Mading Tekno

Mengenal Kelas MicroSD Seperti UHS dan Lainnya Biar Tidak Salah Beli

Mengenal Kelas MicroSD UHS dan Lainnya - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sebelum membeli kartu MicroSD, kita perlu melihat kelasnya terlebih dahulu dan memastikan bahwa kecepatan menulis maupun membaca datanya mendukung perangkat yang digunakan.

Di pasaran sekarang ini soalnya terdapat banyak jenis dan merek kartu MicroSD. Masing-masing tak hanya menawarkan kapasitas berbeda-beda melainkan juga kelas kecepatan yang sangat beragam di mana tergantung manufaktur pembuatnya.

Kelas MicroSD sendiri bakal berpengaruh pada kemampuannya dalam menangani data. Semakin besar berkas yang perlu dikelola tentu membutuhkan dukungan kartu dengan kecepatan lebih baik supaya perangkat dapat bekerja secara maksimal.

Kita karena itu secara sederhana bisa memilih kelas MicroSD sesuai dengan aktivitas yang mau dikerjakan apakah untuk merekam video, fotografi, bermain game, atau sekedar menyimpan data.

Walaupun nanti pada akhirnya, batas kecepatan sebenarnya akan bergantung kepada kemampuan dari perangkat juga. Organisasi SD Association untungnya membuat standar untuk kelas kecepatan MicroSD yang mudah dipelajari meliputi Speed Class, UHS Speed Class, dan Video Speed Class.

Mengenal Standar Kelas Kecepatan MicroSD

Speed Class

KelasSimbolKecepatan Menulis Data Minimal
Speed Class 2C22MBps
Speed Class 4C44MBps
Speed Class 6C66MBps
Speed Class 10C1010MBps

Biasa ditandai dengan logo huruf C, Speed Class merupakan standar yang pertama. Beberapa orang bahkan sering menyebutnya dengan istilah original speed class karena menjadi kelas kecepatan yang paling dasar.

Kelas MicroSD ini terbagi ke dalam empat peringkat yang terbagi sesuai kecepatan minimal dalam menulis data. Termasuk di dalamnya mulai dari Class 2 yang paling rendah hingga Class 10 yang menjadi standar industri dan perangkat masa kini.

UHS Speed Class

KelasSimbolKecepatan Menulis Data Minimal
UHS Speed Class 1U110MBps
UHS Speed Class 3U330MBps

Di atas Speed Class, terdapat UHS Speed Class yang menawarkan kemampuan lebih tinggi. Kita bisa menandai MicroSD yang termasuk standar kelas kecepatan ini menggunakan logo huruf U dengan angka di dalamnya.

Standar kelas kecepatan ini diberi nama sesuai dengan antarmuka yang digunakan, yakni UHS (Ultra High Speed). Adapun dalam hal ini umumnya memakai UHS-I yang mampu melakukan transfer data hingga 104MBps atau UHS-II hingga 312MBps.

MicroSD UHS Speed Class pun menjadi standar minimal untuk melakukan perekam video beresolusi 4K. Ada dua peringkat yang bisa dipilih dalam hal ini, meliputi UHS Speed Class 1 dan UHS Speed Class 3.

Video Speed Class

KelasSimbolKecepatan Menulis Data Minimal
Video Speed Class 6V66MBps
Video Speed Class 10V1010MBps
Video Speed Class 30V3030MBps
Video Speed Class 60V6060MBps
Video Speed Class 90V9090MBps

Pada kelas yang paling tinggi, terdapat Video Speed Class. Standar kelas kecepatan ini cukup unik karena secara khusus dirancang untuk menangani perekaman dan konten berkualitas tinggi seperti video 360 derajat, VR (Virtual Reality), hingga tayangan beresolusi 8K.

Video Speed Class sendiri biasanya ditandai dengan logo huruf V diikuti dengan angka berdasarkan peringkatnya yang mana di antaranya meliputi Video Speed Class 6 hingga Video Speed Class 90.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar