Review Laptop / PC

Review WD_BLACK SN850X NVMe SSD – Super Ngebut, Kapasitas Besar

Review WD_BLACK SN850X NVMe SSD Header

Gadgetren – Western Digital sebagai veteran di segmen solusi penyimpanan komputer telah menghadirkan NVMe SSD baru berupa WD_BLACK SN850X.

Sebagai salah satu produk dari seri WD_BLACK, tentunya kecepatan transfer data yang tinggi menjadi fokus utama dari penyimpanan ini.

Khususnya bagi para game yang menginginkan pengalaman terbaik saat bermain mulai waktu loading sangat cepat hingga mengurangi isu pop-in dalam game yang mengganggu. Penasaran seperti apa kemampuan WD_BLACK SN850X? Berikut ulasannya dari tim Gadgetren.

Review WD_BLACK SN850X NVMe SSD
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Software - 9/10
    9/10
9.5/10

Kesimpulan

WD_BLACK SN850X NVMe SSD sudah mendukung PCIe Gen4 sehingga mampu memberikan kemampuan transfer tinggi untuk memastikan game berjalan tanpa gangguan.

Pros

  • Sudah PCIe Gen4
  • Kecepatan baca dan tulis tinggi
  • Bisa untuk PlayStation 5
  • Tersedia opsi dengan heatsink
  • Dashboard cukup berguna

Cons

  • Butuh slot M.2 PCIe Gen4 untuk maksimal
  • Gaming Mode 2.0 kurang terasa bedanya

WD_BLACK SN850X merupakan solusi penyimpanan berbentuk NVMe SSD yang mana punya dimensi sangat ramping. Membawa form factor M.2 2280, WD_BLACK SN850X hadir dengan ukuran yang terbilang umum dengan panjang 80 mm dan lebar 22 mm.

Dengan begitu WD_BLACK SN850X seharusnya punya kompabilitas yang cukup luas, bahkan diklaim bisa juga dipasang pada konsol PlayStation 5. Solusi penyimpanan ini sudah mendukung PCIe Gen4 untuk kinerja terbaik, namun bisa juga dipasangkan ke PCIe Gen3 dengan kecepatan yang lebih terbatas tentunya.

WD-BLACK SN850X NVMe SSD (1)

WD_BLACK SN850X tersedia dalam berbagai varian kapasitas meliputi 1TB, 2TB, dan 4TB. Selain itu, tersedia juga model tanpa heatsink serta tambahan heatsink yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun jika ingin digunakan pada PlayStation 5, maka harus disertai heatsink untuk mencegah suhu berlebih.

Untuk WD_BLACK SN850X yang tim Gadgetren uji kali ini merupakan varian 2TB tanpa heatsink sehingga lebih cocok untuk digunakan pada komputer desktop atau laptop karena memiliki aliran udara lebih optimal.

Hadirnya kapasitas yang terbilang cukup besar ini tentu akan sangat membantu karena tidak sedikit game masa kini yang membutuhkan ruang lebih dari 100GB. Ditambah lagi kapasitas yang besar dapat mengurangi potensi untuk menghapus game-game kesukaan.

WD-BLACK SN850X NVMe SSD (2)

Namun jika memang kamu salah satu pengguna yang rutin install dan uninstall game, maka tidak perlu khawatir karena WD_BLACK SN850X punya kemampuan transfer tinggi yang mana dapat membuat proses tersebut berlangsung sangat cepat.

Pasalnya penyimpanan NVMe SSD yang mengandalkan koneksi PCIe Gen4 ini diklaim mampu menghadirkan kecepatan sekuensial hingga 7.300 MB/s untuk Baca dan hingga 6.300 MB/s untuk Tulis. Angka tersebut tergolong tinggi untuk sebuah SSD kelas konsumen, apalagi jika dibandingkan dengan HDD. Ditambah lagi WD_BLACK SN850X diklaim memiliki ketahanan hingga 600 TBW.

WD-BLACK SN850X NVMe SSD Info

Sebagai perbandingan untuk kecepatan Baca sekuensial, HDD WD Blue 5200 RPM pada umumnya hingga 150 MB/s saja sementara untuk SSD WD Blue SATA III hingga 560 MB/s pada skenario terbaik. Maka dari itu WD_BLACK SN850X bisa dikatakan lebih cepat sekitar 15 kali lipat dari SSD SATA III atau bahkan 50x lipat dibandingkan HDD.

Untuk memastikan apakah kemampuan WD_BLACK SN850X memang benar secepat itu atau tidak, saya pun mengujinya menggunakan CrystalDiskMark 8.0.4. Hasilnya penyimpanan NVMe SSD ini mampu memberikan kecepatan Baca hingga 7256,34 MB/s dan Tulis hingga 6661,33 MB/s.

WD-BLACK SN850X NVMe SSD CrystalDiskMark

Angka yang kurang lebih sesuai dengan yang tertulis dalam box penjualannya. Bahkan untuk kemampuan Tulis justru lebih tinggi yang mana cukup mengejutkan karena biasanya malah lebih rendah dari angka yang diklaim. Pastinya untuk memindahkan data, kemampuan dari WD_BLACK SN850X sudah tidak perlu diragukan lagi.

Saya pun coba memindahkan sebuah file archive berukuran 14GB. Alhasil hanya membutuhkan waktu sekitar 40 detik saja dengan kecepatan transfer 470 MB/s yang mana merupakan kecepatan maksimal dari SSD yang saya miliki.

Sementara itu, saya pun coba menduplikasi file tersebut untuk melihat kemampuan maksimalnya. Pada pengujian tersebut, WD_BLACK SN850X hanya membutuhkan waktu 15 detik saja dengan kecepatan mencapai 1,22 GB/s.

WD-BLACK SN850X NVMe SSD Transfer

Ditujukan untuk para gamer, tentu sudah seharusnya menguji WD_BLACK SN850X secara nyata lewat satu game. Beberapa judul yang saya gunakan meliputi Grand Theft Auto 5, Shadow of the Tomb Raider, dan Final Fantasy XV yang mana cukup populer dengan ukuran game yang tidak kecil.

Untuk pengujian ini parameter yang digunakan dengan menghitung waktu memuat game dari menekan tombol Play di Steam hingga bisa menggerakkan karakter. Hasilnya saya hanya perlu menunggu sekitar 24 detik untuk Shadow of the Tomb Raider 5, 31 detik untuk Grand Theft Auto 5, dan 27 detik untuk Final Fantasy XV.

WD-BLACK SN850X NVMe SSD Load Game

Waktu yang terbilang sangat singkat dibandingkan dengan HDD WD Blue 5200RPM yang saya gunakan untuk install game-game yang ingin dimainkan. Tentunya ini akan semakin membantu terutama ketika sering harus melakukan load game yang mana dapat memangkas waktu lebih banyak lagi sehingga dapat lebih fokus bermain.

Selanjutnya menggunakan game yang sama, saya kembali menguji WD_BLACK SN850X untuk skenario memulihkan game Steam dari bentuk backup. Secara tidak mengejutkan, WD_BLACK SN850X berhasil memasang deretan game tersebut jauh lebih cepat.

WD-BLACK SN850X NVMe SSD Install Game

Final Fantasy XV dan Grand Theft Auto 5 masing-masing yang memiliki ukuran lebih dari 100GB hanya membutuhkan waktu sekitar 18 menit dan 4 menit secara berurutan. Sementara untuk Shadow of the Tomb Raider yang berukuran lebih kecil sekitar 30 GB menariknya hanya memakan waktu 2 menit saja.

Walaupun memiliki performa yang sangat tinggi, menariknya suhu dari WD_BLACK SN850X terbilang cukup normal dengan maksimum mencapai 60C dan rata-rata di kisaran 48C. Sebagai catatan, WD_BLACK SN850X terpasang dengan solusi pendingin dari bawaan motherboard berupa thermal pad dan heatsink.

WD-BLACK SN850X NVMe SSD Dashboard

Sebagai produk dari Western Digital lainnya, tersedia pula Dashboard yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi yang secara umum mulai dari kapasitas terpakai hingga kesehatan. Dashboard sangat mudah untuk dinagivasikan dan tersedia beberapa fitur bermanfaat yang bisa digunakan.

Menariknya, Dashboard juga menyediakan fitur Gaming Mode 2.0 yang diklaim dapat semakin meningkatkan kinerjanya. Namun saya kurang merasakan fitur Gaming Mode 2.0 benar-benar membawa suatu perbedaan saat aktif atau tidak.

Secara keseluruhan WD_BLACK SN850X merupakan solusi penyimpanan NVMe SSD yang sangat bisa diandalkan karena mampu melakukan berbagai aktivitas dengan sangat cepat. Tidak hanya sekadar memindahkan data saja, proses memuat dan install game pun berlangsung lebih singkat.

Dikombinasikan dengan kapasitasnya cukup besar ditemani harga menarik, WD_BLACK SN850X rasanya patut dilirik bagi kamu yang menginginkan kinerja terbaik agar pengalaman bermain game tidak terkendala sama sekali.

Tinggalkan Komentar