Mading

Bedanya MediaTek dan Qualcomm Snapdragon – Pilih Mana?

Bedanya MediaTek dan Snapdragon - Header

Gadgetren – Ketika sedang mencari handphone di masa sekarang, kita akan menemukan berbagai macam perangkat yang dipersenjatai oleh chipset dari MediaTek maupun Qualcomm Snapdragon.

Sebagian orang mungkin akan menjadi sedikit bingung ketika mempertimbangkan salah satunya. Hanya saja kita tak perlu khawatir karena chipset dari kedua lini produk tersebut kini soalnya mampu memenuhi setiap kebutuhan para pengguna.

Model-model chipset yang dimiliki oleh kedua lini produk tersebut umumnya sudah sama-sama dilengkapi dengan kinerja mumpuni, dukungan kamera tinggi, hingga modem dan koneksi berteknologi mutakhir di kelasnya.

MediaTek dan Snapdragon memang mempunyai banyak model chipset. Kedua perusahaan pengembangnya apalagi tercatat sering menyegarkan lini produk tersebut untuk memberikan dukungan lebih baik kepada kita.

Agar tidak salah pilih, kita harus mempertimbangkan secara matang-matang setiap model chipset di dalamnya yang mana secara umum bisa dilihat dari beberapa hal berikut.

Bedanya MediaTek dan Qualcomm Snapdragon

Kedua lini chipset tersebut berasal dari manufaktur berbeda. MediaTek dalam hal ini dikembangkan oleh perusahaan yang serupa dengan namanya sementara Snapdragon dirancang di bawah naungan Qualcomm.

Sampai saat artikel ini diterbitkan, MediaTek secara khusus dikembangkan dalam beberapa seri meliputi Helio dan Dimensity. Sementara Snapdragon menggunakan penomoran berbeda seperti 4xx, 6xx, 7xx, dan 8xx yang kini disederhanakan menjadi 8 Gen 1.

Dalam mengembangkan chipset, MediaTek sendiri biasanya mengandalkan arsitektur milik ARM baik CPU Cortex maupun GPU Mali. Sementara Snapdragon umumnya dikembangkan khusus oleh Qualcomm memakai Kryo dan Adreno.

Untuk kelas chipset yang sama, kemampuan MediaTek karena itu biasanya akan sedikit berada di bawah Snapdragon terutama pada sektor GPU atau pengolahan grafis walaupun untuk beberapa model justru sebaliknya.

Namun sebagai gantinya, chipset yang dipasarkan lewat lini MediaTek umumnya bakal lebih murah. Kita pun secara tidak langsung akan memperoleh perangkat dengan harga lebih terjangkau saat memilihnya ketimbang Snapdragon.

Masing-masing perusahaan juga menawarkan teknologi gaming berlainan. MediaTek membekali berbagai macam chipset-nya dengan MediaTek HyperEngine sedangkan Snapdragon menggunakan Snapdragon Elite Gaming.

MediaTek HyperEngine dan Snapdragon Elite Gaming sama-sama menawarkan peningkatan pengalaman untuk bermain game. Hanya saja masing-masing memang menawarkan kustomisasi yang berlainan.

Lalu mana yang lebih baik? Keduanya sama-sama mempunyai model yang sangat banyak. Oleh karena itu kita tidak bisa melihatnya secara umum melainkan membandingkan setiap chipset untuk menentukan mana yang lebih layak.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar