Review Handphone

Review OPPO Find X5 Pro – Handphone Flagship yang Tampil Unik

OPPO Find X5 Pro

Awal tahun ini OPPO merilis handphone flagship terbaru mereka yakni Find X5 Pro. Kali ini OPPO tampaknya melewati angka 4 di seri Find X karena angka tersebut dianggap kurang membawa keberuntungan di Tiongkok.

Ada dua hal yang paling menonjol dari Find X5 Pro yaitu area tonjolan kameranya yang terlihat unik dan tidak simetris serta tulisan Haselblad yang terlihat di boks penjualan serta bagian belakang handphone.

Sebagai handphone flagship, Find X5 Pro menghadirkan kualitas yang tinggi di berbagai sektor terutama pada layar, kamera, dan baterainya. Handphone yang satu ini akan membuat pasar handphone flagship di Indonesia semakin menarik.

OPPO Find X5 Pro
  • Layar - 10/10
    10/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 10/10
    10/10
  • Desain - 8/10
    8/10
9.2/10

Ringkasan

Find X5 Pro bisa dibilang adalah handphone terbaik dari OPPO yang ada saat ini. Kameranya mampu menghasilkan foto dan video yang berkualitas, layarnya memiliki tampilan yang memukau, dan baterainya dapat diisi dengan sangat cepat.

Pros

  • Layar memukau
  • Performa gegas
  • Kamera yang canggih
  • Pengisian daya baterai cepat
  • Color OS 12.1 sangat mulus

Cons

  • Licin dan mudah kotor
  • Kamera hanya bisa zoom 2x

Desain

OPPO Find X5 Pro

OPPO pada Find X3 Pro lalu mulai bereksperimen dengan desain handphone flagship mereka. Desainnya terbilang unik dengan lengkungan di area tonjolan kamera dan saya yang awalnya skeptis menjadi menyukainya ketika memegang langsung handphone tersebut.

Find X5 Pro kembali melanjutkan gaya desain tersebut dengan sedikit perubahan di area kameranya. Kini area tonjolan kamera tidak berbentuk simetris melainkan seperti trapesium siku-siku.

Varian warna yang disediakan hanya ada dua yaitu Ceramic White dan Glaze Black. Yang saya gunakan untuk ulasan ini adalah Glaze Black yang mana adalah warna hitam dengan finishing mengkilap sehingga membuatnya memantulkan bayangan. Finishing ini sayangnya membuat Find X5 Pro menjadi magnet sidik jari sehingga mudah terlihat kotor.

Jujur saja desain Find X5 Pro kurang pas untuk saya, tidak seperti Find X3 Pro sebelumnya. Saya sendiri sebetulnya lebih senang dengan desain matte dan ditambah lagi area tonjolan kameranya walaupun terbilang unik namun agak terlihat aneh bagi saya.

OPPO Find X5 Pro

Untungnya OPPO menyediakan casing bawaan di dalam boks handphone-nya. Casing-nya terasa menggunakan material yang premium dan saya malah lebih senang melihat handphone ini dengan casing bawaannya.

Find X5 Pro mengusung desain keseluruhan yang melengkung, hampir tidak ditemukan sudut yang kasar kecuali tombol-tombol menonjol yang ada di sisi handphone. Bentukannya ini membuat Find X5 Pro sangat nyaman ketika digenggam di tangan.

Namun sayang handphone ini terasa licin sehingga membuat saya ragu menggunakan handphone ini tanpa casing di luar ruangan. Ditambah lagi dimensi handphone ini cukup besar dan bobotnya agak berat.

Layar

OPPO Find X5 Pro

Find X5 Pro masih mengusung teknologi layar yang mirip dengan Find X3 Pro yaitu panel LTPO AMOLED berukuran 6,7″ dengan resolusi QHD+(3216 × 1440), dynamic refresh rate 120Hz, kecerahan layar maksimal 1300 nit, dan warna 10-bit.

Yang membedakan adalah kini layarnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus dan teknologi dynamic refresh rate-nya dapat turun hingga 1hz saja untuk konten statis sehingga akan lebih menghemat daya baterai. Di dalam layarnya terdapat pemindai sidik jari optik yang dapat mendeteksi sidik jari saya dengan cepat.

Kualitas tampilan layarnya sendiri sangat memanjakan mata dengan warna yang detail dan tajam serta cerah. Layarnya memuaskan digunakan untuk menonton film, bermain game, atau sekedar browsing saja.

Secara bawaan layar Find X5 Pro menggunakan resolusi FHD+ dan mode warna Vivid untuk menonjolkan warna. Mode warna ini dapat diubah-ubah sesuai selera seperti disetel ke natural, cinematic, atau brilliant. Resolusinya pun bisa saja menggunakan QHD+ namun seecara kasat mata tidak ada perbedaan kualitas yang signifikan dibanding resolusi FHD+.

Performa

OPPO Find X5 Pro

Soal performa, Find X5 Pro dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 sudah sangat kencang. Chipset ini sudah mendukung jaringan 5G dan saya sendiri sempat mencicipi koneksi 5G melalui jaringan XL di area Margonda Depok.

Kapasitas RAM 12GB dan penyimpanan 256GB yang disediakan sudah cukup untuk berbagai keperluan. Jika diperlukan tersedia fitur ekspansi RAM hingga 7GB menggunakan kapasitas penyimpanan yang kosong. Namun saya merasa RAM yang ada sudah sangat melimpah untuk jaman sekarang sehingga fitur ini kurang diperlukan.

Untuk soal performa mentah, Find X5 Pro mendapatkan skor 824.934 ketika dites menggunakan aplikasi AnTuTu sedangkan di aplikasi Geekbench mendapatkan skor 977 untuk single core dan 3.361 untuk multi core. Entah kenapa hasil skor ini di bawah rata-rata handphone lain yang menggunakan chipset yang sama walau sebetulnya performa handphone ini tetap cepat.

Bermain game PUBG Mobile dan Mobile Legends dengan setelan tertinggi terasa lancar menggunakan Find X5 Pro. Speaker stereo yang disediakan pun dapat menghasilkan suara yang kencang dan memuaskan telinga untuk sebuah handphone.

Color OS versi 12.1 berbaris Android 12 yang digunakan oleh Find X5 Pro terasa sangat mulus ketika dioperasikan. Animasi-animasi pada antarmukanya pun terlihat dibuat dengan detail dan halus.

Saya senang melihat OPPO terus mengembangkan Color OS mereka agar lebih mudah digunakan dan tidak memberatkan kinerja handphone. Di tambah lagi tersedia aplikasi Phone Manager yang mengumpulkan berbagai fitur bermanfaat di Color OS seperti mengunci aplikasi, mengatur penggunaan baterai, hingga membersihkan penyimpanan handphone.

Kamera

OPPO Find X5 Pro

Di sektor kamera Find X5 Pro menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP f/1.7, ultrawide 50MP f/2.2 dengan sudut pandang 110°, dan telephoto 13MP f/2.4. Untuk kamera depannya menggunakan lensa 32MP f/2.4.

Kali ini OPPO tidak menyematkan kamera mikroskop seperti yang ditemukan di generasi sebelumnya. Bagi saya ini tidak masalah karena walaupun kamera mikroskop awalnya terlihat menarik, saya merasa kamera tersebut kurang berguna untuk sehari-hari.

Menariknya OPPO menggunakan prosesor gambar buatan mereka sendiri yakni MariSilicon X. Prosesor ini memungkinkan Find X5 Pro untuk memproses foto lebih cepat hingga merekam video 4K HDR pada malam hari.

OPPO Find X5 Pro - Kamera 36

OPPO Find X5 Pro - Kamera 02 Portrait

Lensa utama Find X5 Pro tidak diragukan lagi dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi dengan warna yang akurat. Warna hijau dedaunan dan biru pada area trek di foto atas terlihat seperti aslinya. Begitu juga pada foto potret saya, warna wajah dan baju yang saya gunakan terlihat natural. Ditambah lagi handphone ini mampu menghasilkan efek bokeh yang rapi.

OPPO Find X5 Pro - Kamera 09

Ultrawide

Untuk lensa ultrawide walau mengusung resolusi 50MP yang mirip dengan lensa utama, kualitas hasil jepretannya tetap di bawah lensa utama. Tekstur bebatuan di rongga jembatan pada foto di atas tidak begitu terlihat jelas seperti ketika saya tangkap menggunakan kamera utama. Namun begitu untuk sebuah kamera ultrawide hasilnya terbilang bagus.

OPPO Find X5 Pro - Kamera 52 Makro

Makro

OPPO Find X5 Pro menyediakan fitur untuk memotret jarak dekat walau sebetulnya handphone ini tidak memiliki lensa makro tersendiri. Hasil fotonya pun terlihat bagus daripada menggunakan lensa makro beresolusi kecil yang biasa ditemukan di handphone kelas entri dan menengah.

OPPO Find X5 Pro - Kamera 41

Auto

OPPO Find X5 Pro - Kamera 42 Pro

Pro – Hasselblad Natural Color Calibration

OPPO juga bekerja sama dengan Hasselblad untuk menyediakan fitur Hasselblad Natural Color Calibration di aplikasi kamera mereka. Fitur ini akan otomatis aktif jika menggunakan mode Pro pada aplikasi kamera bawaan. Hasil fotonya memang agak berbeda dengan foto yang dihasilkan oleh mode auto.

OPPO Find X5 Pro - Kamera 44 Radiance

Filter Radiance

OPPO Find X5 Pro - Kamera 45 Serenity

Filter Serenity

OPPO Find X5 Pro - Kamera 46 Emerald

Filter Emerald

Selain itu juga OPPO menyediakan tiga filter foto spesial untuk membuat foto tampil lebih unik yaitu Radiance, Serenity, dan Emerald. Masing-masing menghadirkan karakteristik warna tersendiri yang bisa digunakan tergantung situasi.

OPPO Find X5 Pro - Kamera 50 Zoom x2

Zoom 2x

Find X5 Pro kembali menyediakan lensa telephoto walau hanya bisa melakukan pembesaran optik sebesar 2x. Entah kenapa OPPO tidak lagi membawa lensa pembesaran tinggi seperti yang ditemukan Find X2 Pro.

OPPO Find X5 Pro - Kamera 25

OPPO Find X5 Pro - Kamera 30

OPPO Find X5 Pro - Kamera 28

Ultrawide

Di malam hari, kamera Find X5 Pro akan otomatis menggunakan mode malam untuk menghasilkan foto yang lebih tajam. Canggihnya pemrosesan foto malam hari ini terasa sangat cepat layaknya ketika melakukan foto di siang hari. Saya tidak perlu menunggu waktu beberapa detik seperti yang umumnya ditemukan di mode malam pada handphone lain.

OPPO Find X5 Pro - Kamera Selfie 12 Portrait

OPPO Find X5 Pro - Kamera Selfie 07

Kamera depan di Find X5 Pro dapat menghasilkan foto selfie yang terlihat menarik. Warna muka saya terlihat sedikit lebih cerah dan permukaannya lebih halus dibanding aslinya walau saya telah mematikan fitur pemolesan wajah.







Soal perekaman video, Find X5 Pro mampu merekam video dengan kualitas 4K. Saya sendiri puas dengan hasil rekamannya baik di siang maupun malam hari, terlihat bagus untuk sebuah video yang dihasilkan oleh kamera handphone.




Untuk video hasil rekaman kamera depannya saya merasa agak aneh. Secara bawaan, fitur stabilisasinya tidak aktif dan video terlihat sangat bergoyang. Perlu saya setel terlebih dahulu fitur Ultra Steady Pro agar video dengan kamera depan terlihat stabil. Padahal untuk kamera belakang saya tidak perlu mengaktifkan fitur stabilisasi ini agar video tidak bergoyang.

Baterai

OPPO Find X5 Pro

Handphone kelas flagship seperti Find X5 Pro biasanya tidak memiliki daya tahan baterai setangguh handphone kelas menengah. Namun begitu Find X5 Pro sejauh saya gunakan cukup memuaskan daya tahan baterainya.

Untuk penggunaan sehari-hari saya di luar bermain game, handphone ini bisa saya gunakan seharian penuh dan baru perlu diisi ulang daya baterainya di malam hari sebelum tidur. Saya biasanya mendapatkan screen on time sekitar 4,5 jam dari level baterai 100% ke 10% dengan refresh rate disetel di mode dynamic 120Hz.

Dalam pengujian ketahanan daya baterai menggunakan aplikasi PC Mark pada setelan kecerahan layar 50%, dynamic refresh rate 120Hz, dan baterai 100% skor yang dihasilkan adalah 13 jam 12 menit. Tes yang sama namun di refresh rate 60Hz hasilnya hanya sedikit lebih baik yaitu 13 jam 20 menit.

Find X5 Pro sendiri menggunakan baterai ganda yang masing-masing berkapasitas 2.500mAh yang mendukung pengisian daya baterai 80W SUPERVOOC dan secara nirkabel dengan teknologi 50W AIRVOOC.

Sayangnya saya tidak dapat mengetes pengisian daya cepat nirkabel secara penuh namun saya bisa bilang pengisian daya via kabel dengan charger bawaan yang disediakan itu sangat cepat. Hanya perlu waktu 44 menit untuk mengisi daya baterai dari level 10% ke 100%.

Teknologi pengisian daya cepat ini adalah salah satu yang saya sukai dari handphone flagship keluaran OPPO dan ditambah lagi masih disediakan charger bawaan yang mendukung 80W Supervooc. Masih adanya charger bawaan ini adalah angin segar di tengah tren produsen handphone yang mulai tidak menyertakan charger.

Kesimpulan

OPPO Find X5 Pro

Find X5 Pro bisa dibilang adalah handphone terbaik dari OPPO yang ada saat ini dan dapat dengan mudah bersaing dengan handphone flagship yang ada. Kameranya mampu menghasilkan foto dan video yang berkualitas, layarnya memiliki tampilan yang memukau, dan baterainya dapat diisi dengan sangat cepat.

Sistem operasi Color OS 12.1 yang digunakan pun antarmukanya terlihat menarik dan mulus digunakan. Saya terutama sangat menyukai animasi-animasi yang ditampilkan oleh Color OS ini. Selain itu tersedia beragam fitur menarik yang dapat digunakan.

Satu hal yang masih agak mengganjal untuk saya adalah saya masih belum terbiasa melihat desain kamera belakangnya. Namun bagusnya ini membuat desain Find X5 Pro terlihat unik.

Harga dan Spesifikasi OPPO Find X5 Pro

Dimensi & Berat73,9 x 163,7 x 8,5 mm, 218g
WarnaGlass Black, Cermaic White
LayarLTPO AMOLED 6,7″
1440 x 3216 piksel, refresh rate hingga 120Hz
Sistem OperasiAndroid 12 (ColorOS 12.1)
MemoriRAM LPPDR5 12GB dengan penyimpanan internal 256GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 1, Adreno 730
MariSilicon X Imaging NPU
Kamera Belakang50MP wide-angle, f/1.7
50MP ulrawide-angle, f/2.2, 110°
13MP telephoto, f/2.4, pembesaran optik 2x
Kamera Depan32MP, f/2.4, 90°
Baterai5.000mAh, 80W SuperVOOC, 50W AIRVOOC
Jaringan4G, 5G (SA/NSA)
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth v5.2
KonektorUSB Type-C
SensorSensor geomagnetik, sensor jarak, sensor cahaya ambien, sensor temperatur warna, akselerometer, sensor gravitasi, sensor Multi-Spectral, giroskop, pedometer
GPSGPS, A-GPS, BeiDou, GLONASS, Galileo, QZSS
SpeakerSpeaker stereo
FiturIP68
Harga€1299 atau sekitar 19 jutaan rupiah

Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar