Perbedaan ColorOS 12 Berbasis Android 12 dan Android 11

OPPO-Reno7-DiagonalDisplay

Pada saat diluncurkan, OPPO Reno7 Z 5G dan OPPO Reno7 sudah menggunakan ColorOS 12 yang mempunyai tampilan antarmuka sederhana dan ikon yang nyaman dipandang mata sehingga dapat memudahkan dalam melakukan navigasi atau mengakses beragam aplikasi di dalamnya.

Meskipun tampilan antarmuka yang ditawarkan mirip, namun perlu diketahui bahwa OPPO Reno7 Z 5G menggunakan ColorOS 12 berbasiskan Android 11 saat Reno7 sudah menggunakan Android 12.

Pada saat dilihat secara kasat mata, tidak terlalu terlihat perbedaan antara ColorOS 12 berbasiskan Android 11 dan Android 12. Namun apabila dicermati lebih jauh, Reno7 Z menggunakan ColorOS versi 12 (Android 11) dan Reno7 dengan ColorOS versi 12.1 (Android 12).

ColorOS 12 Android 12 vs 11

Perbedaan ColorOS 12 Berbasis Android 12 dan Android 11

Privacy Dashboard

Salah satu perbedaan yang paling jelas antara ColorOS 12 dengan Android 11 dan Android 12 adalah Privacy Dashboard. Sebenarnya ini merupakan fitur bawaan dari sistem operasi Android 12 atau versi di atasnya.

Dengan begitu, sistem operasi Android 11 tidak memiliki dukungan fitur tersebut. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, Privacy Dashboard memungkinkan kamu dapat memonitor izin penggunaan fitur dari aplikasi seperti kalender, aktivitas fisik, kamera, lokasi, kontak, mikrofon, dan lainnya.

ColorOS 12 Privacy Dashboard

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui aplikasi mana saja yang meminta banyak izin. Apabila kamu tidak suka sebuah aplikasi memiliki izin tertentu, maka dapat langsung mematikannya.

Bisa dibilang pemberian izin bagi aplikasi sebenarnya cukup sensitif karena terkadang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan celah tersebut untuk mendapatkan data pribadi, kontak, aktivitas, atau lainnya dari pengguna untuk hal yang tidak baik.

Ikon Indikator Privasi

Perbedaan lainnya terlihat pada ColorOS 12 berbasis Android 12 di mana ikon Indikator Privasi akan muncul pada Status Bar di bagian atas ketika aplikasi mengakses fitur handphone seperti mikrofon, kamera, dan lokasi.

ColorOS 12 Ikon Privasi

Selain dapat menginformasi kamu mengenai fitur apa saja yang akan diakses, ikon tersebut dapat ditekan apabila ingin mematikan akses fitur dari suatu aplikasi ketika kamu tidak mengizinkannya.

Bisa dibilang peningkatan privasi dan keamanan di Android 12 merupakan salah satu fitur menarik yang dapat membuat pengguna merasa nyaman ketika menggunakan handphone untuk menunjang pembelajaran, pekerjaan, maupun aktivitas sehari-hari.

Fitur Aplikasi Recorder

Pada ColorOS 12 terdapat aplikasi Recorder yang memungkinkan kamu untuk merekam percakapan dalam beragam kegiatan seperti seminar, workshop, meeting, belajar, dan lainnya saat ingin mengulas kembali materi penting yang telah disampaikan.

Pada Recorder juga terdapat fitur Mark on Recording yang bisa menandai detik atau menit mana saja materi penting yang disampaikan sehingga kamu tidak perlu mengulang terus dari awal percakapan.

ColorOS 12 Recorder

Pada ColorOS 12 berbasis Android 12, kamu bisa menandai percakapan ditambah dengan sebuah foto agar lebih jelas materi yang disampaikan. Sementara pada Android 11 kamu hanya bisa menandai tanpa menggunakan foto.

Bahkan pada aplikasi Recorder yang hadir pada ColorOS 12 (Android 12), kamu juga dapat memilih format audio rekaman suara menjadi mp3 atau aac. Pada Android 11, pilihan ini tidak ada sehingga formatnya akan langsung menjadi mp3.

Wallpaper

Pada halaman Wallpaper, ColorOS 12 berbasis Android 12 menawarkan 30 wallpaper statis yang mana jumlahnya lebih banyak dibandingkan Android 11 yang hanya 18 wallpaper. Apalagi wallpaper yang didapatkan dari online sudah langsung diperlihatkan di Android 12.

Halaman Wallpaper di kedua versi ColorOS 12 juga dilengkapi tombol more wallpaper yang memungkinkan kamu dapat mencari lebih banyak wallpaper lagi dari Theme Store milik OPPO.

ColorOS 12 Wallpaper

Secara garis besar, sebenarnya fitur yang ditawarkan oleh ColorOS berbasis Android 12 hampir mirip dengan Android 11 sehingga kamu dapat dengan nyaman menggunakan fitur yang ditawarkan untuk rutinitas harian.

Bagi kamu yang tertarik dengan OPPO Reno7 Z 5G, maka sudah dapat membelinya dengan harga Rp5.999.000 sementara OPPO Reno7 dibanderol mencapai Rp5.199.000

Tinggalkan Komentar

1 Komentar