ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Cara Menggunakan WhatsApp Reaction Biar Percakan Lebih Tertata

Cara Menggunakan WhatsApp Reaction - Header

Gadgetren – Kita kini dapat menanggapi percakapan pribadi maupun grup di WhatsApp dengan sebuah emoji tanpa perlu membanjiri obrolan menggunakan pesan baru karena terdapat dukungan bernama Reaction.

Fitur yang baru mulai digelontorkan oleh WhatsApp ini soalnya memungkinkan kita membubuhkan emoji secara langsung pada sebuah pesan di dalam percakapan pribadi maupun grup selayaknya tanda suka (like) di unggahan media sosial seperti Facebook.

Selain dapat merapikan percakapan karena pesan yang hanya berisi emoji saja bakal menjadi lebih sedikit, fitur WhatsApp Reaction juga akan mempermudah seseorang menanggapi sebuah informasi hingga guyonan dengan lebih tepat sasaran.

Kita yang sudah akrab dengan Facebook Messenger maupun fitur Direct Message Instagram apalagi tak perlu banyak belajar karena cara menggunakan WhatsApp Reaction hampir sama dengan fitur serupa dari kedua layanan tersebut.

Adapun secara khusus bagi kamu yang belum tahu, kita pun dapat menambah, mengubah, maupun menghapus emoji dengan WhatsApp Reaction sebagaimana langkah-langkah berikut.

Cara Menggunakan WhatsApp Reaction

Membubuhkan Emoji Reaksi

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Masuk ke percakapan pribadi atau grub yang diinginkan
  3. Tekan dan tahan pada pesan yang mau ditanggapi dengan emoji
  4. Pilih emoji yang ingin dibubuhkan

Sama seperti fitur serupa di Facebook Messenger maupun fitur Direct Message Instagram, kita sayangnya hanya dapat membubuhkan satu emoji saja untuk setiap pesan. Jadi kita cuma bisa memberikan tanggapan lain dengan mengubahnya jika diperlukan.

Mengubah Emoji Reaksi

  1. Cari pesan yang sudah ditanggapi dengan emoji
  2. Tekan pesan tersebut selama beberapa saat
  3. Ketuk pada emoji lain untuk mengubahnya

Setiap emoji WhatsApp Reaction yang dibubuhkan pada sebuah pesan akan selalu ditampilkan lengkap dengan informasi mengenai jumlahnya selama masih tersedia. Hingga sekarang soalnya belum ada opsi khusus yang bisa dipakai untuk menyembunyikan hal itu.

Cara Menggunakan WhatsApp Reaction - 1

Saat ingin menyembunyikan emoji-emoji tersebut dari percakapan, kita oleh karena itu perlu menghapusnya secara langsung. Kita dalam hal ini bisa melakukan delete pesan terkait jika kita sebagai pengirimnya atau WhatsApp Reaction itu sendiri apabila hanya sekadar membubuhkannya.

Menghapus Emoji Reaksi

  1. Buka kembali percakapan yang dimaksud
  2. Temukan pesan dengan emoji WhatsApp Reaction yang mau dihapus
  3. Ketuk dan tahan pesan tersebut
  4. Ketuk emoji yang sebelumnya dibubuhkan

Kita menariknya tak perlu sungkan-sungkan untuk menghapus emoji WhatsApp Reaction jika memang diperlukan. Hal itu dikarenakan layanan WhatsApp tidak akan mengirimkan notifikasi ke pengirim pesan saat melakukannya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar