Review Laptop / PC

Review WD_BLACK SN770 NVMe SSD – Super Cepat Untuk Gaming

Review WD_BLACK SN770 NVMe SSD Header

Gadgetren – Western Digital sebagai salah satu produsen solusi penyimpanan ternama telah menghadirkan WD_BLACK SN770 NVMe SSD yang memiliki performa sangat cepat.

Di era sekarang ini, rasanya menggunakan SSD sudah menjadi suatu kewajiban setidaknya untuk tempat sistem operasi berada. Kemampuan transfer data yang sangat cepat bakal membuat segala hal menjadi terasa semakin instan.

Namun jika kamu ingi merasakan kecepatan tingkat selanjutnya dari SSD biasa, maka WD_BLACK SN770 NVMe SSD mungkin bisa menjadi pilihan. Penasaran seperti apa kemampuannya? Berikut ulasannya dari tim Gadgetren.

Review WD_BLACK SN770 NVMe SSD
  • Performa - 9/10
    9/10
9/10

Kesimpulan

WD_BLACK SN770 NVMe SSD merupakan solusi penyimpanan yang punya kemampuan baca dan tulis sangat dengan harga kompetitif.

Pros

  • Performa sangat cepat
  • Garansi hingga 5 tahun
  • Harga kompetitif
  • Ukuran ramping

Cons

  • Butuh slot M.2 PCIe Gen4

Dari tampilan luar, memang terlihat tidak ada yang terlalu istimewa dari WD_BLACK SN770 selain kombinasi warna yang sudah sangat menjadi ciri khas seri Black dari Western Digital. Dapat terlihat NAND flash berukuran besar dan controller memenuhi bagian depannya.

Tidak ada heatsink menemaninya sehingga ukurannya pun menjadi sangat ramping dan bisa memanfaatkan pelindung dari motherboard jika ada. Form factor yang dibawanya pun merupakan M.2 2280 yang mana sudah mendukung PCIe Gen4 x4 untuk memberikan kecepatan sangat tinggi.

WD_BLACK SN770 NVMe SSD (2)

Dalam halaman spesifikasi resminya, WD_BLACK SN770 masih kompatibel dengan PCIe Gen3, namun tentunya ada resiko kecepatan tidak semaksimal. Jadi ada baiknya memang hanya memasangkan SSD NVMe ini pada platform yang sudah mempunyai slot PCIe Gen4.

Untuk varian yang saya uji ini merupakan WD_BLACK SN770 berkapasitas 1TB yang dalam kemasannya diklaim dapat memberikan kemampuan Baca hingga 5.150 MB/s. Solusi penyimpanan ini pun ditujukan untuk kebutuhan gaming dan memiliki garansi selama 5 tahun.

WD_BLACK SN770 NVMe SSD (1)

Tanpa berlama-lama, saya pun langsung memasangkan WD_BLACK SN770 ke komputer personal saya yang memiliki konfigurasi motherboard MSI B550 Gaming Edge dengan CPU Ryzen 5 3600 pada sistem operasi Windows 10.

Sebagai pembuka saya mengujinya menggunakan Crystal Disk Mark v8.0 dengan ukuran data 1GB untuk mengetahui kemampuan sekuensial dari solusi penyimpanan ini. Hasilnya, WD_BLACK SN770 mampu menembus angka 5.205,09 MB/s untuk Baca dan 4.899,14 MB/s untuk Tulis dengan kapasitas sudah terisi 15% yang mana sedikit melebihi klaim dari Western Digital.

WD_BLACK SN770 NVMe SSD Crystal Disk Mark

Angka tersebut pun jauh di atas penyimpanan HDD konvensional yang rata-rata 100-200 MB/s atau SSD SATA yang berada di kisaran 500-700 MB/s. Ini berarti WD_BLACK SN770 lebih cepat hingga 50x lipat dibandingkan HDD atau 10x lipat dibandingkan SSD SATA.

Selanjutnya saya pun coba menjalankan game Final Fantasy XV yang cukup membutuhkan waktu loading lama di HDD WD Blue yang mana merupakan tempat saya menyimpan game berukuran besar. WD Blue sendiri memang masih sering menjadi pilihan untuk solusi penyimpanan HDD.

Saat biasanya saya harus menunggu sekitar 1 menit 48 detik atau sekitar 108 detik, kini dengan WD_BLACK SN770 saya hanya perlu menunggu 29 detik saja. Bisa dikatakan WD_BLACK SN770 dan HDD WD Blue terpaut 1 menit 19 detik untuk memuat Final Fantasy XV.

WD_BLACK SN770 NVMe SSD Game Load

Perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan antara HDD dengan WD_BLACK SN770 dalam hal memuat game dalam skenario load game. Saya pun kini akhirnya tidak bisa lagi pergi ke toilet atau mengambil minum dulu saat menunggu loading screen sebelum memulai sesi permainan karena Final Fantasy XV sudah selesai dimuat ketika saya baru beranjak dari tempat duduk.

Kecepatannya yang sangat tinggi juga akan sangat membantu ketika harus install game Steam dari backup. Biasanya proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama terutama untuk game-game berukuran besar.

Saya pun kembali menggunakan Final Fantasy XV sebagai acuannya yang mana memiliki ukuran sekitar 107GB. Sudah cukup mewakilkan game AAA masa kini yang kebanyakan kerap kali memang memakan penyimpanan lebih dari 50GB.

WD_BLACK SN770 NVMe SSD Game Install

Untuk skenario yang satu ini, WD_BLACK SN770 berhasil install Final Fantasy XV dari backup Steam dalam waktu 18 menit. Sangat jauh lebih cepat dibandingkan HDD WD Blue yang membutuhkan waktu hingga 52 menit. Hampir tiga kali lipat lebih cepat untuk install game yang sama sehingga kecepatan WD_BLACK SN770 memang tidak perlu diragukan lagi.

Ini tentunya akan sangat membantu sekali bagi yang sering bongkar muat game karena tidak perlu menunggu terlalu lama agar game dapat kembali terpasang dan siap dimainkan. Namun mungkin hal tersebut tidak akan terlalu dibutuhkan mengingat WD_BLACK SN770 sudah menyediakan opsi penyimpanan yang cukup besar mencapai 2TB jika diinginkan.

WD_BLACK SN770 NVMe SSD Suhu

Selain itu WD_BLACK SN770 pun memiliki suhu yang tergolong cukup adem. Dalam keadaan idle, saya biasanya mendapatkan suhu sekitar 35-45 °C sementara saat full load bisa mencapai 66 °C ketika harus bekerja keras seperti saat melakukan benchmark.

Setelah melihat seluruh kemampuan yang dimilikinya, WD_BLACK SN770 akan sangat cocok bagi siapapun khususnya gamer yang ingin mendapatkan performa maksimal tanpa ada satu komponen yang menghalangi.

WD_BLACK SN770 NVMe SSD (5)

Kombinasi kapasitas besar serta kecepatan yang tinggi membuat WD_BLACK SN770 NVMe SSD memang pas untuk digunakan sebagai tempat game tersimpan. Namun tentunya juga bisa digunakan untuk sistem operasi agar aktivitas selalu berjalan mulus.

Dengan garansi hingga 5 tahun serta harga cukup kompetitif (Rp2,5 jutaan untuk varian 1TB), WD_BLACK SN770 NVMe SSD pun semakin terlihat menarik untuk dipertimbangkan.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar