Aplikasi Tips dan Trik

Cara Aktifkan Picture in Picture YouTube di Laptop dan Handphone

Cara Aktifkan Picture in Picture YouTube Header

Gadgetren – Berada di bawah naungan Google, kini YouTube menjadi salah satu platform berbagi video yang memiliki banyak jumlah pengguna.

Bahkan dari waktu ke waktu fitur yang ditawarkan oleh YouTube semakin canggih, termasuk Picture-in-Picture sebagai salah satu nya.

Dengan hadirnya fitur tersebut, video Youtube dapat menjadi kecil dan melayang di tampilan laptop maupun handphone dan kamu dapat membuka aplikasi lain sambil menonton.

Misalnya pada saat kamu sedang menonton video Youtube dan langsung keluar berpindah ke aplikasi lain, maka secara otomatis video tersebut akan masih diputar walaupun dengan bingkai yang kecil seperti melayang di layar.

Menurut saya sendiri, fitur Picture in picture sangat berguna bagi kamu yang sedang menyaksikan tutorial atau berita penting di YouTube, namun sembari membuat dokumen atau chat dengan orang lain.

Namun untuk mengaktifkan fitur Picture in picture di laptop Windows maupun handphone Android pun caranya berbeda.

Cara Gunakan Picture in Picture YouTube

Di Windows

  1. Buka browser
  2. Kunjungi situs resmi YouTube di browser
  3. Cari dan putar video yang diinginkan
  4. Arahkan cursor ke bagian kanan video hingga muncul menu Picture in picture berikon kotak dengan panah ke arah diagonal bawah
    Picture in Picture YouTube Laptop
  5. Selanjutnya, video akan mengecil dan melayang di bagian pinggir layar
    Picture-in-Picture-YouTube-Laptop-part2

Pada saat kamu membuka aplikasi lain, maka kamu masih bisa melihat konten YouTube pada video kecil yang melayang di layar berkat adanya fitur ini. Kamu pun bisa secara bebas memposisikan video tersebut di bagian layar manapun.

Tentunya kamu dapat melakukan kegiatan multitasking seperti mengedit dokumen, mendesain gambar, melakukan chat, mencari informasi di internet, atau memainkan game sambil menonton video YouTube.

Kamu juga dapat mengaktifkan mode Picture in Picture YouTube pada handphone berbasis Android. Mode ini sendiri bisa diaktifkan melalui browser seperti Google Chrome, Firefox, atau aplikasi YouTube.

Di Android

  1. Buka aplikasi Settings di handphone Android
  2. Pilih menu App atau App Management
  3. Klik opsi App list dan pilih aplikasi Google Chrome
  4. Pada halaman App Info, pilih opsi Picture in Picture
  5. Tekan tombol toggle hingga menyala pada bagian Picture in Picture
  6. Setelah aktif, maka kamu akan menemukan tulisan Allowed pada opsi Picture in Picture di halaman App info
    Picture in Picture YouTube Handphone
  7. Selanjutnya, kamu dapat membuka YouTube di Chrome dan mencari video yang diinginkan
  8. Putar video dalam mode Full Screen (penuh satu layar)
  9. Kemudian, tekan tombol Home di handphone agar menuju halaman Home Screen
  10. Video YouTube yang sedang berjalan akan mengecil dan melayang di layar

Dengan begitu, kamu dapat secara multitasking membuka atau mengerjakan sesuatu di aplikasi lain sambil menonton video YouTube yang terlihat melayang. Kamu dapat memindahkan posisi video YouTube yang mengecil tersebut sesuai dengan kenyamanan.

Untuk mengaktifkan mode Picture in Picture di Firefox dan aplikasi YouTube hampir sama dengan cara di atas dengan masuk ke menu App Management. Namun perlu dicatat, bahwa fitur Picture-in-Picture baru dapat bekerja di aplikasi YouTube apabila kamu memiliki akun premium.

Sementara apabila kamu membuka video YouTube di browser (Firefox atau Chrome), maka kamu dapat mengaktifkan fitur Picture in Picture tanpa memerlukan akun premium sekalipun.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar