Tips dan Trik Umum

Tips Cara Membedakan MicroSD Asli dan Palsu

Gambar Head Perbedaan microSD asli dan palsu

Ketika membeli suatu barang kita harus selalu berhati – hati agar tidak salah memilih. Terutama era sekarang ini dengan semakin banyaknya para oknum yang memanfaatkan ketidaktahuan seseorang.

Hampir seluruh jenis barang pasti ada versi palsunya atau sering disebut KW. Tidak terkecuali barang elektronik termasuk microSD sebagai tempat penyimpanan baik itu untuk smartphone atau perangkat lainnya.

MicroSD palsu akan memberikan kapasitas penyimpanan yang tidak sesuai dengan label yang tertera. Bahkan terkadang memiliki kinerja yang sangat buruk, sehingga dapat merusak data yang tersimpan di dalamnya.

Nah pada tips dan trik dari Gadgetren kali ini akan memberikan hal – hal yang harus diperhatikan ketika membeli microSD yang dirangkum dari PhoneArena.

Tampilan

Gambar microSD Samsung Asli dan Palsu

(Kiri Asli – Kanan Palsu)

Salah satu yang dapat langsung terlihat perbedaan antara asli dan palsu adalah cetakan tulisan pada microSD. Pada microSD palsu tulisan akan terlihat tidak rapih atau tercetak secara tidak bagus

Kemasan

Gambar microSD Kingston Asli dan Palsu

(Kiri Palsu – Kanan Asli)

Walaupun kemasan lebih mudah dipalsukan, namun biasanya kemasan tidak akan memiliki informasi yang lengkap dan penjual tidak akan peduli. Hal ini disebabkan kemasan sering kali digunakan untuk berbagai jenis microSD palsu.

Harga

Peraturan utama ketika membeli suatu barang adalah jangan langsung tergiur dengan harga murah. Sebuah microSD palsu berkapasitas 512GB dijual hanya seharga Rp 140.000, padahal  microSD berkapasitas 200GB dari SanDisk dihargai sekitar Rp 1.500.000.

Cek Kapasitas Sebenarnya

Saat ini para pemalsu pun semakin pintar dengan membuat sebuah firmware khusus, sehingga smartphone akan membaca besaran kapasitas sesuai dengan keinginan penjual. Untuk mengetahui kapasitas maupun informasi sebenarnya bisa menggunakan aplikasi SD Insight di Play Store.

Walaupun aplikasi SD Insight bisa diandalkan, namun bisa saja tidak mengetahui seluruh microSD yang beredar di pasaran. Jika microSD tersebut dari merek terkenal, maka seharusnya akan lebih mudah diketahui oleh SD Insight.

Gambar Aplikasi SD Insight SanDisk

[sumber : PhoneArena, Youtube 1 2]


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut yang suka memantau perkembangan teknologi

Writer di Gadgetren

  • Naufal Aflah

    hati-hati sekarang yg asli atau palsu susah bedainnya, ane baru aja kena korban micro sd sandisk palsu 64gb. Gaada bedanya gan sama yg asli. Waspada aja