Berita

Sasar Smartphone Gaming, MediaTek Kembangkan Helio G90

MediaTek Helio Feature

Gadgetren – Beberapa hari lalu, Qualcomm dikabarkan sedang mengembangkan chipset Snapdragon 855 Plus terbarunya yang fokus terhadap smartphone gaming.

Tak mau ketinggalan, MediaTek pun dikabarkan sedang mengembangkan chipset di segmen yang sama dengan nama MediaTek Helio G90. Poster teaser dari chipset yang satu ini telah bocor di internet.

Nantinya chipset yang satu ini akan menggunakan CPU dengan kombinasi Dual-Core Cortex-A75 berkecepatan 2,2 GHz dan Hexa-Core berkecepatan 2 GHz. Sementara GPU akan memakai PowerVR GM9446 berkecepatan 970 MHz yang menjanjikan peningkatan sebesar 15% dibandingkan dengan Mali-G72 MP3 milik Helio P70.

Selanjutnya, MediaTek juga akan melakukan peningkatan kemampuan GPU pada Helio G90 untuk pengalaman bermain game seperti dukungan mode gaming pada chipset Kirin. Hal ini dilakukan agar dapat menyajikan performa dan fitur yang menyenangkan ketika pengguna smartphone bermain game.

Hingga saat ini, MediaTek sendiri sudah memiliki 3 seri chipset yang terdiri dari seri Helio A untuk kelas mid ke entry-level, seri Helio P untuk efisiensi baterai dan performa di kelas menengah, dan seri Helio X untuk kelas atas.

Namun seri X sendiri sudah tidak terdengar namanya karena terhenti di X30 yang telah diluncurkan tahun 2016 silam. Sementara kini MediaTek lebih sering meluncurkan seri P dan seri A untuk bersaing dengan Qualcomm di kelas menengah dan bawah.

Dengan dikembangkannya seri Helio G ini, MediaTek akan memiliki chipset dengan fokus baru untuk smartphone gaming dari kelas menengah ke atas yang mempunyai performa lebih bagus dibandingkan dengan seri Helio P.

Sebagai tambahan, salah satu yang menjadi alasan pengembangan chipset gaming adalah munculnya banyak kritik pada smartphone gaming karena tidak menggunakan chipset kelas atas khusus untuk gaming padahal minat dari smartphone ini semakin tinggi.

Dengan akan hadirnya chipset Helio G90 dan Snapdragon 855 Plus, smartphone gaming diharapkan mempunyai kemajuan yang banyak, tidak hanya dari sisi mode gaming atau teknologi pendingin saja. Selain itu, kemungkinan besar harga yang ditawarkan chipset seri Helio G90 akan jauh lebih murah dibandingkan dengan Snapdragon 855 Plus.

Menurut Gadgeter, apakah chipset MediaTek Helio G90 ini akan banyak digunakan oleh smartphone di dunia? Nah, kira-kira smartphone dari vendor mana yang akan menggunakan chipset ini terlebih dahulu?

[Sumber : GSMArena]

Tinggalkan Komentar