Berita Smartphone

Semakin Responsif dan Cerdas, Google Rilis Android 12 Go Edition

Android-12-Go-Edition-Header

Gadgetren – Google secara resmi telah mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya yakni Android 12 Go edition. Sistem operasi yang telah hadir sejak tahun 2017 silam ini telah banyak membantu pengoperasian untuk handphone Android entri level atau dengan harga terjangkau.

Kini dengan Android 12 Go edition, pengguna handphone Android entri level akan dapat menikmati konten pada layar yang semakin responsif, cerdas, dan mengusung fitur keamanan privasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Berdasarkan keterangan tertulis di situs resmi Google, Android 12 (Go edition) akan tersedia secara bertahap mulai tahun 2022. Google juga turut mengungkap beberapa fitur-fitur baru dari Android 12 Go edition ini sebagai pengenalan awal.

Di antaranya Android 12 Go edition akan menjanjikan membuka aplikasi lebih cepat, baterai lebih tahan lama, berbagi data lewat aplikasi dan perangkat lebih mudah, serta kontrol privasi dengan pilihan lebih bervariasi.

Android-12-Go-Edition-lebih-cepat-dari-sebelumnya

Google menyebutkan bahwa Android 12 Go edition dapat membuat aplikasi langsung terbuka dengan cepat tanpa menunggu jeda waktu beberapa detik. Selain itu juga akan menampilkan animasi lebih halus dari biasanya.

Android 12 Go edition diklaim akan secara otomatis dapat menghemat masa pakai baterai dan penyimpanan dengan melakukan hibernasi aplikasi yang tidak digunakan untuk waktu yang lama. Hal ini sangat membantu untuk perangkat dengan kapasitas penyimpanan terbatas.

Sementara itu, aplikasi Files Go akan diperbarui pada Android 12 Go edition agar bisa memulihkan file dalam waktu 30 hari sehingga kita dapat menghapus file yang tidak perlu untuk mengosongkan ruang. Dengan Android 12 Go edition, kita akan diberi tahu saat aplikasi yang tidak digunakan sedang dihibernasi.

 Fitur Cerdas Android 12 Go edition

Android 12 Go edition memungkinkan kita dapat melihat pilihan untuk mendengarkan berita dan menerjemahkan konten apa pun yang sedang dilihat di layar ke bahasa yang diinginkan sebagai contoh dari bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya.

Selain itu, dari konten yang dilihat di layar, kita juga bisa mendengarkan teks maupun menangkap layar untuk disimpan. Semua pilihan tersebut langsung dari layar handphone dengan Android 12 Go edition tanpa harus berpindah ke halaman lain.

Dengan Android 12 Go edition, kita juga dapat menghemat data dengan berbagi aplikasi secara langsung ke handphone Android lainnya menggunakan fitur Nearby Share dan Google Play Store dengan cara diketuk saja pada ikon yang tertera di layar handphone.

Android-12-Go-Edition-Privasi

Selain berbagi aplikasi, Android 12 Go edition mampu berbagi perangkat tanpa mengkhawatirkan privasi. Pengguna lain juga bisa membuat profil baru langsung di layar kunci. Untuk beralih ke profil tamu ke profil pemilik hanya tinggal mengetuk ikon bulat pada layar kuncinya saja.

Dari sisi fitur keamanannya, Android 12 Go edition akan menyajikan lebih banyak pilihan privasi terutama untuk penggunaan aplikasi saat sedang mengakses data internet di mana kita dapat memutuskan seberapa banyak informasi pribadi yang dapat diakses di aplikasi tertentu.

Google sendiri akan menambahkan dasbor privasi baru sehingga kita bisa memiliki kekuasaan untuk mengaktifkan atau tidak mikrofon, kamera, atau lokasi di handphone. Bahkan kita bisa mencabut izin aplikasi jika dirasa sudah melanggar batas privasi.

Tinggalkan Komentar