Berita Smartphone Tablet

Sajika Fitur Multitasking Lebih Baik, Android 12L Hadir di Seri Samsung Galaxy Tab S8

Samsung-Galaxy-Tab-S8-Ultra-Book-cover-keyboard

Gadgetren – Seri Samsung Galaxy Tab S8 dikabarkan telah mendapatkan pembaruan sistem operasi Android 12L yang memberikan pengalaman layar besar lebih baik lagi untuk penggunanya dalam bermultitasking.

Ke depannya pembaruan Android 12L ini akan juga bisa dinikmati di tablet Samsung Galaxy lainnya. Ditambah lagi pembaruan Android 12L ini juga akan menyediakan aplikasi pihak ketiga yang dioptimalkan.

Adapun pada pembaruan Android 12L ini, fitur-fitur baru yang disajikan berfokus pada pengoptimalan penggunaan layar besar pada tablet Galaxy Tab S8 Series. Khususnya pada beberapa fitur seperti ada penambahan taskbar di bawah layar, Split Screen View yang bisa mendukung hingga tiga layar sekaligus, dan fitur Peek-Through terbaru untuk membuat Pop-Over transparan bila dibutuhkan.

Android-12L-Samsung-Galaxy-Tab-S8-Series-Taskbar-

Taskbar bawah layar di pembaruan Android 12L memungkinkan pengguna bisa mengakses beragam aplikasi dengan mudah. Pengguna juga bisa melihat beberapa aplikasi secara bersamaan seperti membuka tiga aplikasi untuk mencatat, mencari foto, dan masuk ke browser internet.

Caranya pun cukup mudah, pengguna hanya melakukan drag dan drop dua aplikasi utama dari taskbar di bawah layar untuk membagi dua layar dan kemudian bisa melihat kedua aplikasi tersebut secara berdampingan.

Selain itu, taskbar di bawah layar juga bisa dikustomisasi dengan aplikasi favorit dengan cara mengetuk di antara sesi yang sedang dibuka dan masuk ke dalam sebuah folder. Taskbar pun bisa mengingat dan menampilkan dua aplikasi yang terakhir digunakan kapan saja sehingga pengguna bisa dengan mudah kembali ke posisi terakhir ketika menggunakan aplikasi tersebut.

 Android-12L-Samsung-Galaxy-Tab-S8-Series-Split-Screen.

Pembaruan Android 12L pun menghadirkan fitur Split Screen View yang bisa membagi layar besar tablet menjadi tiga layar. Dengan fitur ini pengguna contohnya bisa melihat obrolan chat pada aplikasi pesan sembari mencari rute ke tempat pertemuan maupun sambil membuka email pekerjaan atau memeriksa dokumen kantor yang telah dibuat.

Split Screen View juga bisa diatur saat notifikasi muncul dengan mengetuknya dan langsung menyeret  notifikasi itu ke sebelah aplikasi yang sedang dibuka. Pengguna pun bisa mengatur tata letak Split Screen View misalnya seperti tampilan satu aplikasi besar di atas dan dua aplikasi kecil di bawah.

Android-12L-Samsung-Galaxy-Tab-S8-Series-Pop-Over.

Saat pengguna ingin menjadwalkan kegiatannya pada kalender di tablet biasanya pop up yang muncul akan menutupi tanggal. Oleh karena itu fitur Peek-Through Pop-Over dihadirkan untuk memudahkan pengguna bisa melihat jadwal yang ada di balik pop up.

Fitur ini akan tampil secara transparan dan pengguna tidak perlu menutup atau membuka kembali bagian yang sudah diklik. Pop-Over tidak begitu saja muncul ketika kita ingin melihat gambar secara transparan, fitur ini harus disentuh dulu dan tahan di luar gambar yang menutupi baru kemudian akan berubah menjadi transparan.

Tinggalkan Komentar