Berita Operator Seluler

OpenSignal: Smartfren Tunjukkan Peningkatan Pesat Kualitas Jaringan Seluler

Smartphone Time

Gadgetren – Laporan terbaru OpenSignal yang berjudul Global Mobile Network Experience Awards 2022 mengungkapkan bahwa operator seluler Smartfren masuk ke dalam 30 operator telekomunikasi teratas di dunia dengan peningkatan pesat pada kualitas jaringan.

Adapun Smartfren secara detail unggul dalam lima kategori yang mencakup peningkatan Pengalaman Video, Pengalaman Game, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman Kecepatan Unduh, dan Pengalaman Kecepatan Unggah.

Laporan ini mengacu seputar pengalaman jaringan kualitas Smartfren terutama pada kuartal kedua tahun 2020 dan kuartal yang sama pada tahun 2021. Ringkasnya, Smartfren dan beberapa operator seluler global lainnya mengalami peningkatan kualitas jaringan selama satu tahun terakhir tersebut.

Untuk kategori Pengalaman Video, Smartfren berhasilĀ  menempati posisi kedua sebagai operator di kawasan Asia Pasifik setelah India dengan peningkatan tertinggi pada kualitas pengalaman video sebesar 18 persen. Smartfren sendiri dalam kategori ini bersaing dengan negara di wilayah Timur Tengah seperti Irak yang berada di posisi teratas.

Kemudian untuk kategori Pengalaman Game, Smartfren diketahui juga berada di posisi kedua untuk kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan tertinggi pada kualitas Pengalaman Game sebesar 26,9 persen setelah Negara Filipina. Di sini lagi-lagi, Negara Timur Tengah memimpin Pengalaman Game terbaik seperti United Arab Emirates (UAE), Ukraina, Bahrain, dan Kuwait.

Tak hanya itu, Smartfen juga memperoleh posisi ketiga di kawasan Asia Pasifik sebagai operator seluler dengan peningkatan tertinggi pada kualitas Aplikasi Suara sebesar 5,3 persen setelah Negara Rusia.

Selanjutnya, Smartfren pun berada di peringkat kelima di kawasan Asia Pasifik untuk peningkatan tertinggi pada kualitas Pengalaman Kecepatan Unggah sebesar 45,9 persen setelah Negara Korea Selatan.

Selain Smartfren, operator seluler lainnya seperti Telkomsel pun turut mewakili Indonesia untuk kategori Pengalaman Kecepatan Unggah dengan peningkatan sebesar 35 persen. Meskipun ada di deretan paling bawah, Telkomsel menunjukkan adanya perkembangan dalam memberikan Pengalaman Kecepatan Unggah.

Di sisi lain tak ketinggalan operator seluler lainnya ialah Indosat Ooredoo yang juga masuk ke dalam kategori Pengalaman Video dengan persentase peningkatan selama satu tahun sebesar 8,7 persen.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar