ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tablet

Google Perkenalkan Sistem Operasi Android 12L Untuk Perangkat Tablet dan Lipat, Ini Fitur-Fiturnya

Android-12L-Header

Gadgetren – Setelah diumumkan pertama kali dalam bentuk Preview, akhirnya Google secara resmi telah memperkenalkan sistem operasi Android 12L yang merupakan penerus dari Android 12. Sistem operasi ini mulai bisa dinikmati mulai akhir tahun 2022 untuk perangkat tablet dan lipat.

Informasi ini disampaikan langsung oleh pihak Google melalui situs resminya dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Andrei Popescu selaku VP of Engineering Android. Samsung, Lenovo, dan Microsoft kabarnya adalah produsen perangkat yang terpilih menggunakan sistem operasi Android 12L.

Seperti dilansir dari The Verge, Lenovo sendiri telah membawa tablet P12 Pro yang sudah menjalankan versi beta Android 12L. Untuk perangkat dari Microsoft, Google tidak menyebutkan seri apa yang akan dibekali sistem operasi Android 12L namun diperkirakan perangkatnya adalah Microsoft Surface Duo 2.

Sementara itu Google menyebutkan Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G akan menggunakan Android 12L. Bisa jadi pula Samsung Galaxy Tab juga akan didukung sistem operasi Android 12L mengingat sistem operasi baru ini menyasar perangkat tablet.

Untuk perangkat tablet lewat Android 12L Google turut membawa Kids Space dan Entertainment Space yang dihadirkan untuk melengkapi kebutuhan pengguna dalam aktivitas hiburan anak dan keluarga.

Lebih jauh, sistem operasi Android 12L menawarkan beragam fitur yang menariknya dirancang khusus untuk pengguna bisa memanfaatkan layar besar dengan lebih baik sehingga pengoperasiannya menjadi lebih mudah dan sederhana.

Terutama untuk memudahkan pengguna melihat dan mengoperasikan layar dengan pembaruan tata letak dua kolom untuk mendapatkan lebih banyak informasi dari tampilan layar utama, layar kunci, bayangan pemberitahuan, layar pengaturan perangkat, pengaturan, dan masih banyak lagi.

 Android-12L-Notification-Shade

Bila sebelumnya pengguna kerap menggeser ke bawah untuk memeriksa dan menghapus pemberitahuan kini Google memindahkan ikon pemberitahuan dengan menambahkan kolom khusus tersendiri.

Dengan demikian pengguna memiliki lebih banyak ruang untuk melihat dan menghapus pemberitahuan. Pengguna Android 12L akan bisa melihat atau menghapus pemberitahuan di kolom kanan sedangkan pengaturan perangkat di kolom sebelah kiri.

Pembaruan Android 12L juga menyediakan pengaturan perubahan pada fitur tanpa harus masuk dan keluar dari setiap bagian. Sebagai contoh, untuk mengubah wallpaper di perangkat, pengguna hanya perlu memilih “Wallpaper & style” dari panel navigasi yang ada di kolom kiri dan memilih pengaturan lebih detailnya di kolom sebelah kanan hanya dalam satu layar tanpa berpindah ke halaman lain.

 Android-12L-Setting-Wallpaper

Untuk meningkatkan produktivitas pengguna, Google pun turut memberikan fitur lebih dari satu jendela atau task bar untuk membantu pengguna bekerja secara multitasking agar dapat beralih antar aplikasi dalam satu tampilan tanpa berpindah ke halaman lain.

Hal ini memungkinkan pengguna bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus dengan mode layar terpisah dalam satu tampilan. Pengguna juga bisa menarik dan melepas atau mengeluarkan aplikasi dengan menyentuh layarnya.

Misalnya, pengguna secara sekaligus bisa menonton video YouTube yang diinginkan sembari melihat berita terkait kemudian bisa melepas halaman YouTube yang sedang ditonton. Selain itu, pengguna juga bisa sembari melakukan pencarian lainnya di samping melihat YouTube seperti masuk ke dalam browser Chrome untuk melihat referensi yang dibutuhkan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar