ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Cara Cek Garansi Perangkat Xiaomi Lewat IMEI Agar Tahu Resmi Atau Tidak

Xiaomi 11T

Gadgetren – Meskipun sudah ada himbauan oleh pihak Xiaomi, namun kamu harus tetap waspada dalam membeli handphone merek ini karena masih ada juga oknum yang menjual barang tidak resmi di e-commerce.

Apabila kamu membeli handphone Xiaomi dari seseorang atau bukan toko resmi, ada baiknya kamu mengecek garansinya terlebih dulu untuk mengetahui apakah perangkat tersebut merupakan produk resmi yang dijual di Indonesia atau tidak.

Sebaiknya pada saat kamu melakukan transaksi, maka sebaiknya menanyakan atau melihat terlebih dulu nomor IMEI dari produk Xiaomi yang akan dibeli untuk kemudian dilakukan pengecekan garansi.

Cara Mengecek Garansi Perangkat Xiaomi

  1. Catat nomor IMEI dari perangkat Xiaomi
  2. Bukan situs Cek Garansi Xiaomi
  3. Pada halaman utama, masukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia
  4. Tekan tombol Langkah Selanjutnya
  5. Informasi garansi mengenai handphone akan muncul

Cek Garansi Xiaomi

Nantinya jika notifikasi yang muncul berbahasa Indonesia, berarti perangkat tersebut memiliki garansi resmi Xiaomi Indonesia. Sementara pada saat notifikasi bahasa Tiongkok yang muncul, maka produk merupakan barang impor dari luar negeri.

Pada halaman tersebut juga akan muncul informasi berupa nama seri perangkat, RAM, ROM, negara pembelian, waktu produksi, dan waktu aktivasi. Pada masa garansi perangkatmu telah habis, maka akan muncul keterangan bahwa HP ini gak bisa mendapatkan garansi tambahan.

Untuk garansi resmi, kamu nantinya dapat mengklaim ke service center Xiaomi terdekat apabila terjadi masalah dari handphone atau tablet yang kamu miliki. Terkadang beberapa service center akan meminta buku garansi dan bukti pembelian untuk mengklaim garansi. Untuk itu sebaiknya kamu dapat menyiapkan kedua berkas tersebut agar prosesnya menjadi lebih lancar.

Biasanya perbaikan dan pergantian spare part bisa menjadi gratis apabila memenuhi syarat dan kerusakannya bukan dari kelalaian pribadi selama masa garansi masih aktif. Sementara jika masa garansi sudah habis, sebenarnya masih bisa memperbaiki di service center resmi. Hanya saja, kamu harus mengeluarkan biaya sendiri untuk perbaikan dan spare part apabila dibutuhkan pergantian.

Cara Mengetahui IMEI

Selain melihat dari boks penjualan, kamu juga dapat mengecek IMEI melalui menu About di halaman Settings. Untuk alternatif lainnya dapat menggunakan kode *#06# yang dapat dimasukkan pada aplikasi Phone atau Telepon.

Menurut saya sendiri, sebaiknya kamu membeli perangkat Xiaomi langsung dari Authorized Store Xiaomi agar lebih aman. Sementara untuk channel online bisa melalui situs resmi mi.co.id atau Xiaomi Official Store yang berada di e-commerce.

Kamu juga bisa langsung menanyakan kepada petugas di Authorized Store Xiaomi apabila ingin mengecek keresmian garansi dan masa aktif. Biasanya petugas akan melihat nomor IMEI dari perangkat Xiaomi kamu dan langsung dicek lewat sistem agar memberikan informasi secara pasti.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar