Berita Smartphone

Fotografi Makin Canggih! Samsung Umumkan Jadwal Rilis Expert RAW

Samsung Galaxy S21 Ultra

Gadgetren – Akhirnya Samsung secara resmi mengumumkan jadwal kehadiran dari aplikasi fotografi canggihnya yang bernama Expert RAW di mana kabarnya akan menawarkan kemampuan melebihi fitur Mode Pro di aplikasi kamera standar.

Berdasarkan laporan yang dilansir dari Android Police, aplikasi Expert RAW akan membawa sejumlah fitur fotografi komputasi yang mutakhir yang bertujuan untuk meningkatkan bidikan kamera yang diambil oleh pengguna.

Dalam hal ini mencakup fitur multi bingkai HDR, mampu meningkatkan kinerja cahaya rendah melalui penggabungan data dari beberapa sensor, dan pengambilan RAW pada kamera telefoto.

Expert RAW juga memungkinkan perangkat Samsung Galaxy terhubung langsung dengan aplikasi Adobe Lightroom untuk membantu pengguna mengedit gambar di handphone. Gambar tersebut kemudian bisa disimpan dalam format JPEG lossless dan DNG RAW 16-bit.

Samsung sendiri memiliki tiga persyaratan minimal pada perangkat Samsung Galaxy yang akan didukung oleh aplikasi Expert RAW. Pertama adalah perangkat harus setidaknya menggunakan chipset Exynos 990 atau Qualcomm Snapdragon 865.

Chipset tersebut minimal harus dibekali RAM berkapasitas 8 GB atau lebih dan memiliki lensa telefoto yang mendukung Bayer RAW dengan pembesaran optik 2x atau di atasnya. Persyaratan minimal chipset dan RAM ini dimaksudkan untuk memastikan performa yang stabil pada saat memproses pemotretan dan pemrosesan Multi-RAW.

Dengan persyaratan tersebut, alhasil hanya beberapa perangkat seri Samsung Galaxy S saja yang akan mendapatkan aplikasi Expert RAW. Lebih tepatnya tidak semua perangkat di dalam seri Galaxy S20, seri Galaxy Note20, dan seri Galaxy S21 menggunakan pembesaran optik 2x namun hanya menyertakan pembesaran optik 1.1x sehingga mengecualikan penggunaan Expert RAW.

Samsung Galaxy S22 5G Series

Adapun perangkat Samsung Galaxy yang akan kebagian aplikasi fotografi Expert RAW di paruh pertama tahun 2022 antara lain Galaxy S20 Ultra, Galaxy Note 20 Ultra, dan Galaxy Z Fold 2.

Tak lupa seri Galaxy S22 yang terdiri dari tiga model yakni Galaxy S22, Galaxy S22 Plus, dan Galaxy S22 Ultra juga  mendapatkan aplikasi Expert RAW mulai tanggal 22 Februari 2022 yang tentunya akan secara bertahap bisa dinikmati pengguna.

Pada awal Maret tahun 2022, aplikasi Expert RAW dari Samsung akan menyambangi perangkat Galaxy S21 Ultra. Di bulan April 2022, perangkat yang mendapatkan aplikasi Expert RAW adalah Galaxy Z Fold 3.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar