Berita Laptop / PC

Perjalanan 5 Tahun AMD Ryzen Mobile

AMD Ryzen 9 5900HX ASUS ROG

Mendekati penghujung tahun 2021, AMD Indonesia menggelar acara AMD 2021 End Year Media Gathering di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, pihak AMD Indonesia membagikan informasi kepada rekan media mengenai kilas balik seri prosesor andalannya saat ini, AMD Ryzen, sejak diluncurkan 5 tahun lalu hingga tahun 2021 ini.

Donnie Brahmandika selaku perwakilan dari AMD Indonesia mengungkapkanĀ  AMD Ryzen yang merupakan prosesor terobosan dari AMD yang mempunyai performa bertenaga dengan dukungan beragam fitur dan harga menarik.

Awalnya, AMD berkolaborasi dengan ASUS menghadirkan laptop ROG Strix GL702QC yang dibekali prosesor desktop Ryzen 7 1700 dan GPU Radeon RX580 di ajang teknologi besar Computex 2017.

AMD Ryzen Donnie

Pada bulan Oktober 2017, AMD mengumumkan dua prosesor Ryzen Mobile generasi awalnya dengan dukungan 4-Core dan 8-Thread, yakni Ryzen 5 2600U dan Ryzen 7 2700U, yang sudah dibekali GPU Radeon Vega.

Selanjutnya, AMD Ryzen 3000 Series dengan teknologi fabrikasi 12nm dan arsitektur Zen+ pun diumumkan pada ajang CES 2019. Sementara AMD Ryzen 4000 Series dengan teknologi fabrikasi 7nm dan arsitektur Zen2 dihadirkan pada tahun 2020.

Selain itu, AMD juga turut menghadirkan Ryzen 400HS Series dengan 8-Core dan 16-Thread yang- ditujukan untuk laptop gaming berukuran tipis serta ramping.

AMD Ryzen 2000 Series Acer Swift 3

Akhirnya pada tahun 2021, AMD pun meluncurkan prosesor Ryzen 5000 Series dengan arsitektur Zen3 dan teknologi fabrikasi 7nm yang diklaim mampu mendukung laptop untuk hampir semua kebutuhan aktivitas dari gamer, content creator, hingga profesional.

Masih di tahun yang sama, AMD pun turut menghadirkan kartu grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series yang dapat menangani grafis dari game atau aplikasi berat sekaligus yang mampu menghadirkan visual yang jernih.

Donnie pun turut menjelaskan mengenai AMD Advantage yang merupakan program lengkap pada laptop gaming bertenaga prosesor dan kartu grafis dari AMD dengan performa serta fitur yang dapat diandalkan untuk menghadirkan pengalaman game yang optimal.

AMD Ryzen 5000 Series Acer Nitro

Diperkenalkan sejak Computex 2021, AMD Advantages ini hadir dengan tiga pilar utama yang terdiri dari Amplified Performance, Premium Display, dan Built for Gaming.

Amplified Performance ini dimaksudkan pada performa yang bertenaga ketika pengguna laptop memainkan game dengan pengalaman yang nyaman dan imersif, terutama pada saat bermain Bersama dengan teman atau orang lain.

Pilar pertama ini sudah dihadirkan pada laptop AMD Advantage yang diotaki prosesor AMD Ryzen 5000 Series Mobile dengan kinerja cepat. Adapun sektor grafis laptop AMD Advantage ini sudah dipercayakan pada kartu grafis AMD Radeon RX 6000M dengan arsitektur RDNA 2 yang diklaim mempunyai performa 1,5 kali lebih cepat, 43% lebih hemat daya, dan kemampuan gaming 1,77 kali lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

AMD Ryzen 3000 Laptop

Sementara untuk pilar kedua, yakni Premium Display, AMD memastikan bahwa laptop AMD Advantage hadir dengan dukungan tampian layar yang memanjakan mata penggunanya berkat dukungan minimal 10% sRGB, 72% NTSC dengan teknologi OLED atau IPS, tingkat kecerahan 300 nits, dan refresh rate 144Hz.

Untuk Built To Game selaku pilar ketiga, AMD bekerja sama dengan pengembang laptop menggunakan AMD Advantage Design Framework dalam membuat sebuah laptop gaming yang benar-benar menawarkan kinerja tinggi serta konsisten untuk menjalankan game berat sekalipun, namun masih mampu menghadirkan suhu yang stabil walaupun digunakan dalam waktu yang lama.

Dengan ketiga pilar ini, AMD berharap mampu menghadirkan laptop AMD Advantage dengan kualitas yang bagus untuk mendukung aktivitas bermain game maupun kreasi konten berat yang mulus tanpa hambatan.

Tinggalkan Komentar