ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Apakah Ada Cara Menghilangkan Titik Hijau di HP Xiaomi?

Cara Menghilangkan Titik Hijau di HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Sama seperti antarmuka sistem yang menggunakan Android 12 ke atas, MIUI generasi baru sesekali juga akan menampilkan indikator berupa titik hijau di layar ponsel buatan Xiaomi.

Meskipun sebenarnya sangat bermanfaat, sayangnya sebagian orang justru merasa terganggu atau kurang sreg dengan indikator tersebut. Banyak dari mereka yang bahkan berusaha mencari cara untuk menonaktifkannya supaya tidak muncul lagi.

Yang jadi masalah, apakah kita benar-benar bisa menghilangkan indikator titik hijau tersebut? Adakah cara atau pengaturan khusus di ponsel buatan Xiaomi yang dapat digunakan untuk melakukannya?

Bagaimana Cara Menghilangkan Titik Hijau di HP Xiaomi?

Sayangnya tidak ada cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan titik hijau tersebut di ponsel Xiaomi. Terkecuali, kita mau menggunakan akses root atau Android Debugging yang cenderung berbahaya bagi orang awam.

Xiaomi di sisi lain memang tidak menyediakan pengaturan khusus untuk mengelolanya di dalam antarmuka MIUI. Indikator titik hijau tersebut soalnya termasuk bagian penting dari fitur keamanan privasi yang diperkenalkan mulai sistem Android 12.

Bagi kamu yang belum tahu, titik hijau tersebut hadir sebagai indikator khusus untuk pemakaian kamera atau mikrofon. Biasanya akan muncul apabila ada aplikasi atau layanan yang mengakses kedua komponen ini baik di depan maupun latar belakang.

Dengan begitu, kita nantinya dapat langsung sadar apabila ada aplikasi yang sedang mengakses fungsi dari kamera atau mikrofon. Jadi bisa digunakan untuk melindungi privasi dari peranti lunak jahat yang sedang berusaha untuk memata-matai (spyware).

Oleh karena itu jika ingin menghilangkan indikator titik hijau tersebut, kita pun harus mempertimbangkannya dengan baik. Kita soalnya akan kehilangan fitur khusus yang dapat membantu kita melindungi privasi saat menggunakan perangkat terkait.

Belum lagi jika kita memaksa menghilangkannya menggunakan akses root. Kita tidak hanya akan kehilangan fitur keamanan privasi bawaan tersebut tetapi perangkat juga dapat menjadi lebih rawan dari serangan-serangan peranti jahat yang lain.

Sementara jika hanya menggunakan Android Debugging, kita nantinya juga akan sedikit repot. Indikator titik hijau di ponsel Xiaomi biasanya tidak akan hilang secara permanen melainkan bisa muncul kembali saat perangkat dimuat ulang.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar