Berita Smartphone

Andalkan Chipset Bionic A15, Inilah Harga dan Spesifikasi Apple iPhone SE Generasi 3

Apple-iPhone-SE-Gen-3-1

Gadgetren – Akhirnya perhelatan Apple Event yang digelar secara langsung di Cupertino Amerika Serikat telah usai. Melalui ajang pamer teknologi barunya ini, Apple telah memperkenalkan generasi ketiga dari iPhone SE. 

iPhone SE generasi ketiga atau iPhone SE 2022 ini secara kasat mata memiliki desain yang sama seperti iPhone SE 2020. Dari segi tampilan juga turut memberikan spesifikasi yang mirip seperti iPhone SE 2020.

Namun, Apple kali ini memberikan pembaruan pada iPhone SE generasi ketiga ini dengan dukungan performa dan kecepatan yang lebih mumpuni dari generasi sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya chipset terbaru dari Apple yakni Bionic A15 yang sekaligus mendukung iOS 15. 

Tak hanya bagian dalam jeroan yang mendapatkan peningkatan, tapi juga iPhone SE generasi ketiga ini menyediakan jaringan 5G. Oleh karena itu iPhone SE generasi ketiga dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding pendahulunya.

Apple akan membuka penjualan pre order untuk iPhone SE generasi ketiga secara global pada tanggal 11 Maret 2022 dan perangkat ini akan tersedia pada tanggal 18 Maret 2022 mendatang. Soal harganya, iPhone SE generasi ketiga mulai dijual sekitar $429 atau setara dengan 6,1 jutaan rupiah.

Adapun penyimpanan internal yang akan melengkapi iPhone SE generasi ketiga antara lain 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Varian warnanya mencakup midnight atau hitam, starlight atau silver, dan Red atau merah.

Layar iPhone SE generasi ketiga mengusung ukuran 4,7 inci yang memiliki bingkai di bagian atas dan bawah yang tampak tebal. Di bagian setiap sudutnya menampilkan desain melengkung yang berbeda dengan seri iPhone 13. 

Apple-iPhone-SE-Gen-3-2

Pada bagian bawah dagu layar depan, terdapat tombol untuk masuk dengan cepat ke halaman Beranda atau Home. Tombol tersebut juga berfungsi sebagai Touch ID untuk pemindai sidik jari yang mana diklaim Apple lebih cepat dari generasi sebelumnya dan tak lupa memberikan fitur pengenalan wajah atau Face ID.

Dengan chipset Bionic A15 menjadikan iPhone SE generasi ketiga ini membawa fitur-fitur mutakhir seperti yang hadir di seri iPhone 13 berupa sistem kamera lebih baik, sistem operasi iOS 15 yang turut menyediakan fitur Live Text, SharePlay, Focus, dan Apple Map dengan teknologi 3D.

Berkat chipset Bionic A15, memungkinkan iPhone SE generasi ketiga menawarkan efisiensi penggunaan baterai yang lebih hemat, sekaligus memberikan pengoptimalan bermain game, dan berselancar tanpa hambatan di dalam aplikasi pihak ketiga.

 Fitur-Apple-iPhone-SE

Lebih jauh, chipset Bionic A15 pada iPhone SE generasi ketiga ini berisi komponen CPU 6-core di mana memiliki performa lebih ngebut 1,8 kali dibandingkan iPhone 8. Chipset ini juga dibekali Neural Engine 16-core yang mampu memberikan komputasi mesin pembelajaran dari aplikasi pihak ketiga.

Bicara soal sektor fotografi, iPhone SE generasi ketiga menggunakan konfigurasi satu kamera belakang dengan lensa wide yang memiliki resolusi 12 MP dengan aperture f/1.8. Kamera belakang juga telah didukung oleh fitur Smart HDR 4, Photographic Styles, Deep Fusion, dan mode Portrait. Kemudian, kamera depan iPhone SE generasi ketiga ini dilengkapi oleh lensa beresolusi 7 MP.

Jaringan 5G yang ada dalam iPhone SE generasi ketiga ini, menurut Apple akan menyuguhkan kecepatan berinternet seperti mengunduh, mengunggah, latensi rendah, hingga pengalaman lebih baik untuk berkomunikasi dengan keluarga dengan panggilan video atau FaceTime berkualitas HD.

Apple-iPhone-SE-Gen-3-2

iPhone SE generasi ketiga mendukung jaringan sub-6GHZ 5G dan memiliki fitur Smart Data yang memungkinkan handphone bisa beralih ke jaringan 4G ketika tidak mencakup atau memerlukan kecepatan jaringan 5G.

Selain itu, iPhone SE generasi ketiga juga dibekali fitur Wi-Fi 5 yang berkolaborasi dengan iOS 15 untuk memaksimalkan pengalaman pada fitur SharePlay di mana pengguna bisa berbagi menonton film dengan kualitas HDR atau acara TV yang bisa terhubung dengan teman sembari melakukan panggilan video.

Bersamaan dengan iPhone SE generasi ketiga, Apple pun turut membawa warna baru untuk seri iPhone 13 berupa warna hijau yang khas. Selebihnya bagian dalam jeroan dan spesifikasi lainnya dari seri iPhone 13 warna hijau masih sama.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar