Tips dan Trik

Cara Memblokir Panggilan, Pesan, dan Kontak yang Tak Diinginkan di HP OPPO

Cara Blokir Kontak OPPO Header

Gadgetren – Kita kadang kala memang perlu memblokir nomor-nomor telepon yang mengganggu agar tidak lagi menelepon atau mengirim pesan yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Berbagai macam ponsel pintar untungnya masih dilengkapi dengan fitur keamanan khusus yang bisa digunakan untuk memblokir nomor, termasuk di antaranya adalah ponsel-ponsel buatan perusahaan OPPO.

Melalui antarmuka sistem khusus buatannya, ColorOS, OPPO membekali setiap perangkat miliknya dengan fitur pemblokiran panggilan maupun pesan. Fitur ini bisa digunakan untuk memblokir siapa saja yang bermaksud mengganggu seperti nomor yang tidak diketahui atau nomor yang disembunyikan.

Cara Blokir Kontak OPPO - Pengaturan

Untuk menggunakan fitur dari ColorOS ini, kamu bisa mengaturnya melalui Pengaturan > Keamanan > Anti-Gangguan lalu masuk ke menu Blokir Panggilan atau Blokir Pesan sesuai dengan apa yang ingin diatur.

Selanjutnya di menu Blokir Panggilan, kamu bisa mengaktifkan beberapa menu pemblokiran seperti pemblokiran untuk semua panggilan masuk, pemblokiran untuk panggilan tidak dikenal, atau pemblokiran untuk nomor yang disembunyikan.

Sementara di menu Blokir Pesan, kamu bisa menambahkan kata kunci sebagai filter kotak masuk atau mengaktifkan pemblokiran untuk semua pesan yang berasal dari nomor-nomor tidak dikenal.

Sayangnya, nomor yang suka mengganggu kadang-kadang tidak hanya berasal dari nomor yang tidak dikenal. Beberapa nomor yang tersimpan di dalam kontak pun ikut mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon yang bisa cukup merisaukan.

Kasus seperti ini untungnya pun tak dilupakan oleh OPPO. Perusahaan yang masih sedarah dengan vivo, realme, dan OnePlus ini juga membekali fitur yang bisa digunakan untuk memblokir nomor yang ada di dalam kontak.

Kamu hanya perlu memasukkan nomor tersebut ke dalam daftar hitam yang disediakan oleh ponsel. Bagi yang belum tahu, kamu bisa memasukkan nomor ke daftar hitam secara langsung dari daftar kontak.

Cara Blokir Kontak OPPO - Daftar Hitam

Buka Kontak di ponsel, lalu cari nomor orang yang akan diblokir. Jika sudah ketemu, pilih nomor tersebut kemudian pilih Tambah Ke Daftar Hitam dan konfirmasi dengan opsi yang sesuai.

Setelah masuk ke daftar hitam, nomor tersebut tidak akan bisa mengirim pesan atau menelepon kita. Oleh karenanya, kamu perlu menghapusnya dari daftar hitam jika ingin mengembalikan nomor tersebut seperti semula.

Untuk hal ini, kamu bisa melakukan cara yang tak jauh berbeda dengan saat akan menambahkan kontak ke daftar hitam. Kamu hanya perlu membuka Kontak, cari nomor tersebut lalu memilihnya, kemudian mengetuk opsi Hapus Dari Daftar Hitam yang muncul.

Kamu bisa menggunakan beberapa langkah ini untuk berbagai macam perangkat buatan OPPO. Namun perlu saya ingatkan, langkah-langkah tersebut ditulis berdasarkan ColorOS 6 ke atas sehingga kamu perlu menyesuaikannya jika menggunakan versi yang lebih lawas.

Tinggalkan Komentar