Tips dan Trik Handphone

Ini Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di Handphone OPPO yang Rahasia

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang OPPO Header

Gadgetren – Hampir sama dengan handphone Android lainnya, perangkat OPPO yang menggunakan ColorOS pun sudah dilengkapi dengan fitur yang bernama Developer options.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, Opsi Pengembang atau Developer Options sengaja disembunyikan agar tidak sembarang orang dapat membukanya.

Hal ini dikarenakan di dalam Opsi Pengembang ada beragam fitur dan menu tingkat lanjut yang berkaitan dengan sistem handphone Android. Opsi Pengembang sesuai namanya memang lebih diperuntukkan untuk para pengembang aplikasi untuk menguji dan memastikan fitur yang dimiliki berjalan sebagaimana harusnya.

Walaupun begitu, siapa pun bisa mengaksesnya dengan catatan untuk tidak mengubah pengaturan yang tidak kamu ketahui untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan. Kamu yang ingin mengaktifkan Opsi Pengembang di handphone OPPO bisa mengikuti langkah berikut.

Cara Aktifkan Opsi Pengembang di handphone OPPO

  • Buka aplikasi Settings di handphone OPPO
  • Pilih menu About device
  • Pilih opsi Version
  • Lalu tekan 7 kali pada bagian Build number
  • Nantinya akan muncul notifikasi You are now in Developer mode!
    OPPO - Opsi Pengembang - 1
  • Kembali ke halaman utama Settings
  • Pilih menu System settings atau Additional settings tergantung versi dari ColorOS
  • Masuk ke menu Developer options
  • Kamu akan melihat menu yang biasanya tidak ditemukan
    OPPO - Opsi Pengembang - 2

Pada halaman Developer Options terdapat beragam fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan aplikasi atau sekadar menguji kemampuan dari sistem yang dimiliki oleh handphone OPPO.

Misalnya dengan mengaktifkan fitur Show refresh rate, sistem akan menampilkan akanĀ  angka refresh rate pada bagian kiri atas layar. Pada saat handphone OPPO dikunci ke refresh rate 90Hz, maka secara otomatis angka 90 akan tampil di layar.

Pada fitur Background process limit, kamu pun bisa membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang handphone OPPO sesuai kebutuhan hingga empat sekaligus, tidak ada yang berjalan di latar belakang, atau batasnya disesuaikan dengan standar.

Sementara pada fitur Select USB Configuration, kamu dapat mengatur secara bawaan mengenai perintah yang akan dilakukan terhadap sistem handphone OPPO ketika terhubung dengan laptop atau PC melalui kabel seperti Charging, MTP (Media Transfer Protocol), PTP (Picture Transfer Protocol), RNDIS (USB Ethernet), atau MIDI.

Dengan banyak fitur yang tersedia, kamu harus berhati-hati dalam mengubah pengaturan yang ada karena apabila salah malah akan menyebabkan handphone OPPO menjadi error.

Tinggalkan Komentar