Berita Tablet

Semakin Bertenaga! Tablet Apple iPad Air 5 Hadir dengan Chipset M1

Apple-iPad-Air-5-Header.

Gadgetren – Selain meluncurkan iPhone SE generasi ketiga, Apple dalam ajang teknologi tahunannya yang digelar dini malam hari tadi juga turut membawa iPad Air 5 atau iPad Air 2022.

Tablet baru ini akan bisa dipesan secara global melalui program pre order pada tanggal 11 Maret 2022 dan mulai tersedia di pasaran pada tanggal 18 Maret 2022 mendatang. Harga iPad Air 5 dibanderol mulai $599 atau setara 8,6 jutaan rupiah untuk varian WiFi dan $749 atau setara 10,7 jutaan rupiah untuk varian Wi-Fi + Seluler.

iPad Air 2022 memiliki penyimpanan internal 64 GB dan 256 GB. Tersedia lima varian warna yang bisa dipilih meliputi space gray, starlight, merah muda, ungu, dan biru.

Dibandingkan dengan iPad Air 4 yang telah melenggang ke Indonesia pada bulan November 2020 silam, iPad Air 5 menghadirkan peningkatan pada aspek dapur pacunya. Bila dahulu iPad Air 4 menggunakan chipset Bionic A14, sekarang iPad Air 5 mengandalkan chipset terbaru bernama M1 buatan Apple yang sebelumnya digunakan di laptop MacBook keluaran tahun 2020.

Chipset M1 ini memungkinkan iPad Air 5 bisa digunakan seharian tanpa harus khawatir baterainya habis. Apple mengklaim chipset M1 menyuguhkan 60 persen performa lebih cepat dengan CPU Octa-Core dan GPU Octa-Core di mana memungkinkan performa visual dua kali lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dikombinasikan dengan Neural Engine 16-core yang didukung machine learning membuat iPad Air 5 bisa melakukan pengeditan video 4K, bermain game dengan pergerakan yang mulus, desain grafis 3D, hingga skenario Augmented Reality (AR).

Di sektor layar tablet ini tebar pesona dengan layar Liquid Retina berukuran 10,9 inci yang memiliki resolusi 2.360 x 1.640 piksel, kerapatan piksel 264 ppi, dan tingkat kecerahan layar 500nits. Terdapat pula Touch ID di bagian bawah dagu bingkai layarnya untuk masuk ke dalam Beranda atau Home dan autentikasi keamanan pemindai sidik jari.

Apple-iPad-Air-5-Warna

Untuk menemani penggunaan multitasking seperti mencatat, menulis, hingga menggambar, iPad Air 5 dapat digunakan dengan Apple Pencil generasi kedua. Di samping itu bisa ditemani oleh aksesoris Magic Keyboard yang dapat dihubungnkan dengan mudah ke tablet iPad Air 5.

Kamera depannya mempunyai resolusi 12 MP f/2.4 untuk mengakomodasi selfie, FaceTime, dan telekonferensi video. Kamera depanya juga didukung fitur Center Stage di mana pengguna dalam melakukan panggilan video akan secara otomatis ada di posisi tengah meskipun dalam kondisi bergerak sekalipun.

Kali ini Apple sedikit memberikan peningkatan untuk kamera depan yang mana dahulu bila mengingat kembali, iPad Air 4 hanya dibekali resolusi 7 MP. Sementara kamera belakang menggunakan resolusi 12 MP f/1.8 dengan lensa wide yang bisa menangkap gambar yang bagus dan detail dengan warna yang hidup.

Kamera belakangnya juga bisa merekam video 4K, melakukan scan dokumen, dan memungkinkan pengalaman AR. Fitur-fitur pendukung lainnya juga telah diberikan seperti WiFi 6, USB-C yang diklaim lebih cepat dua kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya dengan data transfer hingga 10Gps, jaringan 5G yang bisa menjangkau kecepatan hingga 3,5Gps, iPadOS 15, dan eSIM.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar