Berita Laptop / PC

Ini Laptop yang Menggunakan Prosesor Seri Ryzen 6000 di Indonesia

AMD-Ryzen-6000-Series-6

Gadgetren – Bersamaan dengan peluncuran prosesor terbaru, AMD turut mengumumkan deretan produsen laptop yang akan menggunakan prosesor AMD Ryzen 6000 Series di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Armawati Cen selaku Consumer Business Development Manager for Indonesia dalam presentasinya pada peluncuran Ryzen 6000 Series di Hotel Pullman Central Park Jakarta. Kepada tim Gadgetren, Armawati Cen mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah berkerja sama dengan empat vendor laptop di Indonesia.

Vendor tersebut antara lain adalah ASUS, HP, Lenovo, dan Dell. Segmen laptopnya sendiri menurut Armawati Cen bervariasi mulai dari laptop gaming hingga mainstream atau untuk konsumen. Adapun laptop dengan prosesor Ryzen 6000 Series yang dalam waktu dekat siap dipasarkan adalah yang diproduksi oleh ASUS.

Dalam acara perilisan prosesor baru dari AMD ini, salah satu laptop ROG dari ASUS yang menggunakan Ryzen 6000 Series pun turut dipamerkan yang mencakup ROG Zephyrus G14 dan ROG Flow Z13.

Selain kedua laptop gaming ROG tersebut, ASUS juga akan memasarkan laptop ROG dan TUF dengan Ryzen 6000 Series seperti Zephyrus Duo 16, ROG Zephyrus G15, ROG Strix G, dan TUF Gaming A15.

Setelah ASUS yang dalam waktu dekat akan membawa laptop dengan prosesor tersebut ke Indonesia di akhir bulan Juni 2022 ialah Lenovo melalui produk laptop segmen biasa yaitu seri Lenovo Yoga.

Kemudian di bulan Agustus 2022 akan ada vendor dari Acer dan HP yang akan menghadirkan laptop gaming ke Indonesia. Mengenai produknya sendiri kemungkinan dari HP akan mengeluarkan seri OMEN dan Acer ialah salah satu seri gaming miliknya.

Sementara untuk Dell dituturkan Armawati Cen akan segera masuk di akhir Agustus dengan menawarkan produk laptop berkekuatan Ryzen 6000 Series di segmen pasar konsumen. Untuk seri gaming dari Dell, pihaknya saat ini juga tengah membahas untuk menghadirkan Alienware namun belum mendapatkan tanggal yang pasti.

ASUS-ROG-Zephyrus-G14-x-AMD-7

“Kita juga ada kerja sama Alienware dengan dia, ini yang belum dapat dipastikan karena mereka schedule-nya agak beda. Yang jelas kita sudah ada diskusi dengan Dell bahkan vendor laptop lokal cuma aku nggak bisa komen tapi kita sudah diskusi,” ujarnya.

Terkait pihaknya baru memboyong prosesor Ryzen 6000 Series pada pertengahan tahun, Armawati mengungkapkan bahwa pihaknya perlu menyesuaikan jadwal dari berbagai vendor atau brand laptop di Indonesia.

“Kita melalui proses diskusi dulu, headquarter to headquarter, barang jadi itu sendiri ada di berbagai brand. Untuk saat ini yang tersedia masih gaming laptop dan yang mainstream laptop aman pelan-pelan masuk. Vendor lainnya juga,” terangnya.

Sebagai tambahan informasi, selain Ryzen 6000 Series untuk laptop premium, AMD juga turut menghadirkan varian prosesor lainnya untuk pasar entri yang memiliki harga lebih terjangkau. Salah satunya adalah Ryzen 3 5425U yang menggunakan 4-core dan 8 Threads serta memiliki TDP 15W.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar