Berita

MediaTek Rilis Helio G90 dan G90T, Chipset Khusus Smartphone Gaming dengan Teknologi HyperEngine

MediaTek Helio G90T Feature

Gadgetren – Sebagai salah satu pesaing Qualcomm dalam segmen chipset smartphone, MediaTek selalu berinovasi untuk bisa menghadirkan produk yang bertenaga dan memiliki banyak fitur.

Maka dari itu, baru-baru ini MediaTek secara resmi meluncurkan dua chipset smartphone terbarunya bernama Helio G90 dan Helio G90T. Keduannya sama-sama menggabungkan inti CPU dan GPU terbaru dengan memori yang sangat cepat dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sehingga mampu menghasilkan performa yang cepat dan mulus.

Pihak MediaTek mengatakan bahwa kedua chipset seri Helio G90 ini ditujukkan untuk memenuhi kebutuhan gaming yang lebih berat. Oleh karena itu MediaTek menghadirkan teknologi game HyperEngine yang mampu mendongkrak performa ketika pengguna smartphone bermain game.

Sekilas, HyperEngine merupakan teknologi game dengan rangkaian mesin yang mampu menghasilkan kualitas gambar serta grafis yang bagus, pergerakan karakter yang mengalir agar game berjalan sangat mulus, dan mampu membuat koneksi jaringan menjadi lebih stabil sehingga memberikan pengalaman game yang menyenangkan.

Chipset Helio G90 dan G90T ini sendiri mempunyai delapan inti CPU yang terdiri dari ARM Cortex-A76 dan Cortex-A55 yang mempunyai kecepatan maksimal 2,05 GHz. GPU Mali-G76 3EEMC4 dengan kecepatan 800 MHz turut mendampingi CPU tersebut.

Kedua chipset ini juga telah mendukung RAM dengan teknologi LPDDR3 atau LPPDR4X berkecepatan 2133 MHz. MediaTek mengklaim bahwa chipset terbarunya mampu mendukung RAM hingga 10 GB.

Soal urusan fotografi, chipset MediaTek Helio G90 dan G90T sudah mendukung dua kamera beresolusi 24 MP + 16 MP atau satu kamera hingga 64 MP. Dengan begitu, kedua chipset ini mampu mendukung kamera dengan resolusi besar.

MediaTek juga mengklaim bahwa kedua chipset ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas gambar yang bagus dalam pencahayaan rendah dengan mode pemotretan malam yang mengandalkan teknologi Quad-Pixel.

Tidak ketinggalan, Chipset Helio G90 dan G90T juga memiliki kemampuan deteksi wajah yang cepat dan tepat berkat bantuan AI. Hal ini pastinya memudahkan pengguna smartphone untuk membuka kunci dengan cepat hanya menggunakan wajah.

Dengan performa dan fitur yang ditawarkan, baik MediaTek Helio G90 atau G90T terasa cocok sebagai otak dari smartphone gaming kelas menengah. Walaupun begitu, pihak MediaTek belum memberikan kabar smartphone apa yang akan menggunakan chipset tersebut.

Leave a Comment