Berita Tekno

Google Rilis Fitur Nonton Youtube dengan Mode Picture in Picture untuk iPhone dan iPad

YouTube-Picture-in-Picture-Header.

Gadgetren – Setelah banyak permintaan dari pengguna, akhirnya YouTube melalui situs Google resminya mengumumkan akan segera merilis fitur Picture in Picture (PiP) untuk perangkat iPhone dan iPad.

Dalam beberapa waktu ke depan fitur PiP untuk perangkat iPhone dan iPad dipastikan YouTube sudah bisa dinikmati pengguna Premium secara global yang mengakses semua jenis konten tanpa iklan maupun pengguna umum untuk wilayah Amerika Serikat yang memiliki akses terbatas atau dengan iklan.

Belum diketahui kapan fitur PiP untuk iPhone dan iPad akan dibawa ke Indonesia. Namun pihak YouTube mengungkapkan akan menggulirkan secara perhalan ke semua pengguna.

Untuk mengaktifkan fitur ini sendiri, pengguna cukup menuju menu Pengaturan atau Setting di perangkat iPhone atau iPad pada aplikasi YouTube kemudian pilih menu General dan ketuk menu Picture in Picture untuk mengaktifkannya.

Dengan fitur PiP, pengguna bisa melakukan kegiatan secara multitasking pada layar handphone. Sembari menonton YouTube, pengguna bisa melakukan aktivitas lain di layar handphone seperti membuka web browser, email, membaca berita, dan masih banyak lagi.

Secara teknis, fitur PiP menampilkan jendela kecil atau floating window yang terletak di sudut layar dan bisa diatur oleh pengguna sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Selama waktu yang diinginkan jendela kecil YouTube tersebut akan terus memutar video dan layar akan hilang ketika pengguna mengetuk tanda silang di bagian pojok kanan atas jendela kecil.
Ilustrasi YouTube Premium Header

Sebelumnya fitur PiP telah tersedia untuk perangkat Android mulai dari versi 8 (Oreo) sampai yang terbaru yaitu Android 12. Selain di perangkat Android, PiP juga bisa diaktfikan di web browser pada perangkat komputer seperti PC dan laptop.

Namun begitu hanya pengguna YouTube Premium yang bisa mengakses fitur PiP pada aplikasi YouTube yang sudah dipasang di perangkat Android. Bagi pengguna YouTube Premium tinggal mengatifkannya melalui aplikasi YouTube pada menu Setting atau Pengaturan dan pilih General. Setelah itu ketuk menu Picture in Picture yang tertera di bagian bawah.

Di sisi lain apabila pengguna belum berlangganan YouTube Premium masih bisa menggunakan fitur ini di halaman situs YouTube yang diakses melalui web browser Chrome dengan mengaktifkannya melalui Pengaturan dan Manajemen Aplikasi pada sistem Android. Mengenai langkah-langkah detailnya kamu bisa melihat artikel Gadgetren sebelumnya. 

Tinggalkan Komentar