berisi 8-core dan 16 Thread serta memiliki Thermal Design Power (TDP) sebesar 45W+. Sementara varian yang paling kecil adalah Ryzen 5 6600U yang berisi 6-core dan 12 Thread serta TDP sekitar 15-28W.

AMD-Ryzen-6000-Series-4.

Di samping itu, laptop yang didukung oleh prosesor Ryzen 6000 Series juga bisa dipasangkan dengan berbagai kartu grafis lainnya termasuk Radeon RX 6000 Series milik AMD. 

Laptop yang menggunakan Rzyen 6000 Series pun turut mendapatkan fitur konektivitas seperti Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2 dengan LE audio. Kemudian teknologi memori kompatibel dengan LPDDR5 dan PCI Gen 4.

Ditambah lagi tersedia fitur pelengkap yang menopang konten pada layarnya seperti Dynamic HDR dan teknologi AMD FreeSync. Selain itu sudah menjalankan sistem operasi terbaru Windows 11 buatan Microsoft yang terhubung ke fitur keamanan Microsoft Pluton.

Tak lupa prosesor Ryzen 6000 Series juga menyediakan fitur keamanan seperti AMD Secure Processor dan AMD Memory Guard. Lalu ada teknologi port yang hadir ialah USB4 yang diklaim mampu melakukan transfer data hingga 40Gbps serta HDMI 2.1 dan Display Port.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar