Smartphone Tips dan Trik

Cara Membersihkan Penyimpanan OPPO A96 dengan Fitur Clean Up

OPPO-A96-HandsOn-BackDiagonal

OPPO A96 merupakan handphone kelas menengah OPPO yang hadir di Indonesia dengan dukungan penyimpanan internal yang mempunyai kapasitas besar hingga 256 GB.

Meskipun kapasitas internal yang dimiliki OPPO A96 sangat besar, namun terkadang sebagian pengguna menyimpan banyak foto, video, lagu, aplikasi, atau game berkapasitas besar sehingga sedikit demi sedikit membuat penyimpanan menjadi penuh.

Sebenarnya tidak hanya file, aplikasi, dan game saja yang memenuhi penyimpanan OPPO A96 melainkan juga termasuk file cache dari aplikasi maupun website yang pernah diakses turut memiliki andil dalam memakan kapasitas penyimpanan dari handphone ini.

Untungnya pengguna dapat memanfaatkan fitur Clean Up yang terdapat di aplikasi File Manager di OPPO A96 untuk menghapus berbagai cache aplikasi sampah yang tidak terlalu dibutuhkan.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, cache merupakan sebuah memori atau penyimpanan sementara yang bertujuan untuk mempercepat akses serta pengoperasian aplikasi atau website yang sering dibuka sebelumnya di handphone.

OPPO-A96-HandsOn-Display

Semakin banyak pengguna mengakses suatu aplikasi atau website, tentunya file cache akan menumpuk. Apalagi besarnya ukuran cache menjadi sangat besar karena hasil akumulasi dari beragam aplikasi yang pengguna akses di handphone.

Untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur Clean Up agar bisa membersihkan penyimpanan agar memiliki kapasitas yang lebih longgar, maka dapat mengikuti tutorial berikut.

Cara Menggunakan Clean Up di OPPO A96

  1. Buka aplikasi File Manager di handphone
  2. Pada bagian kanan atas dekat label Phone Storage, pilih opsi Clean Up
  3. Selanjutnya, sistem akan langsung memindai file cache sampah yang tidak terlalu penting
  4. Setelah selesai dideteksi, maka terlihat besarnya file cache sampah
  5. Tekan tombol Clean, maka semua file cache akan dibersihkan

OPPO A96 Clean Up

Fitur Clean Up sangat berguna apabila pengguna sudah banyak membuka aplikasi dalam beberapa hari dan tentunya akan banyak file cache yang menumpuk. Untuk itulah sebaiknya pengguna OPPO A96 dapat melakukan pembersihan secara berkala agar membuat kapasitas penyimpanan internal menjadi lega.

Tidak hanya itu saja, fitur Clean Up juga akan memunculkan menu yang dapat memberikan sugesti untuk membersihkan foto, video, audio, atau dokumen yang dirasa sudah tidak terlalu terpakai.

Pada fitur Clean Up terdapat juga opsi Clear app cache yang memungkinkan pengguna dapat menghilangkan cache satu per satu atau semua aplikasi yang dapat dipilih sesuai keinginan pengguna.

OPPO-A96-FullDisplay

Bisa dibilang fitur Clean Up efektif bagi kamu yang ingin menghapus cache sampah atau file lainnya, namun ragu takut salah hapus. Fitur ini akan secara cerdas memberikan saran mengenai bagian apa saja yang perlu dihapus.

Sebenarnya penyimpanan berkapasitas 256 GB yang dimiliki oleh OPPO A96 bisa dikatakan sebagai kapasitas yang sangat besar. Namun dengan ukuran aplikasi, game, foto, maupun video masa kini yang sangat besar, menjadikan penggunanya harus selalu berkala dalam membersihkan penyimpanan.

Bagi kamu yang tertarik ingin memiliki OPPO A96, maka sudah dapat membelinya di Indonesia melalui saluranĀ  offline dan online dengan harga yang mencapai Rp4.099.000.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar

1 Komentar