Review Headphone

Review Olike Hero T9 Wireless Earphone – Melebihi Ekspektasi Harganya

Review Olike Hero T9 Wireless Headphone Header

Gadgetren – Olike kembali menghadirkan produk dengan harga terjangkau yang kali ini merupakan wireless earphone bernama Hero T9.

Dengan mulai bermunculan handphone yang tidak lagi menawarkan port 3,5mm audio jack, menggunakan perangkat audio nirkabel bisa menjadi solusinya.

Apalagi kamu juga akan mendapat benefit tidak lagi perlu ribet dengan kabel kusut atau lainnya. Oleh karena itu Olike Hero T9 mungkin bisa menjadi menjadi pilihan bagi kamu yang ingin coba merasakan pengalaman audio nirkabel.

Review Olike Hero T9 Wireless Earphone
  • Audio - 9/10
    9/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.5/10

Kesimpulan

Olike Hero T9 Wireless Earphone berhasil memberikan pengalaman audio yang melebihi ekspektasi lewat kualitas audio yang seimbang di samping punya harga yang relatif terjangkau dan desain nyaman.

Pros

  • Earbuds nyaman dikenakan
  • Profil suara cukup seimbang
  • Baterai tahan lama
  • Pairing mudah

Cons

  • Tidak ada kustomisasi di aplikasi
  • Material glossy licin

Layaknya kebanyakan perangkat TWS (True Wireless Stereo) masa kini, Olike Hero T9 hadir dengan desain yang portabel dan minimalis. Warna Midnight Blue yang membaluti casing dan earbuds membuatnya terlihat cukup premium.

Hanya saja permukaannya menggunakan tekstur glossy yang mana tentu akan mudah terlihat baret maupun kotoran. Namun warna biru gelap yang Olike berikan seharusnya membuat hal tersebut sedikit lebih sulit terlihat jika terjadi.

Olike Hero T9 Wireless Headphone (2)

Kualitas bahannya menurut saya sudah cukup kokoh dan tidak terasa murahan. Selain logo Olike yang terpampang di bagian depan, terdapat juga lampu LED untuk indikator daya di atasnya serta port USB-C di bagian bawah untuk mengisi daya

Casing Olike Hero T9 berbentuk lonjong pipih yang mana tidak akan terlalu menonjol saat disimpan di saku celana. Satu hal yang sedikit mengusik saya, penempatan earbuds sedikit kurang intuitif akibat posisi tangkainya yang berada di sisi luar sehingga sering membuat saya terasa canggung ketika memasukkan atau mengeluarkan earbuds dari casing.

Untuk earbuds dari Olike Hero T9, bagian rumah driver mengingatkan saya dengan desain yang dimiliki oleh Apple AirPods. Ini merupakan hal yang ideal untuk pengguna seperti saya yang lebih suka desain seperti ini ketimbang in-ear yang masuk ke lubang telinga.

Olike Hero T9 Wireless Headphone (3)

Memang isolasi suara juga menjadi kurang maksimal karena gangguan dari luar seperti suara kendaraan atau orang berbicara bakal tetap terdengar. Namun ini tentunya kembali lagi ke preferensi masing-masing pengguna lebih menyukai desain seperti apa.

Sementara tangkainya lebih cenderung membulat yang memanjang ke bawah. Terdapat dukungan perintah sentuh di bagian atas kedua earbuds yang diindikasikan dengan warna permukaan yang sedikit lebih biru. Hanya saja memang tidak terlihat ada sensor proximity sehingga lagu tidak akan berhenti otomatis ketika earbuds dilepas.

Namun dengan adanya dukungan perintah sentuh, hal tersebut bukan lah isu besar. Saya pun bisa langsung memutar atau menghentikan musik dengan hanya sekali ketuk, mengatur volume dengan mengetuk tiga kali di salah satu earbuds, hingga melompati daftar lagu dengan mengetuk dua kali. Olike Hero T9 juga dapat memanggil asisten suara seperti Google atau Siri dengan menekan lama earbuds.

Olike Hero T9 Wireless Headphone (5)

Secara keseluruhan saya cukup nyaman menggunakan Olike Hero T9, bahkan bobotnya yang ringan membuat hampir tidak terasa saat dikenakan. Proses pairing juga sangat mudah karena langsung terdeteksi oleh handphone ketika casing dibuka untuk pertama kali. Dengan begitu saya dapat mendengarkan musik dalam waktu lama tanpa masalah. Lalu bagaimana dengan kualitas audionya?

Mengandalkan koneksi Bluetooth 5.3, Olike Hero T9 menghasilkan suara yang cukup mengejutkan saya mengingat harga hanya Rp200 ribuan saja. Profil suara yang diberikan memang cenderung punya bass yang lebih nendang, namun saya masih bisa mendengar low, mid, maupun high dengan sangat baik bahkan pada tingkat volume tinggi sekalipun.

Begitu juga dengan vokal yang dapat terdengar cukup jernih. Selama menggunakan Olike Hero T9, saya tidak pernah merasa ada instrumen yang saling mengalahkan instrumen lain. Alhasil saya mendapatkan pengalaman mendengarkan musik yang nikmat dan memuaskan.

Olike Hero T9 Wireless Headphone (7)

Profil suara yang ditawarkan pastinya bakal cocok untuk mendengarkan segala jenis genre baik itu EDM, instrumental, pop, hingga lofi. Saat kebanyakan TWS di rentang harga ini memberikan bass berlebihan, Olike Hero T9 justru menyajikan profil suara yang lebih seimbang.

Latensi yang dimilikinya pun tidak akan terlalu mengganggu pengalaman bermain game maupun nonton video. Oleh karena itu, Olike Hero T9 bakal bisa diandalkan untuk menikmati konten hiburan yang diinginkan.

Soal daya tahan baterainya sendiri, Olike Hero T9 dapat saya gunakan untuk mendengarkan musik hingga kurang lebih selama 5 jam dengan tingkat volume 70% hingga baterai benar-benar habis. Angka yang cukup menjanjikan untuk sekali pengisian daya karena setidaknya bisa melewati sekali perjalanan ke kantor atau kampus.

Olike Hero T9 Wireless Headphone (6)

Padahal pihak Olike sendiri dalam boks penjualannya mengklaim perangkat audio nirkabel ini dapat digunakan hingga 4 jam untuk mendengarkan musik atau 3,5 jam untuk telepon. Sementara itu, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai 300mAh yang dimiliki oleh casing akan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Secara keseluruhan, Olike Hero T9 terlihat sangat menarik di kelas harganya berkat profil audio yang cukup baik untuk mendengarkan segala jenis musik serta daya tahan baterai yang tergolong lama. Hanya saja memang segi desain mungkin akan kurang sesuai dengan preferensi sebagian orang.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar