Review

Review Kingston microSDHC Class 10 UHS-1 32GB – Cepat dan Harga Terjangkau

Kingston microSD UHS-1 32GB Header

Gadgetren – Di tahun 2018  ini tidak semua smartphone khususnya pada kelas bawah menawarkan penyimpanan internal besar untuk menyimpan semua kebutuhan digital kita. 

Ukuran aplikasi modern yang semakin lama semakin membengkak turut menambah permaslaahan. Tengok saja aplikasi browser Google Chrome yang memakan 100MB saat pertama kali dipasang. Kalau kamu seorang gamer, maka bisa lebih parah lagi karena game-game MOBA populer seperti Mobile Legends bisa memakan lebih dari 1GB setelah semua data terunduh. 

Permasalahan ini tentu saja juga akan dialami hampir semua pengguna smartphone. Aplikasi pesan instan seperti WhatsApp maupun Line juga akan terus membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar untuk menyimpan berbagai data chat, gambar, dan video. Apalagi kalau kamu bergabung ke dalam grup yang sangat aktif, secara tidak sadar aplikasi pesan instan bisa memakan hingga bergiga-giga. 

Untuk itu microSD rasanya menjadi suatu perangkat wajib untuk dimiliki khususnya bagi pengguna dengan smartphone berkapasitas 16GB ke bawah agar dapat lebih leluasa memasang berbagai jenis aplikasi. 

Kingston sebagai vendor penyimpanan ternama menghadirkan solusi yang bisa kamu pilih. Salah satunya merupakan Kingston microSDHC Class 10 berkapasitas 32GB yang sudah tersedia di pasaran.

Dalam paket penjualan, kamu juga akan langsung mendapatkan adapter microSD to SD Card sehingga dapat juga digunakan pada perangkat yang punya SD Card port seperti laptop.

Pada tampilan depannya terlulis kalau microSD ini sudah berteknologi UHS-1. Bagi kamu yang belum tahu, UHS merupakan kepanjangan dari Ultra High Speed yang punya kemampuan transfer jauh lebih cepat dibandingkan microSD biasa. 

Kingston microSD UHS-1 32GB Packing

UHS-1 Class 10 sendiri secara teori mempunyai kemampuan read 45MB/s dan write 10MB/s. Dengan begitu pengguna tidak perlu khawatir aplikasi maupun foto terbuka secara lambat. 

Lalu bagaimana dengan Kingston microSDHC Class 10 UHS-1 32 GB saat digunakan pada sebuah smartphone? Berikut ulasannya dari tim Gadgetren. 

Tes Performa

Pada ulasan ini saya menggunakan smartphone ASUS Zenfone 4 Selfie Pro sebagai perangkat yang penyimpanannya diperluas dengan Kingston microSDHC Class 10 UHS-1 32 GB. 

Kingston microSD UHS-1 32GB Zenfone

Ada dua metode yang saya lakukan untuk melihat kecepatan transfer data dari microSD ini. Metode pertama, saya mencoba secara langsung memindahkan data dari komputer ke microSD yang sudah ada di smartphone melalui kabel USB. 

Kingston microSD UHS-1 32GB Windows Transfer

Memindahkan satu buah file video berukuran 2,2 GB membutuhkan waktu cukup cepat, yakni sekitar 1 menit saja. Selanjutnya saya mencoba untuk memindahkan data yang lebih banyak mencapai 165 file, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Hasilnya saya harus menunggu sekitar 7 menit 43 detik hingga semuanya terpindahkan, cukup cepat. 

Kingston microSD UHS-1 32GB Internal Transfer

Pada metode kedua, data yang dipindahkan sudah ada ada di penyimpanan internal smartphone. Hasilnya waktu dibutuhkan sedikit lebih lama, yakni sekitar 1 menit 32 detik dengan kecepatan transfer 26-28 MB/s untuk memindahkan file video sama sedangkan untuk jumlah yang lebih banyak membutuhkan waktu sekitar 6 menit 10 detik dengan kecepatan rata-rata 26-29 MB/s.

Kingston microSD UHS-1 32GBCDM

Hal serupa juga terlihat dari hasil tes benchmark menggunakan aplikasi CrystalDiskMark. Pada bagian Sequential menunjukan kalau microSD ini punya kecepatan membaca 75 MB/s sedangkan kecepatan menulis 29 MB/s. Tidak jauh berbeda dengan uji coba yang saya lakukan sebelumnya.  

Kesimpulan 

Melihat dari hasil uji coba tersebut, saya dapat mengatakan kalau performa yang diberikan oleh Kingston microSDHC Class 10 UHS-1 32 GB sudah sangat mencukupi untuk kebanyakan pengguna smartphone di Indonesia saat ini. 

Kapasitas 32 GB ini terbilang sudah mencukupi untuk pengguna pada umumnya dan punya harga cukup terjangkau karena dapat dibeli seharga Rp 140.000 saja. Dengan menambahkan kapasitas penyimpanan melalui microSD, kamu dapat lebih tenang dan terhindar dari masalah penyimpanan tidak mencukupi saat ingin memasang aplikasi. 

Teknologi UHS-1 yang dihadirkan menjamin transfer data cepat sehingga tidak perlu khawatir membuka foto atau aplikasi menjadi lama. 

Maka dari itu bagi kamu yang membutuhkan penyimpanan tambahan untuk smartphone, microSD dari Kingstone satu ini bisa menjadi pilihan karena menawarkan performa cukup baik dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan harus membeli smartphone yang dari awal punya kapasitas besar. 

MicroSD bisa menjadi solusi bagi pengguna smartphone berkapasitas kecil. Adanya microSD juga akan membuat proses berganti smartphone lebih mudah karena kamu tinggal memasangkannya saja tanpa perlu transfer terlebih dahulu. 

Tinggalkan Komentar