Berita Smartphone

Pembaruan iOS dan iPad Versi 15.5 Telah Digulirkan, Apa Saja Fitur Barunya?

Update-iOS-15.5-Header.

Gadgetren – Setelah memberikan pembaruan versi 15.4 yang salah satunya memungkinkan Face ID dengan masker, Apple kali ini menghadirkan pembaruan iOS 15.5 untuk iPhone dan iPadOS 15.5 untuk perangkat tablet iPad.

Meskipun tidak begitu memberikan pembaruan besar-besaran, update versi 15.5 patut untuk diikuti untuk pengguna iPhone maupun iPad karena memiliki pembaruan yang bisa jadi bermanfaat buat para penggunanya.

Salah satu fitur barunya merupakan Apple Podcast. Seperti yang kita tahu, podcast merupakan rekaman dalam bentuk audio yang bisa didengarkan oleh banyak orang ketika menggunakan aplikasi khusus melalui jaringan internet.

Podcast berbeda dengan radio di mana Podcast bisa ditayangkan kapanpun sedangkan radio harus tayang secara langsung melalui jaringan frekuensi tertentu. Pada pembaruan iOS atau iPadOS 15.5, Apple memberikan pembaruan aplikasi Apple Podcast dengan menyertakan pengaturan yang memungkinkan pengguna membatasi jumlah episode yang disimpan di perangkat iPhone atau iPad.

Menurut informasi yang dilansir dari situs Apple, pembaruan ini akan secara otomatis menghapus episode yang lebih lama dengan tujuan untuk mencegah aplikasi mengambil terlalu banyak ruang penyimpanan di perangkat.

Kemudian pembaruan lainnya berdasarkan laporan MacRumors, update versi 15.5 turut memberikan pembaruan pada Apple Pay Cash di aplikasi Wallet yang sekarang memiliki tombol Request dan Send. Hal ini berfungsi untuk memudahkan pengelolaan uang tunai langsung dari Wallet pengguna.

Pada bagian Photos Memories, Apple kali ini memberikan daftar ‘lokasi sensitif’ ke aplikasi Photos yang memungkinkan lokasi tersebut diblokir agar tidak muncul di memori. Untuk pemutaran musik, Apple turut mengembalikan Apple Music API yang sebelumnya dihapus di iOS 15.4.

Apple-Cash

Hadirnya Apple Music API di iOS 15.5 memungkinkan pemutar Apple Music pihak ketiga bisa mengubah kecepatan pemutaran lagu. Selain itu, pada Apple Music sekarang juga ditambahkan referensi untuk musik klasik.

iOS 15.5 juga menyediakan pembaruan dukungan SportsKit terutama menghadirkan konten bass ball secara langsung. Di samping itu, Apple juga telah memperbaiki beberapa bug hingga fitur keamanan untuk komunikasi di dalam pesan.

Sebagai contoh iMessage akan bisa memperingkatkan pengguna khususnya anak mengenai konten yang tidak pantas agar nantinya foto tersebut akan diburamkan. Sementara pembaruan keamanan  dan privasi untuk anak ini lebih dulu harus diaktifkan oleh orang tua.

Untuk mendapatkan pembaruan terbaru dari iOS 15.5 atau iPadOS 15.5, pengguna hanya cukup menuju ke Settings lalu pilih General dan Software Update. Pembaruan versi terbaru ini bisa diunduh secara gratis dan pastikan ruang kapasitas pengguna mencukupi.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar