Mading Tekno

Mengenal Seri G dari Qualcomm Snapdragon! Beneran Buat Game?

Mengenal Seri G dari Snapdragon Header

Gadgetren – Selama beberapa waktu belakangan ini, manufaktur kenamaan Qualcomm terlihat memakai tambahan huruf G di sejumlah chipset anggota keluarga seri Snapdragon yang dikembangkannya.

Konon katanya, huruf tersebut merujuk pada kata “gaming” guna menunjukkan kepada dunia bahwa chipset-chipset yang membawanya merupakan komponen khusus untuk menyasar industri itu.

Namun, apakah huruf dalam penamaan seri baru Snapdragon ini benar-benar merujuk kepada gaming? Berikut informasi mengenai apa itu Qualcomm Snapdragon G Series sekaligus kelebihan yang ditawarkannya.

Mengenal Seri G dari Qualcomm Snapdragon

Industri game sekarang memang sedang berkembang pesat dan memaksa sebagian besar perusahaan teknologi mengikutinya, termasuk manufaktur-manufaktur pengembang chipset. Qualcomm yang akrab di telinga para pengguna sebagai salah satu manufaktur piawai dalam mengembangkan chipset seluler bertenaga melalui lini Snapdragon pun tak lepas dari perkembangan ini.

Benar apa yang dikatakan oleh sebagian besar orang bahwa seri G di lini Snapdragon memang merupakan perwujudan dari langkah-langkah Qualcomm agar ekosistem gaming terus berkembang.

Secara sekilas, seri G umumnya memang tidak akan membawa spesifikasi yang berbeda jauh dari versi regulernya. Misalnya pada Snapdragon 730 dan 730G, keduanya sama-sama mengandalkan Qualcomm Kryo 470 berkecepatan hingga 2.2 GHz dan Adreno 618.

Mengenal Seri G dari Snapdragon - Gaming

Namun untuk memberikan kemampuan yang lebih bertenaga untuk menunjang ekosistem gaming di perangkat seluler, Qualcomm memperkenalkan teknologi bernama Snapdragon Elite Gaming melalui seri Snapdragon G.

Teknologi khusus yang memungkinkan para pengguna bermain game dengan pengalaman lebih baik inilah yang menjadi pembeda utama antara chipset-chipset di lini Snapdragon seri G dengan reguler.

Qualcomm Snapdragon Elite Gaming

Buat kamu yang belum, Snapdragon Elite Gaming sendiri merupakan sebuah teknologi yang dirancang untuk membawa pengalaman level desktop ke perangkat seluler dengan menghadirkan fitur dan peningkatan premium.

Adapun penambahan fitur dan kemampuan tersebut dilakukan pada sisi peranti keras maupun lunak yang semuanya terintegrasi secara penuh pada chipset di lini Qualcomm Snapdragon. Beberapa di antaranya termasuk Game smoother yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman bermain game secara lebih halus dan Game Quick Touch untuk mereduksi latensi sentuhan.

Mengenal Seri G dari Snapdragon - Snapdragon Elite Gaming

Ada juga Adreno HDR Fast Blend dan Game Color Plus untuk peningkatan citra gambar yang ditambah Variable Rate Shading dan Desktop forward rendering untuk menghadirkan tayangan berkualitas desktop.

Selain itu, teknologi Snapdragon Elite Gaming juga mempunyai dukungan bernama Updatable GPU drivers yang memungkinkan pengguna mendapatkan versi driver paling baru untuk meningkatkan kinerja grafis tanpa perlu menunggu pembaruan sistem operasi melalui sebuah aplikasi.

Dengan berbagai macam fitur dan peningkatan premium melalui Snapdragon Elite Gaming, chipset-chipset di dalam seri G dari lini Snapdragon tentunya dapat menyokong semua kebutuhan para gamer di industri perangkat seluler.

Tinggalkan Komentar