Aplikasi Berita

Aplikasi DANA Hadirkan Empat Fitur Baru di Usia Empat Tahun, Apa Saja?

UI_UX-DANA-Terbaru-v.2.0-Feature

Gadgetren – Bertepatan dengan hari jadinya yang ke empat, dompet digital DANA dikabarkan tengah membawa empat fitur baru untuk melengkapi kebutuhan penggunanya bertransaksi non tunai.

Adapun empat fitur baru yang hadir di dalam aplikasi DANA antara lain DANA Pay, Rapor DANA, Pembayaran STNK via Signal, serta Kirim Uang dan Tarik Tunai di Alfamart. Fitur-fitur ini sudah bisa digunakan oleh pengguna bagi yang telah melakukan pembaruan di Google Play Store maupun Apple App Store.

Melalui DANA Pay, beragam transaksi pengguna bisa tetap berjalan selagi pengguna melakukan top-up untuk memenuhi saldo yang tidak mencukupi dan pembayaran akan terselesaikan secara otomatis. Untuk memudahkan pengguna, pembayaran juga bisa dilakukan dengan menggunakan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation).

Pihak DANA juga memastikan bahwa DANA Pay memiliki keamanan dengan tersedianya pilihan otentikasi pembayaran dan Daily Limit Card untuk membatasi jumlah penggunaan yang diinginkan setiap harinya.

Fitur lainnya ialah Rapor DANA yang akan menjadi acuan pengguna berupa laporan mengenai informasi tentang status keuangan, pemahaman keuangan pengguna, dan kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna.

Tujuan dari fitur ini ialah untuk meningkatkan literasi pengguna, membangun kebiasaan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan, hingga memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk menentukan langkah finansialnya.

Dengan begitu, memungkinkan pengguna mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi. Terlebih lagi, lewat fitur ini, pengguna juga akan terus mendapatkan pengetahuan mengenai pemahaman manajemen keuangan yang dibagikan secara gratis agar bisa menentukan langkah finansialnya ke depan.

Ilustrasi-Dompet-Digital-DANA

Untuk memudahkan pengguna melakukan pembayaran STNK, DANA kini telah terhubung dengan Samsat Digital Nasional (Signal). Fitur pembayaran STNK secara daring ini bisa ditemukan oleh pengguna di kategori Biller.

Setelah itu, pengguna hanya perlu memasukkan nomor tagihan dalam kolom yang disediakan lalu melakukan pembayaran menggunakan saldo DANA maupun kartu debit yang telah disimpan di aplikasi DANA.

Sekarang layanan pembayaran Samsat Digital Nasional dengan DANA sudah mencakup 15 provinsi di Indonesia meliputi Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Jawa Barat, NTB, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Riau, dan Sulawesi Barat.

DANA juga berkolaborasi dengan Alfamart di mana pengguna bisa mengirim uang kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank dan lewat aplikasi DANA uang tersebut bisa ditarik dan diterima di Alfamart.

Rangga Wiseno selaku Chief of Product DANA Indonesia mengatakan bahwa pembaruan yang pihaknya sebut Inov4si Untuk Negeri ini merupakan wujud terima kasih kami atas kepercayaan dari seluruh pengguna dan mitra kepada DANA.

“Hal ini menunjukkan bahwa teknologi dan keamanan DANA semakin dipercaya dan semakin inklusif,” ujarnya kepada tim Gadgetren. Sebagai tambahan informasi, selama empat tahun beroperasi, DANA telah bertumbuh baik dari segi jumlah pengguna yang kini sudah lebih dari 100 juta pengguna.

Transaksi DANA kini sudah mencapai rata-rata 8 juta per hari dengan didukung 5.000 online merchant, termasuk lebih dari 500.000 UMKM yang memanfaatkan DANA Bisnis.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar